[Monday Music] Eir Aoi

June 27, 2016 15:00
[Monday Music] Eir Aoi

Untuk menyambut AFAID 2016 yang tidak lama lagi berlangsung, segmen Monday Music yang sudah lama hiatus hadir kembali. Penyanyi yang akan dibahas kali ini adalah Eir Aoi, penyanyi yang namanya pasti sudah dikenal oleh penggemar anisong.

Keluarga Eir Aoi memang menyukai musik, karena itu, Eir sebenarnya sudah suka musik sejak kecil. Pada saat masa SMA, Eir pun bergabung dengan band. Awalnya dia adalah gitaris, tetapi karena dia sangat ingin menjadi vokalis, akhirnya berubah menjadi vokalis. Setelah itu, Eir sebenarnya berpikir untuk menjadi perawat, tetapi karena suka musik, dia pun iseng meng-upload video dia menyanyikan lagu “Story” karya Pico ke Niconico. Ternyata video ini berhasil menarik perhatian komposer Fumio Yasuda. Tidak lama kemudian, Eir berkolaborasi dengan komposer tersebut dan lagunya direkam dalam CD bonus dari Lisani! vol. 5 yang terbit di tahun 2011. Pada saat ini, dia masih menggunakan nama Eir saja, sama dengan pada saat di meng-upload ke Niconico.

Di tahun yang sama, Eir akhirnya debut sebagai penyanyi dengan nama Eir Aoi dengan menyanyikan lagu ending “Memoria” untuk serial anime Fate/Zero. Setelah itu, Eir pun mulai rajin menyanyikan berbagai lagu anime. Hampir semua single yang dirilisnya menjadi lagu tema untuk serial anime atau pun acara televisi.

Beberapa contoh lagunya yang terkenal adalah “Memoria” yang sempat mencapai peringkat 8 di Oricon, “Innocence” yang mencapai peringkat 6 di Oricon, dan “Ignite” yang mencapai peringkat 9 di Oricon. Selain aktif menyanyi, Eir juga cukup sering menulis lirik lagunya sendiri. Contoh 3 lagu yang disebutkan liriknya ditulis oleh Eir sendiri. Ketika menulis lirik, Eir menuliskan namanya sebagai Eir dengan huruf alfabet, bukan katakana yang digunakan dalam nama lengkapnya.

Selain menyanyi, Eir juga terkenal hobi bermain game. Game kesukaannya adalah Drakengard (judul Jepang Drag-On Dragoon) dan juga game yang membuat dia menangis. Tetapi ternyata hobinya ini membuat karirnya semakin sukses juga. Karena saking suka dengan seri Drakengard, Eir diminta untuk menyanyikan lagu tema Drakengard 3 yang berjudul “Kuroi Uta”. Selain itu, Dengeki Online juga membuat acara yang menampilkan Eir Aoi mencoba berbagai game yang belum dirilis.

Eir Aoi juga pernah tampil di Indonesia dalam konser anisong. Eir pertama kali tampil di Indonesia dalam AFAID 2013. Setelah itu, Eir kembali ke Indonesia dalam J-Music Lab di tahun 2014. Sekarang, Eir siap kembali hadir lagi setelah di Indonesia dalam Anime Festival Asia Indonesia 2016 yang akan berlangsung pada tanggal 16-18 September di Jakarta International Expo. Eir akan tampil di konser hari pertama pada hari Jumat, 16 September 2016. Kalian sudah bisa membeli tiketnya melalui Loket.

Kalian bisa mengikuti Eir Aoi melalui situs resminya, blog, Twitter, Facebook, dan juga Google+.

Sorry. No data so far.