Seorang Gadis SMA Terluka Setelah Tertabrak Kereta Karena Melihat Smartphonenya

June 27, 2016 18:06
Seorang Gadis SMA Terluka Setelah Tertabrak Kereta Karena Melihat Smartphonenya

Sepertinya harus ada sebuah peraturan yang lebih ketat mengenai penggunaan smartphone, karena semakin banyak orang yang terlibat kecelakaan karena terlalu sibuk dengan benda yang satu ini. Seperti seorang gadis berusia 17 tahun di Tokyo yang cedera karena tertabrak oleh kereta saat dia sedang berjalan di pinggir peron. Saat kejadian terjadi, sang gadis ternyata sedang memperhatikan smartphone miliknya.

Menurut laporan kepolisian di Fujisawa, kejadian tersebut terjadi pada pukul 1.30 siang di hari Sabtu. Sankei Shimbun melaporkan kalau gadis tersebut memang berjalan di pinggir peron sambil memperhatikan smartphone miliknya. Malang kepala gadis tersebut sedikit miring ke arah rel kereta, dan saat itulah dia tertabrak oleh kereta Odakyu line. Untungnya, gadis tersebut hanya mendapat cedera kepala kecil saja.

Masalah orang-orang yang banyak bertabrakan satu sama lain sampai terkadang menyebabkan orang lain jatuh ke rel disebut arukisumaho. Istilah tersebut diambil dari aruki dan smartphone yang dapat diartikan jalan-jalan sambil melihat smartphone. Masalah tersebut memang sedang menjadi sebuah masalah yang merebak di Jepang akhir-akhir ini.

JR East baru-baru ini melaporkan kalau 229 kereta menjadi terlambat karena ada objek yang jatuh di rel di antara bulan April dan Mei, dan 23% dari kejadian tersebut disebabkan oleh smartphone yang jatuh ke rel, diikuti oleh payung.

Tahun lalu, petugas JR bahkan menampilkan sebuah poster yang meminta para pengguna kereta untuk lebih hati-hati saat berdiri atau berjalan di peron sambil menggunakan smartphone mereka, begitu pula dengan saat mereka akan naik dan turun kereta.

Memiliki smartphone memang adalah sebuah godaan yang besar, karena sepertinya kita ingin terus menatap layar kecil tersebut untuk selalu up-to-date dengan informasi terbaru. Sayangnya, menggunakan smartphone tersebut juga berarti tidak up-to-date dengan apa yang ada di depan kamu, karena itu gunakanlah smartphone dengan bijak dan jangan sampai kamu cedera hanya karena masalah yang sepele.

sumber: Japan Today