Akun Twitter Resmi ‘Yuruyuri’ Dikritik Penggemar Karena Dinilai Tidak Profesional

June 28, 2016 3:00 pm
Akun Twitter Resmi ‘Yuruyuri’ Dikritik Penggemar Karena Dinilai Tidak Profesional

Membuat persona di dunia online merupakan salah satu keunikan berada di internet, karena kita tidak tahu siapa yang ada di balik layar tersebut yang berbicara dengan kita. Beberapa perusahaan membuat persona masing-masing untuk akun media sosial mereka supaya ‘lebih akrab’ dengan para pelanggannya. Karena itu, administrator dari akun Twitter resmi manga Yuruyuri mungkin berpikir kalau dia mengelola Twitter-nya seperti para karakter dalam anime, maka para penggemar akan lebih terhibur.

Sayangnya, hal tersebut tidak terbukti. Pada hari Sabtu lalu, sebuah akun Twitter untuk manga Yuruyuri resmi diluncurkan dengan nama @yryr_yhcAkun tersebut pada awalnya meluncurkan beberapa tweet berbunyi “Akkari~n” dengan dalih kalau mereka sedang ‘mencoba‘ Twitter mereka. Kemudian mereka juga merayakan ulang tahun kelima seri tersebut, serta episode ke-261 dari acara radio mereka. Selain itu, mereka juga mengucapkan selamat ulang tahun kepada Namori, mangaka-nya.

JOI - akun twitter yuruyuri kena kritik (2)

Setelah itu, sayangnya akun Twitter tersebut tidak diterima penggemar dengan baik. Beberapa dari tweet memang sudah ada yang dihapus, namun screenshot di beberapa situs lain memperlihatkan banyak kritik dari para penggemar. Contohnya:

  • Untuk informasi yang berguna, situs rangkuman (situs tidak resmi dengan isi dari banyak sumber) ini punya lebih banyak informasi!
  • Apakah kamu akan melaksanakan pernikahan Yuri?
  • E-mail HQ dan kamu akan dapat diskon!
  • Walaupun Ichijinsha (penerbit manga) tidak mengakuiku, aku mengakui diriku sendiri. Dalam artian tersebut, aku official.”
  • Aku tidak punya pikiran jelek, aku bahkan tidak tahu kalian ada. Tapi siapa yang peduli terhadap kalian? Kasarnya, aku bahkan tidak peduli kalau kalian mati. Hal tersebut tidak ada hubungannya dengan realita, tapi intinya, aku tidak peduli dengan kalian.
  • Aku mungkin memulai (akun Twitter) pada hari Sabtu, tapi aku milennial klasik, jadi hari Sabtu aku libur. Mulai sekarang tweet-ku akan dipublikasikan di hari biasa saja. Aku libur di akhir minggu! Aku akan tidur seharian!

JOI - akun twitter yuruyuri kena kritik (3)

Akun tersebut mendapatkan lebih dari 1.000 follower, namun reaksi para penggemarnya cukup dingin. Banyak follower yang memintanya untuk bersikap seperti layaknya akun Twitter resmi dari berbagai macam manga lain karena mereka takut akan berimbas kepada image dari Yuruyuri sendiri. Mereka bahkan meminta Ichijinsha untuk menangani masalah ini, yang dijawab pada tanggal 25 Juni lalu.

Akun Twitter Yuruyuri@Comic Yuri Hime baru saja diluncurkan, dan ada beberapa balasan dan ungkapan yang kurang berkenan. Kami meminta maaf kepada Namori dan semua yang terlibat, terutama para penggemar untuk cinta dan dukungannya pada Yuruyuri, dan maaf karena membuat mereka tidak nyaman serta sedih. Mulai saat ini kami berencana untuk memulihkan kepercayaan semua orang dan membuat akun ini lebih nyaman untuk kamu ikuti tanpa mengurangi hormat kami kepada karya orisinalnya. Kami akan setulus-tulusnya membuat akun resmi ini sejalan dengan visi sesuai dengan para penggemar kami. Kami mungkin masih bisa khilaf di lain waktu, tapi tolong beritahu kami dan kami akan berterima kasih.

Naritarou Nakamura, editor-in-chief dari Comic Yuri Hime serta mangaka Yuruyuri Namori juga mengeluarkan permintaan maaf lewat akun Twitter mereka.

Sumber: ANN