Kontes Cerita Pendek Jepang Melarang Tema ‘Terlempar ke Dunia Lain’

July 1, 2016 1:00 pm
Kontes Cerita Pendek Jepang Melarang Tema ‘Terlempar ke Dunia Lain’

Sword Art OnlineNo Game No LifeKonosuba, dan Re:Zero adalah sedikit judul dari banyaknya judul tentang ‘terlempar ke dunia lain’ yang menjadi tren light novel dan seri-seri lain pada umumnya belakangan ini. Setting cerita tersebut sepertinya sudah banyak sekali digunakan, sampai sebuah kontes cerita pendek di Jepang melarang para kontestannya untuk menggunakan tema tersebut.

JOI - isekai theme is banned (2)

Sebuah kontes cerita pendek kolaborasi antara Bungaku Free Market dengan Shousetsuka ni Narou mengeluarkan larangan untuk menggunakan setting ‘terlempar ke dunia lain’ atau ‘reinkarnasi di dunia lain’ sebagai temanya. Namun kontes tersebut tidak melarang para kontestan untuk menggunakan tema lain, mereka dapat menggunakan tema drama, horor, fantasi, dan saya pun yakin tema harem masih diperbolehkan.

Kontes ini baru saja selesai pada tanggal 30 Juni, dan pemenangnya akan dipilih oleh para juri mulai dari tanggal 1 Juli sampai 31 Agustus. Pemenangnya akan diumumkan pada awal bulan September dan karya-karya para pemenang akan dimuat dalam majalah spesial Shousetsuka ni Narou, majalah spesial yang hanya dijual di Bungaku Free Market. 2 pemenang teratas juga akan mendapatkan review karya mereka dari penulis Masatomo Tamaru.

Sayang sekali bila ada kontestan yang sebenarnya punya ide brilian untuk karyanya, tapi menggunakan setting ‘terlempar ke dunia lain’ dan harus gagal karena tidak memenuhi syarat. Daripada melarang tema tersebut, mungkin ada baiknya bila mereka melarang penggunaan judul yang terlalu panjang. Beberapa seri light novel belakangan ini judulnya tidak light sama sekali kadang susah untuk mengingatnya.

sumber: ANN