[Celebrity Sunday] Masami Obari

July 3, 2016 15:00
[Celebrity Sunday] Masami Obari

Dalam Celebrity Sunday kali ini, JOI akan membahas tentang Masami Obari, desainer mecha yang bisa dibilang adalah desainer yang jenius. Desain mecha-nya mudah dikenali oleh para penggemar mecha karena memiliki desain yang khas.

celeb-sunday-masami-obari-5

Pria kelahiran 24 Januari 1966 ini berasal dari Hiroshima dan sejak zaman SD sudah membuat anime sendiri. Setelah lulus SMK, Obari bergabung deangan Ashi Production yang sekarang dikenal sebagai Production Reed. Di studio ini, Obari menangani key animation untuk berbagai anime contohnya Tokusou Kihei Dorvack dan Transformers. Pada saat umur 18 tahun, dia sudah mendapatkan style gambar pribadinya. Tidak lama kemudian, nama Obari mulai terkenal dengan mendesain mecha di anime Chojuu Kishin Dancouga pada saat berumur 19 tahun.

Setelah bekerja di Ashi Production, Obari mengundurkan diri dan ikut mendirikan Minami Machi Bukyosho. Pada saat ini, Obari ditugaskan untuk menangani animasi opening pertama dari Kikou Senki Dragonar. Karena ini, berbagai mecha yang muncul dalam anime ini seperti ketiga Dragonar dan mecha-mecha musuh mengalami “Obarhythm” (Obari + Rhythm). Obari sering melakukan deformasi dari desain mecha-nya tanpa persetujuan Bandai yang merupakan sponsor. Contoh yang paling jelas adalah pada bagian kepala dari Dragonar-1 yang sangat berbeda dengan berbagai merchandise yang diproduksi. Karena ini, desain setting-nya diubah agar sesuai dengan aslinya sejak episode 14.

celeb-sunday-masami-obari-4

Meski begitu, opening yang dikerjakan oleh Obari menjadi khas dan dia jadi sering mendapatkan tugas mengerjakan animasi opening sejak Dragonar, bahkan hingga dipanggil “Ahli Opening.” Animasi opening yang dia tangani tidak terbatas untuk anime mecha saja, tetapi juga anime lainnya contohnya Magic Knight Rayearth dan Hakuoki.

Mengenai desain mecha, Obari sangat berfokus pada bagian wajah, terutama pada bentuk mata dan hidung. Hingga saking berfokus pada hal ini, Obari sampai mengatakan “Robot adalah bagian wajahnya.” Ciri khas desain dari Obari adalah memiliki wajah yang seperti manusia dan ekspresinya bisa berubah, memiliki bagian betis dan lengan yang terlihat seperti otot, serta sering berpose seperti manusia. Desainnya yang khas ini disebut oleh penggemarnya sebagai “Barimecha.”

celeb-sunday-masami-obari-2

Di luar desain mecha, Obari juga sebenarnya bertugas sebagai sutradara dan animator. Dia menjadi sutradara untuk Bubblegum Crisis Part 5. Pada saat mengerjakan anime ini, umurnya 21 tahun. Setelah itu, dia pun mulai mengerjakan berbagai anime sebagai sutradara. Salah satu ciri khas anime yang dikerjakannya adalah karakter utamanya sering diperankan oleh Haruna Ikezawa dan Houko Kuwashima.

celeb-sunday-masami-obari-3

Di luar dunia anime, Obari juga sangat terlibat dalam seri game Super Robot Wars. Dalam seri game ini, dia mengerjakan banyak hal, mulai dari membuat animasi cut-in pada saat pertarungan mecha dari anime yang pernah ditanganinya, membuat desain mecha orisinal, dan lainnya. Obari juga menyutradarai serial anime Super Robot Wars OG: The Inspector.

Karya anime mecha favorit Obari adalah Muteki Koujin Daitarn 3. Dia memiliki DVD-Box-nya lengkap, bahkan dia juga memiliki tanda tangan Hirotaka Suzuoki yang mengisi suara tokoh utama di anime tersebut. Tanda tangannya tersimpan dalam tinta emas dan tinta perak. Obari mengatakan bahwa tanda tangan ini adalah satu-satunya yang dia inginkan dari dunia anime.

celeb-sunday-masami-obari-1Pose khas Obari yang menginspirasikan banyak karya

Saat ini Obari adalah president dari Studio G-1 Neo. Kalian bisa mengikuti Obari di Twitter.

Sorry. No data so far.