Manga ‘Bleach’ Diberitakan Akan Tamat di Edisi ke 74

July 4, 2016 12:00 pm
Manga ‘Bleach’ Diberitakan Akan Tamat di Edisi ke 74

Salah satu dari seri kenamaan majalah Shonen Jump, Bleach akhirnya dikabarkan akan tamat juga, dan kali ini telah diumumkan kapan seri tersebut akan tamat. Sebelumnya, Shonen Jump menutupi berapa jumlah chapter yang tersisa sampai Bleach akhirnya tamat, namun sebuah foto dari manga edisi ke-73 yang baru saja diterbitkan mengungkap kalau seri buatan Kubo Tite tersebut akan tamat dalam 1 buku berikutnya.

JOI - bleach tamat edisi ke 74 (2)

Bleach telah berjalan sejak awal tahun 2002, dan manga tersebut menempuh banyak sekali cerita sampai akhirnya bisa menyentuh edisi ke-73 yang diterbitkan pada tanggal 4 Juli 2016. Bila edisi ke-74 adalah edisi terakhir Bleach, maka perkiraan saya hanya akan ada 10 chapter lagi sebelum seri tersebut tamat dan bila mengikuti tren penerbitan manga-nya, umur dari Bleach hanya tinggal 2-4 bulan lagi.

Saya sedikit merasa kalau ending Bleach ini datang dengan terlalu tiba-tiba, seperti tidak ada peringatan sebelumnya. Tapi memang, pertarungan Ichigo dengan Yhwach sepertinya akan menjadi yang terakhir, dengan asumsi tidak ada musuh yang lebih kuat lagi daripada Yhwach. Tapi tentu, kita tidak bisa mempercayai Kubo semudah itu.

JOI - bleach tamat edisi ke 74 (3)

Banyak orang yang skeptis dengan tamatnya Bleach, karena Kubo terkenal suka men-troll fanbase-nya sendiri. Apakah benar Bleach akan tamat? Banyak yang meragukannya dengan dalih Bleach akan berlanjut ke manga baru, Bleach 2Bleach Shippuden? Siapa yang tahu.

sumber: Crunchyroll