Pengarang Kuma Miko Meminta Maaf Atas Ending Animenya

July 8, 2016 18:00
Pengarang Kuma Miko Meminta Maaf Atas Ending Animenya

Masume Yoshimoto, adalah pengarang dari seri Kuma Miko yang sebelum ini menulis kalau naskah anime-nya berubah jauh dari source material-nya karena dia tidak mengeceknya sebelum tayang. Hasilnya, ending mereka kemudian dicerca dan dianggap tidak memuaskan oleh banyak penggemar. Yoshimoto menulis pernyataan itu dalam blog Tumblr milknya, namun tulisan tersebut sudah dihapus.

JOI - pengarang kuma miko minta maaf (1)

Sebagai gantinya, dia kemudian menulis sebuah permintaan maaf yang juga ditujukan kepada para staf anime karena keteledorannya. Berikut adalah tulisannya.

Aku minta maaf atas pernyataanku sebelumnya, yang secara tidak perlu memperburuk keadaannya. Juga mengenai naskah dari episode finalnya, aku juga ikut datang dalam rapat penuliskan naskahnya, dan saat ditanya apa yang akan dilakukan untuk episode akhirnya, aku menyarankan sesuatu seperti, “Bagaimana bila kita pergi ke Sendai?

“Kemudian Machi terlibat dalam sebuah kecelakaan, Natsu bergegas menyelamatkannya di dalam mobil dan mereka kembali bersama sebagai klimaks ceritanya sampai akhir.” Kalau ada mereka yang merasa endingnya tidak berkenan, itu adalah tanggung jawabku, aku minta maaf.

Aku mungkin tidak boleh mengatakan ini, namun animenya punya banyak aksi intens, sex appeal, pose-pose imut, dan tentunya hasil karya berimbang yang tidak bisa diekspresikan dalam manga. Mereka punya elemen orisinil, karakter, dan penggambaran desa yang tidak aku gambar. Ada banyak sisi positif di dalamnya.

Hadiah tersebut adalah hasil kerja keras dari para staf anime, dan mereka telah mengerjakan apa yang mereka bisa sampai ke akhirnya. Aku ingin mengapresiasi mereka untuk semua kerja kerasnya. Terima kasih banyak.

Sebelumnya, situs anime Kuma Miko juga membuat sebuah post mengenai anime tersebut yang menerima persetujuan dari sang pengarang, editor dari Comic Flapper, sutradara, penulis, staf animasi, dan komite produksi. Tentu mereka tidak ingin disalahkan atas reaksi negatif para penggemar. Wong bukan salah mereka.

sumber: ANN