[First Impression] Star Ocean 5: Integrity and Faithlessness

July 13, 2016 13:03
[First Impression] Star Ocean 5: Integrity and Faithlessness

Setelah Star Ocean 4 yang mendapatkan respon yang sangat negatif dan ditambah dengan keluarnya produser serinya dari Square Enix, banyak yang menganggap Star Ocean telah “berakhir.” Tetapi di tahun lalu, Square Enix mengejutkan para fans dengan mengumumkan “Star Ocean 5: Integrity and Faithlessness” yang dijanjikan mengembalikan elemen-elemen yang membuat Star Ocean sukses.

Pertama-tama, saya harus minta maaf. First Impression kali ini sedikit terlambat karena kebetulan rilisnya berdekatan dengan lebaran jadi saya harus ikut mudik dan tidak membawa PS4.

Kembalinya Era JRPG

STAR OCEAN: Integrity and Faithlessness_20160709202832

Kehadiran PlayStation 4 ini membuat saya bahagia karena sejauh ini sudah ada banyak JRPG yang diumumkan untuk konsol terbaru dari Sony ini, salah satunya adalah Star Ocean 5.

Bermain Star Ocean 5 serasa bermain JRPG klasik tetapi dengan banyak elemen modern. Kalian hanya bisa save di save point, menginap di kota untuk memulihkan diri, dan masih banyak lainnya. Sedangkan berbagai elemen barunya adalah transisi pertarungan dan cutscene secara seamless, seluruh anggota party yang ikut bertarung, dan lainnya.

STAR OCEAN: Integrity and Faithlessness_20160709205557

Sayangnya game ini bisa dibilang kurang sempurna. Perubahan transisi menjadi seamless kadang terasa mengganggu. Contohnya saja cutscene atau dialog dilakukan secara real-time dan kalian bisa bebas bergerak, termasuk melakukan pertarungan. Hal ini kadang membuat pemain menjadi tidak fokus untuk memperhatikan cutscene-nya.

Pertarungan yang Tidak Adil

Star Ocean cukup terkenal memiliki pertarungan yang cukup menantang. Pertarungan di Star Ocean 5 cukup sederhana. Kalian hanya perlu menekan tombol X atau O untuk menyerang dan menahanannya untuk mengeluarkan jurus.

Meski sistem pertarungannya cukup sederhana, saya sering dibuat kesal olehnya. Contohnya adalah apabila saya sudah menekan tombol menyerang, saya tidak bisa batalkan serangannya dengan melakukan aksi lain. Harus melakukan serangannya terlebih dahulu baru melakukan aksi lainnya.

STAR OCEAN: Integrity and Faithlessness_20160712180834

Tetapi yang paling membuat saya kesal adalah pertarungan yang tidak adil, baik dari sisi pemain mau pun sisi lawan. Serangan party ke lawan dan juga serangan lawan ke party dapat membuat karakter jatuh atau flinch dengan mudah.

Selain itu, berbagai skill sihir di Star Ocean 5 memiliki visual yang sangat luar biasa. Hal ini membuat kalian tidak bisa melihat apa-apa. Kadang-kadang serangan musuh pun sering meng-one-hit kill karakter kalian.

STAR OCEAN: Integrity and Faithlessness_20160710132543

Karena ini, tombol kotak yang digunakan untuk menangkis pun jarang digunakan karena sulit untuk menentukan timing-nya. Jadi, pertarungan Star Ocean 5 tidak terasa memiliki unsur strategi dan memaksa kalian untuk grinding agar bisa menghadapi lawan dengan mudah.

Budget Pengerjaan yang Terbatas

Secara sekilas, Star Ocean 5 terlihat memiliki grafis yang indah. Transisi adegan yang seamless pun membuat dunia Star Ocean 5 terasa lebih immersive. Tetapi ternyata ada banyak bagian yang membuat kalian merasa Square Enix tidak memberikan budget yang besar untuk Star Ocean 5.

STAR OCEAN: Integrity and Faithlessness_20160710133819

Contoh beberapa bagian yang terasa budget-nya kurang adalah animasi karakter yang cukup kaku serta 1 adegan perang yang seharusnya bisa terlihat epik tetapi sayangnya hanya diperlihatkan dari sisi komandan yang hanya memberi perintah saja.

Selain itu, meski judulnya adalah Star Ocean yang harusnya membuat kalian berkeliling ke berbagai planet, kalian hanya fokus pada 1 planet saja. Saya bermain sudah lebih dari 10 jam tetapi masih berada di planet yang sama. Dari sisi game-nya sudah menjelaskan kenapa kalian berada di planet itu saja, tetapi kalau kalian mengharapkan akan berkeliling berbagai planet, siap-siap kecewa saja.

Verdict: Masih Memuaskan

Meski bisa dibilang banyak kekurangan, saya masih merasa puas bermain Star Ocean 5 dan masih penasaran bagaimana ceritanya akan berakhir. Di luar pertarungan yang tidak adil dan juga budget yang terasa terbatas, saya masih merasa Star Ocean 5 masih lebih baik daripada Star Ocean 4 (alasan: karena ada seiyuu favorit tapi karakternya super annoying).

STAR OCEAN: Integrity and Faithlessness_20160712184711

Perasaan puas ini karena waktu era PS3 tidak banyak JRPG yang bisa kalian nikmati. Star Ocean 5 bisa dibilang sebagai appetizer dari banyak JRPG yang akan rilis untuk PS4 seperti Final Fantasy XV, Dragon Quest XI, Exist Archive, Final Fantasy VII Remake, Kingdom Hearts III, Ni no Kuni II, Sword Art Online: Hollow Realization, Tales of Berseria, dan masih banyak lainnya.

Star Ocean 5: Integrity and Faithlessness sudah bisa dimainkan di PlayStation 4.