[Monday Music] Livetune+

July 18, 2016 6:00 pm
[Monday Music] Livetune+

Monday Music kali ini akan membahas Livetune+ yang akan tampil dalam konser I Love Anisong di AFAID 2016. Kalau kalian adalah penggemar Hatsune Miku, pastinya kalian sudah kenal dengan komposer ini.

Livetune awalnya terdiri dari 2 orang yaitu Kz dan KajukiP. Awalnya Kz iseng meng-upload lagu “Packaged” ke Niconico pada tahun 2007, dan ternyata disukai oleh banyak orang. Uniknya, karir Livetune di “internet” tidak lama. Setahun kemudian, mereka major debut bersama Victor Entertainment. Meski sudah major debut, Livetune masih terus membuat berbagai lagu Hatsune Miku. Tetapi di tahun 2009, KajukiP keluar dari grup sehingga sekarang anggotanya hanya tinggal Kz sendiri.

Kz mulai berpikir untuk membuat musik sejak SD, tepatnya sekitar kelas 3 dan 4 SD. Pada saat itu, orang tuanya mengajak Kz untuk menonton konser Ryuichi Sakamoto. Melihat penampilan Sakamoto membuat Kz berpikir untuk membuat musik. Pada saat kelas 2 SMP, game Beatmania sangat populer di Jepang. Pada saat yang sama, Kz juga membeli berbagai alat musik, salah satunya adalah piano digital yang mendukung MIDI. Sejak saat ini, dia mulai rajin membuat musik DTM.

Salah satu keunikan Livetune sejak keluarnya KajukiP adalah semakin banyak kolaborasi. Kolaborasinya pun tidak terbatas dengan penyanyi saja, tetapi dengan juga berbagai kreator seperti mangaka Masami Yuki untuk album Crosslight. Untuk kolaborasi dengan penyanyi, Kz pernah berkolaborasi dengan ClariS, Kotoko, Maon Kurosaki, dan masih banyak lainnya.

Nama Livetune mulai terkenal dimana-mana pada tahun 2012, sejak dia bergabung dengan label Toy’s Factory. Single pertamanya di label baru ini adalah “Tell Your World” yang digunakan untuk iklan Google Chrome di Jepang. Berkat iklan ini, karir Kz langsung melejit dan menghadirkan lebih banyak kolaborasi. Beberapa kolaborasi yang menggagumkan adalah membuat aransemen baru untuk lagu “Invoke” yang dinyanyikan oleh T.M. Revolution dalam album Under:Cover 2 dan membuat remix lagu “Spectrum” karangan Zedd.

Pada saat ini, Livetune juga semakin aktif mengarang lagu untuk berbagai anime, setelah sukses berkolaborasi dengan ClariS untuk lagu-lagu OreImo. Untuk lagu anime ini, Livetune berkolaborasi dengan penyanyi dan juga berbagai vokalis dari band ternama. Beberapa contohnya adalah lagu “Take Your Way” yang merupakan lagu opening dari “Devil Survivor 2 the Animation“. Dalam lagu ini dia berkolaborasi dengan Fukase dari Sekai no Owari. Contoh lainnya adalah lagu openingFlat” yang berkolaborasi dengan Yuuki Ozaki dari Galileo Galilei dari anime Hamatora.

Sejak tahun 2015, Kz membuat proyek baru yang bernama Livetune+. Dalam proyek ini, Kz berkolaborasi dengan model Anna Yano sebagai vokalis. Sebelumnya mereka berdua pernah berkolaborasi dalam lagu “Shape My Story” yang menjadi lagu opening dari anime C3-bu. Unit ini sengaja dibuat untuk tampil di konser.

Kalian bisa mengikuti Livetune lewat situs resmi, channel YouTube, Twitter, dan Facebook. Sedangkan untuk Livetune+, kalian bisa mengikutinya lewat situs resmi dan channel YouTube. Livetune+ akan tampil di hari pertama konser I Love Anisong pada hari Jumat tanggal 16 September 2016. Tiket untuk Anime Festival Asia 2016 sudah bisa dibeli.