[Celebrity Sunday] Masashi Kishimoto

July 24, 2016 18:00
[Celebrity Sunday] Masashi Kishimoto

Dalam Celebrity Sunday kali ini, JOI akan membahas tentang Masashi Kishimoto. Pasti kalian sudah pernah membaca manga atau menonton karyanya yang berjudul Naruto.

Pria kelahiran tahun 1974 ini lahir di prefektur Okayama dan memiliki saudara kembar yang bekerja sebagai mangaka juga bernama Seishi Kishimoto. Sejak masa TK, Kishimoto sudah tertarik dengan berbagai barang yang bergerak, baik itu serangga, sungai, hingga acara televisi. Kishimoto mulai tertarik menggambar pada saat masuk SD. Dia sering menggambar Mobile Suit dari Gundam, karakter-karakter dari Dr. Slump dan Dragon Ball.

celeb-sunday-masashi-kishimoto-1

Tetapi pada saat SMP, Kishimoto malah bergabung dengan klub baseball dan tidak lagi menggambar. Tetapi akhirnya dia kembali mengikuti hobinya karena suatu kejadian. Suatu hari, dia melihat poster untuk Akira di toko rokok dekat rumahnya. Dia sangat terhipnotis oleh poster ini karena melihatnya selama 1 jam. Dia merasa poster ini memiliki gaya yang unik dan orisinil sehingga menyalakan api semangat di hatinya. Sejak saat itu, Kishimoto terus menggambar agar bisa mendekati poster Akira tersebut sedikit demi sedikit.

celeb-sunday-masashi-kishimoto-2

Kishimoto mengarang manga pertamanya pada saat SMA. Dia sempat mengarang manga sepanjang 31 halaman untuk dikirim ke kontes pengarang baru di Jump. Sebelum mengirimnya, Kishimoto memperlihatkan manga tersebut kepada keluarganya. Tetapi ternyata reaksi dari keluarganya kurang bagus, jadi Kishimoto pun batal mengirim manga tersebut.

celeb-sunday-masashi-kishimoto-5

Demi meningkatkan kualitas gambar demi mengejar mimpinya menjadi mangaka, Kishimoto masuk kuliah jurusan seni. Setiap hari dia belajar demi meningkatkan kemampuan menggambarnya sambil terus menggambar manga untuk melatih penulisan cerita. Pada saat umur 19 tahun, Kishimoto menargetkan untuk ikut Hop Step Award dari Weekly Shonen Jump. Dia mengarang manga bertema samurai, tetapi pada saat yang sama versi one-shot dari Rurouni Kenshin terbit di Jump. Meski dia merasa tidak yakin, dia tetap mengirimkan karyanya dan ternyata kalah.

Pada tahun 1996 setelah dia lulus, Dia benar-benar fokus untuk membuat shonen manga. Dia mengirimkan manga berjudul Karakuri untuk Hop Step Award dan berhasil mendapatkan honorable mention. Dengan ini, karirnya sebagai mangaka pun dimulai. Tetapi ternyata awal karirnya tidak berjalan lancar. Karya-karyanya berkali-kali mendapatkan kritik dari editor pertama yang bertanggung jawab atas dirinya. Bahkan Kishimoto hingga meragukan kemampuan dirinya dan berpikir tidak bisa menjadi mangaka. Tetapi Kishimoto masih tidak menyerah. Dia kembali memperkuatkan niatnya dan belajar kembali mengenai manga dari nol lagi.

celeb-sunday-masashi-kishimoto-4

Kishimoto pergi ke perpusatakan untuk membaca berbagai buku tentang pembuatan manga dan film. Dia mempelajari berbagai hal yang diperlukan untuk membuat manga seperti cara penulisan cerita, cara membuat karakter, dan berbagai teknik lainnya. Kishimoto pun menonton film dan membaca novel untuk mengetahui teknik-teknik yang digunakan. Kishimoto mengatakan bahwa kehidupan sehari-harinya adalah bangun pagi dan pergi ke perpustakaan, toko buku, toko rental video, dan biokskop. Kegiatan ini dilakukan selama 2 tahun.

Ternyata usaha kerasnya membuahkan hasil. Di tahun 1997, Kishimoto merilis Naruto versi one-shot di majalah Akamaru Jump. Di tahun 1999, versi serial dari Naruto dirilis di Weekly Shonen Jump. Seri ini pun sukses besar, dicetak lebih dari 100 juta kopi di Jepang saja, manga-nya terbit di lebih dari 23 negara, anime-nya tayang di lebih dari 60 negara, dan produk-produk lisensinya rilis di lebih dari 90 negara.

celeb-sunday-masashi-kishimoto-6

Sejak kecil Kishimoto memang suka menggambar. Dan demi meningkatkan tekniknya, dia mengorbankan semua kegiatan lainnya. Pada saat SMA, dia sering menggambar tangan dan kaki dari berbagai sudut. Pada saat pulang sekolah, dia sering mengunjungi ruang seni untuk menggambar sketsa dari patung. Alasan Kishimoto bergabung dengan klub baseball pada saat SMP adalah karena terpengaruh manga Touch karya Mitsuru Adachi. Mangaka Hiroyuki Takei memuji Kishimoto sebagai orang yang benar-benar jujur.

Manga Naruto sudah tamat pada tahun 2014 dan Kishimoto saat ini merencanakan untuk membuat seri sci-fi baru untuk Shonen Jump Plus dalam waktu dekat.