Direktur Kreatif Delight Works Diwawancara Untuk Perayaan 1 Tahun F/GO

July 24, 2016 4:00 pm
Direktur Kreatif Delight Works Diwawancara Untuk Perayaan 1 Tahun F/GO

Seperti yang sudah diketahui dan pastinya diantisipasi oleh para pemainnya, game Fate/Grand Order sebentar lagi memasuki perayaan 1 tahun berjalannya. Game yang memuat servant-servant dari dunia Fate ini terbukti cukup sukses di antara penggemar, dengan terus mengeruk uang para pemainnya dengan servant baru di setiap bulan. Yang penting mereka happy.

JOI - fgo interview creative director (2)

Merayakan kesempatan ini, Dengeki Online kemudian mewawancara Direktur Kreatif dari Delight Works, perusahaan yang membuat banyak orang jatuh ke jurang gacha. Shiokawa Yosuke, adalah orang yang juga pernah bekerja sebagai Direktur Kreatif di Square Enix berbicara mengenai prospek game F/GO di masa mendatang. Transkrip terjemahan lengkap dari wawancara beliau dan Dengeki Online tersedia dalam situs Reddit.

Q: Perayaan 1 tahun game ini akan datang di akhir bulan, bisakah kamu menceritakan sedikit tentangnya?
A: Hadiah 6 juta pemain diberikan oleh Scathach. Karena yang memberikan pengumuman perayaan ulang tahun adalah Mashu, dan hadiah dari Mashu selalu sesuatu yang ‘sopan’, harap berpikir kalau perayaan 1 tahun ini akan menjadi sesuatu yang sopan juga.

Q: Event swimsuit diumumkan pada Machi Asobi. Ini sudah musim panas, kapan event-nya akan diadakan?
A: Dalam industri game, interpretasi musim panas itu bermacam-macam…

Q: Bulan September kan?
A: Kami mengucurkan fokus kami kepada chapter 6 dan perayaan ulang tahun. Harap bersabar dan menunggu.

Q: Dalam event Onigashima kita mendapat Kintoki-rider sebagai servant gratis. Apakah ada rencana memberikan lagi servant gratis di masa depan?
A: Kami ingin memperkenalkan servant gratis secara reguler. Namun daripada mendistribusikan mereka dalam durasi waktu yang pendek, kami ingin menemukan pace dimana memperkenalkan mereka akan memberikan impact yang besar.

Q: Secara pribadi aku penasaran kapan Berserker gratis *4 akan dirilis
A: Ini terkait kepada komentarku sebelumnya. Kami tidak ingin mengikuti pola seperti mengeluarkan free servant di tiap akhir bulan atau mengikuti urutan 7 kelas seri Fate. Kami ingin mengumumkan mereka di waktu yang paling menyenangkan.

Q: Seperti apa feedback dari 2 raid event kali ini?
A: Setelah event Rashoumon, banyak orang yang khawatir kalau kami mungkin akan mengimplementasi sistem ranking. Menurut kami F/GO tidak butuh sistem ranking. Kami rasa sistem raid kali ini adalah yang terbaik bagi game single player seperti ini.

Q: Aku senang ada event baru, tapi apakah ada rencana mengulang event lama?
A: Kamu ingin kami mengulang event lama?

Q: Ya, aku ingin me-limit break beberapa CE-ku. Juga, pemain baru akan senang untuk mendapatkan servant lama seperti Santa Alter.
A: Terima kasih atas informasinya.

Q: Sepertinya belum ada rencana untuk melakukannya.
A: Kami memiliki banyak ide saat ini yang ingin kami coba, kami lebih suka fokus membuat konten baru.

Q: Bagian F/GO mana yang paling kamu prioritaskan?
A: Perkembangan karakter. Perkembangan sistem juga penting, tapi perkembangan karakter adalah prioritas utama kami. Kami ingin pemain untuk menyukai para servant tanpa melihat rating kelangkaan dan kelamin. Kami juga tidak ingin ada servant yang terlalu kuat sehingga kami akan meng-update servant lama dengan strengthening quest dan memperbaharui animasinya.

Q: Jadi kamu tidak ingin ada servant yang terlalu kuat. Apa ini artinya tidak ada rencana untuk servant *6?
A: Tidak ada rencana untuk itu pada saat ini.

Q: Mengenai event Fate/Accel Zero, kita mengalami banyak maintenance. Apakah kalian terkena serangan DDoS?
A: Tidak, kami hanya terlalu banyak diakses para pemain.

Q: Itukah alasan kalian pindah ke cloud platform?
A: Ya.

Q: Baru-baru ini, kalian menutup akses dari emulator. Apakah ini juga terkait?
A: Terlalu banyak akses dan Mashu level 1 yang muncul di friend list membuat pengalaman bermain para pemain berkurang.

Q: Apakah ada banyak akses ilegal?
A: Kami tidak punya angka pastinya, tapi kami melihat banyak orang membuat multiple accounts dan mencoba untuk mengakses dalam jendela waktu yang singkat.

Q: Apakah ada rencana untuk servant *1 dan *2 baru?
A: Kami rasa kami harus melakukan sesuatu mengenai hal tersebut tapi kami tidak bisa menjanjikan apa-apa saat ini.

Wawancara ini menjawab banyak pertanyaan, mulai dari free servant sampai sistem ranking yang ditakutkan akan diimplementasikan setelah event Rashoumon. Event tersebut sebelum ini membuat para pemain marah karena hadiahnya yang tidak sesuai dengan usaha mereka. Secara pribadi, saya lebih tertarik dengan karakter-karakter lama yang akan diperkuat sehingga tidak akan kalah dari karakter baru.

Ada teman saya yang bertanya, apakah Signum akan ngebait lagi di post baru F/GO di JOI, dan untungnya luck saya dengan SSR sedang cukup baik beberapa bulan belakangan ini.

JOI - fgo interview creative director (3)

Sepertinya sudah jadi tradisi.

Sumber: Dengeki Online
Gambar: Pixiv