[Monday Music] Lia

Monday Music kali ini kembali membahas artis yang akan tampil di konser AFAID 2016 yaitu Lia. Kalau kalian adalah penggemar game visual novel buatan Key, pastinya kalian sudah pernah mendengar suara penyanyi ini.

Lia terkenal menyanyikan lagu dalam berbagai genre seperti pop, jazz, dan classic. Selain itu dia juga cukup aktif mengarang musik dan menulis lagu. Lia juga aktif dengan nama lain yang serupa yaitu LIA (kapital semua). Untuk nama ini, Lia biasanya menyanyikan lagu-lagu ber-genre happy hardcore, contohnya lagu eurobeat.

Lia lahir di Tokyo, tetapi pada saat umur 4 tahun pindah ke Kawasaki. Pada saat ini, dia mulai belajar classic ballet. Tetapi dia juga tampil di acara musical, karena itu sambil belajar classic ballet, dia juga mulai belajar bernyanyi. Setelah lulus SMA, Lia pindah ke Amerika untuk kuliah di Massachusettes. Tetapi setelah 1 tahun belajar, Lia merasa tidak berkembang. Karena itu dia memutuskan untuk pindah ke Berklee College of Music.

Setelah lulus, Lia beraktivitas sebagai penyanyi. Suatu hari, pada saat menggunakan studio di Los Angeles untuk rekaman, Kazuya Takase dari I’ve mengirim email bahwa ingin menggunakan studio tersebut. Lia yang melihat hal ini langsung menelepon Takase dan mengatakan bahwa dirinya adalah penyanyi juga. Pada saat itu, ternyata penyanyinya tidak datang. Dan Lia yang sudah mengirim demo tape ke Visual Art’s dan demo tape-nya sudah didengar oleh president Visual Art’s yaitu Takahiro Baba. Akhirnya Baba pun meminta Lia untuk menggantikan penyanyinya. Pada saat ini, Lia pun menyanyikan berbagai lagu untuk game-game Key di Los Angeles. Beberapa contoh lagunya adalah “Tori no Uta,” “Oozora,” dan “Farewell Song” untuk game Air.

Meski suara Lia cukup indah, tetapi dia jarang mengeluarkan single. Ini karena Lia sibuk dengan keluarganya. Pada tahun 2009, Lia mengumumkan bahwa dirinya sudah menikah dan sudah hamil. Awalnya di tahun tersebut dia ingin ingin mengumumkan pernikahannya. Tetapi karena sudah hamil, Lia terpaksa membatalkan konsernya. Di awal tahun berikutnya, Lia mengumumkan bahwa anak perempuannya sudah lahir. Di tahun 2013, Lia melahirkan anak keduanya yang merupakan anak laki-laki.

Meski Lia mengawali karirnya dengan menyanyikan lagu tema untuk game visual novel, Lia juga cukup aktif menyayikan lagu tema anime. Lia pernah menyanyikan lagu tema untuk anime Initial D, Gunslinger Girl, Fortune Arterial, Wizard Barristers, Angel Beats, Mekaku City Actors, Charlotte, dan lainnya.

Sekarang Lia tinggal di Tokyo. Kalian bisa mengikuti Lia lewat Twitter dan Instagram.

Lia akan tampil di hari kedua konser I Love Anisong, tepatnya pada hari Sabtu, 17 September 2016 di Anime Festival Asia Indonesia 2016. Kalian sudah bisa membeli tiketnya melalui link berikut.