[Celebrity Sunday] Katoki Hajime

August 7, 2016 12:00
[Celebrity Sunday] Katoki Hajime

Setelah Masami Obari, Celebrity Sunday kali ini kembali membahas desainer mecha. Kali ini kalian akan berkenalan dengan Hajime Katoki.

Kalau kalian sudah mengikuti seriĀ Gundam sejak lama, pastinya kalian sudah kenal dengan nama ini. Bagaimana tidak, bahkan Bandai sampai membuat lini GunPla khusus dengan desain Katoki.

celeb-sunday-hajime-katoki-5

Sebelum debut, Katoki menggunakan nama Sunao Katoki, baru kemudian mengganti namanya jadi Katoki Hajime. Tetapi sebenarnya dia sudah memulai karirnya sebagai pengarang doujin. Pada saat masih aktif di dunia doujin, Katoki menulis namanya dengan menggunakan kanji nama aslinya. Tetapi sejak rilisnya Mobile Suit Gundam 0083 Stardust Memory, dia menulis namanya dengan menggunakan katakana.

celeb-sunday-hajime-katoki-1

Nama Katoki mulai terkenal sejak mendesain mecha Gundam Sentinel di majalah plastic model Model Graphics. Karena ini, dia jadi sering diminta membuat desain mecha di seri Gundam, membuat seri variasi Ver. Ka, membuat desain konsep dari GunPla, dan lainnya.

katokidendro

Untuk paruh awal serial Mobile Suit Gundam 0083 Stardust Memory, desain mecha untuk Gundam GP-01 Zephyrantes ditangani oleh Shoji Kawamori. Pada saat ini, Katoki memperbaiki berbagai mekanisme mecha yang didesain oleh Kawamori. Karena ini, Katoki diminta untuk mendesain Gundam GP-03 Dendrobium di paruh akhir serial Mobile Suit Gundam 0083 Stardust Memory.

celeb-sunday-hajime-katoki-4

Meski fokus pekerjaannya adalah desainer mekanik, dia juga mencoba berbagai macam hal, mulai dari mendesain karakter, membuat gambar untuk Gundam Fix (hingga menjadi supervisor untuk seri figure Gundam Fix Figuration). Bahkan dia mulai mencoba kegiatan di luar desainer mecha.

celeb-sunday-hajime-katoki-2

Dalam tahun 2013, dia berpartisipasi dalam film omnibus Short Peace. Dia menjadi sutradara untuk “Buki yo Saraba.” Sejak tahun 2014, dia juga mencoba membuat storyboard untuk anime. Karya pertamanya adalah OVA Girls und Panzer.

Ciri khas desainnya adalah desain yang sangat nyata. Ini karena dia mengambil inspirasi dari berbagai senjata dan pesawat nyata untuk mendesain karyanya. Karena itu, berbagai mecha yang didesain olehnya sangat detil hingga memiliki jumlah informasi yang tinggi. Bahkan gaya desainnya dibilang menyerupai proses desain produk industri.
Karena ada pose khas buatan Kunio Okawara yang bernama “Gawara Tachi,” (Tachi artinya berdiri) pose gambar khas Katoki pun jadi mendapat julukan “Katoki Tachi.”

katokitachi
Kiri: Gawara Tachi; Kanan: Katoki Tachi

Ciri khas pose Katoki adalah lebar kaki sejajar dengan lebar pundak, ujung kaki kiri menghadap kanan bawah layar, ujung kaki kanan menghadap kiri bawah layar, kedua sikut sedikit bengkok, kedua tangan dikepal, dan dadanya ditonjolkan. Karena ini, robotnya tidak menghadap layar, tetapi menyerong, dan wajah robotnya menghadap kamera. Menurut Katoki, robot benar-benar terlihat stylish dalam pose ini.

Sayangnya Katoki tidak memiliki akun media sosial yang bisa diikuti.

Sorry. No data so far.