[Monday Music] LiSA

August 8, 2016 5:30 pm
[Monday Music] LiSA

Artis yang akan dibahas dalam Monday Music kali ini pastinya sudah tidak asing lagi di telinga kalian. Kali ini JOI akan membahas tentang LiSA, penyanyi perempuan yang sudah tampil beberapa kali di Indonesia. Nama LiSA langsung melejit berkat menyanyikan lagu tema untuk anime yang sukses seperti Fate/Zero dan Sword Art Online.

Penyanyi kelahiran tahun 1987 ini memiliki nama asli Risa Oribe. Pada saat umur 3 tahun, dia mulai belajar piano karena terpengaruh oleh ibunya. Dan pada saat TK, ternyata LiSA terlihat sangat pemalu. Karena itu, ibunya memasukannya ke sekolah musikal. Ternyata di antara berbagai tempat les yang dimasukinya, LiSA paling suka dengan musikal. Karena itu, dia pun juga jadi suka menyanyi. Pada saat SD dan SMP, dia melihat grup musik SPEED di TV dan merasa mereka terlihat keren pada saat menyanyi dan menari. Karena itu, pada saat SMP, selain masih tetap belajar musikal, dia juga kini juga belar bernyanyi dan menari.

Pada saat kelas 2 SMP, LiSA diminta untuk menjadi vokalis untuk konser kelulusan dari kakak kelasnya. Pada saat ini, LiSA masih belum tahu soal musik rock, tetapi kemudian diperdengarkan lagu-lagunya Avril Lavigne dan merasa lagunya sangat keren. Karena itu, dia pun mulai belajar bersama kakak kelasnya. Pada saat konser perpisahannya, dia menyanyikan berbagai lagu Avril Lavigne seperti “Love Psychedelico” dan “Ego-Wrappin.”

Pada saat SMA, LiSA langsung membuat band baru bernama Chucky dan menjadi vokalisnya. Pada saat baru dibentuk, mereka menyanyikan lagu-lagu dari artis lain. Tetapi pada saat kelas 2 SMA, orang dari live house yang sering mereka kunjungi mengatakan “Kalau ingin bertarung, harus membuat lagu orisinil.” Mereka pun mulai sering membuat banyak lagu orisinil dan disukai banyak orang. Tidak hanya tampil di kampung halaman mereka saja di Gifu, tetapi juga di berbagai tempat lain seperti Nagoya dan Osaka. Di sisi sekolah, gurunya sering menyarankannya untuk melanjutkan belajar ke universitas. Tetapi LiSA memutuskan untuk tidak melanjutkan pendidikannya demi kegiatan band. LiSA mengatakan bahwa anggota band pada masa ini mempengaruhi kegiatan musiknya sekarang.

Setelah lulus SMA, Chucky tetap masih aktif selama 2 tahun, tetapi anggota band lainnya mulai sibuk kuliah atau mencari pekerjaan. Di tahun 2008, Chucky mengadakan konser terakhir dan akhirnya bubar. Meski anggota band lainnya mulai mengikuti jalan masing-masing, LiSA tetap ingin aktif di dunia musik.

LiSA akhirnya pindah ke Tokyo dan membentuk band Love is Same All (yang kemudian digunakan menjadi nama dirinya, LiSA) bersama band indie Parking Out. LiSA tetap aktif sebagai vokalis. Di tahun 2010, dia terpilih sebagai bagian vokal untuk karakter Yui yang menjadi vokalis band Girls Dead Monster di serial anime Angel Beats!. Di tahun berikutnya setelah Angel Beats! tamat, LiSA pun mulai aktif sebagai penyanyi solo. Single pertamanya menjadi lagu opening dari Fate/Zero yang berjudul “oath sign,” dan single keduanya menjadi lagu opening untuk Sword Art Online yang berjudul “crossing field.” Berkat kedua anime ini, bisa dibilang karirnya langsung melejit dengan sukses. Bagaimana tidak, kedua single tersebut berhasil menduduki posisi kelima di ranking Oricon.

LiSA sendiri punya berbagai hal yang khas. Dia menyebut CD yang dia rilis sebagai love letter, konser sebagai date, artikel dirinya di berbagai media sebagai obento, dan menyebut fansnya sebagia LiSA-ko. Dia juga sering menulis dengan ciri yang khas dalam Twitter atau blog. Contohnya adalah sering menambahkan huruf っ di akhir kata, menulis ohayou sebagai “ohaohaoha” dan lainnya.

LiSA sangat dekat dengan penyanyi May’n, Eir Aoi, dan Luna Haruna. Dia sering menghabiskan waktu kosongnya bersama May’n. Dia juga sering bertemu dengan Luna Haruna secara tidak sengaja pada saat waktu pribadi. Dia memiliki adik perempuan yang namanya sama dengan Yui dari Angel Beats!. Meski wajahnya mirip, sifat dan hal yang disukai sangat bertolak belakang. Selain itu, adiknya juga lebih tinggi dari dirinya.

LiSA pada saat konser terlihat sangat aktif, jadi banyak yang mengira dia memiliki reflek yang bagus. Tetapi sebenarnya LiSA benci olahraga. LiSA juga adalah tipe orang yang makannya banyak. Dalam waktu 2 hari, dia bisa makan 7 kali. LiSA juga pernah mengisi suara di film Minions. Dia mengisi suara karakter Madge Nelson.

monday-music-lisa

Kalian bisa mengikuti LiSA melalui blog atau Twitter.