[Pre-AFA 2016 Exclusive Interview] Livetune+

August 8, 2016 12:00 pm
[Pre-AFA 2016 Exclusive Interview] Livetune+

Tahun ini, acara AFA ID 2016 akan kedatangan bintang tamu yang cukup istimewa, terutama bagi para penggemar dan para kreator lagu yang menggunakan software Vocaloid. livetune+ akan naik ke atas panggung dan membawakan lagu-lagu mereka untuk kamu semua. Duet yang terdiri dari kz dan Anna Yano ini sudah membukukan prestasi yang cukup luar biasa, termasuk tampil di 13 kota besar di dunia.

Apakah kamu juga termasuk salah satu penggemar duet yang satu ini? JOI mendapat kesempatan khusus untuk mewawancara mereka sebelum mereka datang ke Indonesia lho. Ingin tahu apa saja yang kami bicarakan? Berikut ini adalah hasil wawancaranya.

JOI - exclusive pre afa interview livetune+ (2)

(kzさん) 数多くのアーティストとのコラボレーションを実現されていますが、その事についてどういった思いをお持ちですか?
(kz) How was it like collaborating with many artists?
(kz) Bagaimana rasanya berkolaborasi dengan bermacam-macam artis?

作品としても幅広いものを作れることはもちろんですが、自分には無い音楽の解釈だったり、もしくはオーディエンス、リスナーに対する考え方だったり、新しい視点を知ることができるのが一番刺激になります。

Of course we could make a much broader type of musics. Other than that, I’m very stimulated with how I can see new point of views, like different interpretations of musics that I don’t know and how to interact with audience or listeners.

Tentunya kami dapat membuat karya yang lebih bervariasi. Selain itu saya juga sangat terinspirasi karena dapat menemukan sudut pandang baru, seperti pemahaman yang berbeda terhadap musik dan cara yang berbeda untuk menanggapi penonton atau pendengar.

(やのあんなさん) 歌手以前にモデルとしても活躍されているやのあんなさんですが、歌手デビューを果たした経緯を教えてください
(Anna Yano) Before debuting as a singer, you were a model. Can you tell us how you turned into a singer?
(Anna Yano) Sebelum menjadi, anda adalah seorang model. Bisakah anda ceritakan bagaimana saat anda pertama kali menjadi penyanyi?

原宿でスカウトされ、事務所に所属することになったのですが、そのときにまず、歌を歌いたいということを条件に事務所に入りました。幼いころから歌手になるのが夢で、学生時代もバンドを組んだりして歌を歌っていました。モデル活動をしながら、歌を歌いたいということを事務所に言い続けた結果、ある日、kzさんのプロデュースでアニメ主題歌「Shape My Story」をリリースすることができ、それが私の”アーティスト「やのあんな」”としてのデビューとなりました。それをきっかけにkzさんとは仲良くなり、かねてからライブがしたい、とボーカルを探していたkzさんがユニットを組まないかと声をかけてくださり、livetune+として活動をすることとなりました。

When I was scouted to work on an agency in Shinjuku, I gave them a condition that I wanted to sing. It was my dream ever since I was a kid to become a singer. When I was a student, I formed a band and sang then. While working as a model, I kept saying that I want to sing. One day, we managed to release “Shape My Story” which was an anime theme song produced by kz. That was the debut of “Yano Anna as an artist.” After that I got close to kz. kz was looking for a vocalist to form a unit so he can play live, and he invited me. And so we formed livetune+.

Ketika saya mendapat tawaran untuk bergabung dengan sebuah agensi di Harajuku, saya memberikan syarat kepada mereka bahwa saya ingin menyanyi. Sejak kecil cita-cita saya adalah menjadi penyanyi. Di sekolah juga saya membentuk band dan menyanyi bersamanya. Sambil bekerja sebagai seorang model, saya selalu mengatakan bahwa saya ingin menyanyi. Suatu hari, akhirnya saya mendapat kesempatan untuk merilis “Shape My Story” yang merupakan theme song dari sebuah anime, kz sebagai produser menangani lagu itu. Itu lah awal dari “Yano Anna sebagai artis.” Sejak saat itu juga saya menjadi akrab dengan kz. Dan kz yang kebetulan sedang mencari penyanyi untuk tampil bersama, mengajak saya untuk membuat sebuah unit. Akhirnya kami memutuskan untuk membentuk livetune+.

(livetune+) AFAインドネシアのライブ本番ではlivetune+オリジナル楽曲以外の楽曲を披露されるご予定はありますか?
(livetune+) As a teaser for the fans, are you going to sing only livetune+’s songs or would there be other songs you would be performing as a unit?
(livetune+) Saat konser di AFAID nanti, apakah Anda akan memainkan musik selain musik orisinil livetune+?

今回は僕個人のDJセットを含めたライブになっています。前半はlivetune+以外の僕の作品をDJミックスする予定ですのでこちらもお楽しみに!

This time I will bring my own personal DJ set. On our first half, I will play my DJ remix music outside of livetune+ musics, so please wait for it!

Untuk penampilan di AFAID nanti akan ada juga DJ set oleh saya sendiri. Selain lagu livetune+, saya juga akan memainkan lagu-lagu DJ remix saya, jadi nantikan ya!

音楽を作るうえで、ボーカロイドを使おうと思ったきっかけは何ですか?
What makes you choose to compose music using Vocaloid engine?
Apa yang membuat anda ingin membuat musik menggunakan Vocaloid?

当時、ダフトパンクが好きだったので、機械のヴォーカルに機械的なエフェクトをかけたら面白いかなと思って。そのときはそういうやり方はあまり見られなかったので。

Back then I liked listening to Daft Punk, I thought adding mechanical effect to vocals sounded interesting. That kind of technique was rarely seen back then.

Dulu saya suka mendengar Daft Punk dan saya berpikir hasilnya akan menarik jika menggabungkan mechanical effect dengan suara vokal yang juga mechanic. Saat itu masih sedikit yang melakukan teknik seperti itu.

インドネシアの若いボーカロイドプロデューサー達に伝えたいアドバイスはありますか?
Do you have any advice to the young Vocaloid producers in Indonesia?
Apakah ada nasihat untuk produser Vocaloid di Indonesia?

これは音楽制作全般に言えるのですが、たくさんの音楽を聴いて、なるべく外に出ましょう。インターネットとDAWばかりを見続けると視点が狭くなるので、いろいろとインプットすることが重要です。

This goes to music works in general. Listen to many musics, and try to go outside as much as you can. Your point of view will be too narrow if you only look at internet and DAW. It’s important to listen to various inputs.

Mungkin saran ini berlaku untuk proses pembuatan musik secara keseluruhan, dengarlah banyak musik dan sebisa mungkin melangkah ke luar. Pandangan kita akan menjadi sempit jika selalu memandang internet dan DAW saja. Menyerap banyak input adalah proses yang sangat penting.

インドネシアを訪問するに当たって楽しみにされている事はありますか?例えば人や、食べ物、曲、等々
Do you have any expectation about Indonesia? Probably about the people, the food, or the songs?
Apakah ada yang ingin lihat atau coba di Indonesia> Mungkin orangnya, makanannya, atau musik-musiknya?

初めてのインドネシアなので何もかもが楽しみです。どれだけプライベートな時間が取れるかわかりませんが、フォトジェニックな場所がとても多いので遺跡などに行きたいですね。

This is our first time to Indonesia, so we’re really excited about everything. We don’t know how many private time we would get there, but we want to visit the various photogenic places like the ruins and temples.

Ini kesempatan pertama bagi kami untuk mengunjungi Indonesia, kami tidak sabar untuk melihat segala hal yang ada di sana. Kami tidak tahu berapa banyak waktu luang kami di sana nanti, tapi kami ingin mengunjungi tempat-tempat fotogenik di sana seperti peninggalan bangsa lama.

Sekian saja wawancara singkat JOI bersama dengan livetune+, jangan lupa kalau kami juga akan mewawancara artis-artis lain seperti Aimer dan Bless4, karena itu nantikan wawancara mereka ya!