Mangaka Gantz Meminta Penggemar Membeli Manga Sesuai Harganya

August 10, 2016 16:00
Mangaka Gantz Meminta Penggemar Membeli Manga Sesuai Harganya

Di media Twitternya, Hiroya Oku yang juga kita kenal sebagai mangaka dari seri Gantz berbicara mengenai perilaku para pembaca manga dewasa ini. Sebelum ini dia juga sempat mendiskusikan kenapa adaptasi live-action kualitasnya tidak memuaskan para penggemar.

JOI - gantz mangaka beli manga

Dalam media Twitter pribadinya, dia ingin mengajak para pembaca manga untuk membeli manga dengan harga aslinya dan tidak membelinya dari toko buku bekas. Karena bila mereka membelinya dengan cara tersebut, para mangaka ini tidak akan mendapat royalti dari buku tersebut.

“Mungkin ini akan membuyarkan ilusi beberapa anak-anak, namun tidak ada mangaka yang bisa tetap memproduksi komik kalau orang-orang hanya numpang membaca di toko buku tanpa membelinya, atau membelinya dari Yahoo! Auctions atau toko buku bekas. Mangaka tidak bisa hidup. Tapi banyak orang dewasa yang melakukan hal tersebut padahal mereka sadar dengan situasinya. Kalau kamu ingin mendukung mangaka, tolong beli manga-mu baru, di toko-toko, sesering kamu bisa.”

Beberapa respon untuk tweet tersebut mengusulkan supaya pembaca menyarankan sebuah sistem dimana mangaka mendapatkan persenan dari penjualan buku bekas. Tapi bagaimana caranya?

Sumber: Crunchyroll