[Midseason Review] Amanchu!

August 12, 2016 10:13 am
[Midseason Review] Amanchu!

Tampaknya kita kelewatan momen untuk 3 Eps Rule. Mohon dimaklumi karena bagi saya, anime musim ini (setidaknya watchlist saya pribadi) sedikit unik. Dihadang anime healing dan “hawawa” yang susah ditebak dari 3 episode saja mungkin salah satu penyebab (atau alasan ngeles) utama. Jadi mari buka Midseason Review dengan salah satu anime healing yang saya HYPE beberapa waktu lalu; Amanchu!

Amanchu! adalah karya berikutnya dari pengarang Aria, Kozue Amano yang bercerita tidak jauh dari tema yang tampak menjadi favorit sang mangaka, air. Bercerita tentang Kohinata Hikari, seorang diver yang juga siswi SMU di Izu dan sahabat barunya, Ooki Futaba yang baru pindah dari Tokyo ke kampung pinggir laut tersebut. Bersama mereka menjalani kehidupan baru sebagai murid SMU dan tergabung dalam klub selam disana.

Healing A la Kozue Amano

Sejak tahun lalu memang saya pribadi sedang tergila-gila dengan anime bertipe healing, genre yang tampak bakal tak terjamah oleh Urobuchi sepanjang hayatnya. Bisa dibayangkan bagaimana reaksi saya saat mengetahui karya baru sang maestro SoL, Kozue Amano yang sukses membawa kita ke ketenangan Neo Venezia bersama sang pengayuh gondola di Aria akan mendapatkan adaptasi anime. Beberapa poin membuat saya cukup skeptis seperti apakah animasinya akan mendukung, apakah lagunya akan sesuai harapan, dan lainnya. Tapi semua keraguan saya langsung dibantah di episode pertama.

Amanchu-16

Jempol 3 bagi J.C. Staff karena berhasil membawakan keindahan dan kecantikan para karakter beserta lingkungannya yang begitu menyejukkan hati dengan sangat stabil sepanjang 5 episode ini. Transisi antara animasi puitis dan juga adegan komedik juga sangat halus. Oh betapa saya sangat mencintai ekspresi “/\” Katori-sensei dan Teko-chan di versi animasinya. GONTITI juga terdengar mampu membawakan atmosfer cerita dengan baik bersama iringan lagu tenangnya. Meskipun memang jauh dari Aria, tapi apa mau dikata, tema dan karakterisasinya saja berbeda. (Ingat Aria punya karakter “diva” dalam serialnya)

Sports Anime??

Hal lain yang membuat Amanchu! berbeda dengan karya Amano lainnya adalah bisa dibilang, Amanchu! adalah manga semi-sport. Dengan mengusung scuba diving sebagai tema utama, kita juga akan dikenalkan dengan beberapa dasar dari olahraga indah satu ini. Bagi yang kemarin ketiduran pas nonton Aria, Amanchu! mungkin akan bisa membuatmu sedikit lebih tersadar saat menontonnya.

maxresdefault

Tapi bagi kalian yang butuh asupan jiwa seperti saya, tenang saja karena boleh dibilang aspek “sport“nya sangat minim disini. Setidaknya hingga episode 5. Kalian masih bisa menikmati Amanchu! sambil menyeruput teh hangat di sore hari sambil makan biskuit dengan tenang, sesekali tertawa, dan mungkin ngantuk karena saking damainya anime ini.

Verdict: Healing/10

7dOLppA

Memang Amanchu! bukanlah anime yang bisa dinikmati semua kalangan, apalagi di musim tren “dunia lain” seperti sekarang. Bagi kalian yang berdarah panas dan berjiwa muda, pencari petualangan mungkin akan mau menghindari serial yang satu ini. Namun bagi kalian yang sedang diterpa cobaan hidup, jemu dengan keseharian sebagai anggota masyarakat dan tanggung jawab lainnya, Amanchu! bisa jadi pengingat bagus bahwa masih ada hal indah di dekat kita yang bisa kita nikmati tanpa harus takut akan segala hal lainnya.

BTW bait yuri-nya kental banget loh. Mungkin kalian yang demen yuri bisa coba juga.