[Celebrity Sunday] Tatsuhisa Suzuki

August 14, 2016 3:00 pm
[Celebrity Sunday] Tatsuhisa Suzuki

Celebrity Sunday kali ini akan membahas tentang seiyuu yang bernama Tatsuhisa Suzuki. Seperti seiyuu laki-laki pada umumnya, seiyuu yang akrab dipanggil Tattsun ini sebagian besar penggemarnya adalah perempuan karena suaranya yang seksi dan tampangnya yang ikemen.

Tatsuhisa menjadi seiyuu karena dia suka dengan seri The A-Team dari Amerika dan kemudian mengetahui bahwa ada versi dubbing-nya di Jepang. Karena itu, Tatsuhisa pun mulai tertarik dengan pekerjaan yang di depan mic. Untuk mengejar mimpinya, Tatsuhisa pun masuk ke Nihon Narration Engi Kenkyuujo. Tetapi dia masuk cabang Nagoya karena dia tinggal di prefektur Aichi. Setelah 3 tahun belajar, Tatsuhisa bergabung dengan agensi I’m Enterprise. Tetapi karena peraturan agensinya, dia harus pindah ke Nihon Narration Engi Kenkyuujo cabang Tokyo dan belajar selama setahun.

celeb-sunday-tatsuhisa-suzuki-2

Pria kelahiran tahun 1983 ini akhirnya debut sebagai seiyuu dalam anime Dear Boys yang tayang pada tahun 2003 dan mengisi suara Tsutomu Ishii. Tetapi sebenarnya Tatsuhisa pernah debut lebih dulu pada pertengahan 2002 dengan mengisi suara di radio drama. Tidak lama setelah itu, Tatsuhisa memulai karirnya sebagai penyanyi. Dalam event Saint Beast di tahun 2004, dia bernyanyi lagu “Black or White?.” Ternyata dalam event itu ada direktur Lantis yaitu Junji Inoue. Mendengar lagunya, Inoue pun mengajak Tatsuhisa untuk menjadi penyanyi.

Single pertamanya adalah Just a Survivor yang menjadi lagu opening dari anime BL Suki na Mono wa Suki Dakara Shouganai!!. Tatsuhisa sempat aktif selama beberapa tahun dengan menggunakan namanya sendiri. Tetapi pada tahun 2009, dia membentuk OLDCODEX pada tahun 2009. Sebagai OLDCODEX, Tatsuhisa sering menyanyikan lagu-lagu untuk anime yang dia perankan. Setelah karirnya yang cukup lama, Tatsuhisa akhirnya mendapatkan penghargaan pada Anime Grand Prix ke-37 dari Animage pada tahun 2015. Dia mendapatkan penghargaan Grand Prix di kategori seiyuu.

celeb-sunday-tatsuhisa-suzuki-4

Tatsuhisa adalah penggemar Kamen Rider Black. Karena itu, akhirnya dia bisa berpartisipasi dalam seri Kamen Rider. Dia mengisi suara Kit dalam Kamen Rider Dragon Knight yang merupakan versi Amerika dari Kamen Rider Ryuuki. Tetapi dia sedikit kecewa karena pada saat berubah, karakternya tidak berteriak henshin. Dia sempat berdiskusi dengan sutradaranya untuk diubah kembali ke henshin, tetapi sayangnya permintaannya ditolak.

celeb-sunday-tatsuhisa-suzuki-1

Beberapa contoh karakter yang suaranya diisii oleh Tatsuhisa adalah:

  • Ban dari Nanatsu no Taizai
  • Makoto dari Free!
  • Noctis dari Final Fantasy XV
  • Tou dari Dagashi Kashi
  • Valkana dari Mayoiga

celeb-sunday-tatsuhisa-suzuki-3
Salah satu hal yang paling menarik dari Tatsuhisa Suzuki adalah perilakunya dalam acara live atau pun livestream. Meski suaranya sering membuat banyak perempuan jatuh hati, kelakuannya dalam berbagai acara sering membuat banyak orang tertawa. Kelakukannya akan semakin “menggila” apabila dia bertemu dengan seiyuu lainnya yang sama-sama berasal dari I’m Enterprise, contohnya adalah Hiro Shimono, Maaya Uchida, dan Yoko Hikasa. Karena ini, agensi I’m Enterprise menjadi terkenal agensi yang dipenuhi dengan seiyuu yang sering bercanda.