[Waifu Wednesday] Shoukaku

August 17, 2016 5:00 pm
[Waifu Wednesday] Shoukaku

Kembali ke dunia kapal-kapalan, karena sepertinya sudah cukup lama setelah saya membahas mengenai kanmusu and the list goes on and on and on and on. Kali ini saya ingin membahas seorang calon waifu yang waifu banget, saya yakin banyak dari kamu suka dengan karakter yang satu ini. Sayang, dia juga sering menjadi target ‘bully‘ dalam ‘karya penggemar‘ yang membuatnya sedikit ‘rentan terhadap serangan karakter lain.’

Menurut Bukan_Randy, artikel minggu ini juga seharusnya bukan dinamakan Waifu Wednesday, tapi Rabu Kelabu. Yang manakah yang paling cocok menurutmu?

JOI - waifu wednesday shoukaku (2)

Siapa lagi kalau bukan Shoukaku dari Kantai Collection. Kapal pertama dari Shoukaku-class yang juga adalah seorang kakak yang caring terhadap adik semata wayangnya, Zuikaku ini adalah kapal yang cukup naas. Bila di dalam game lucknya begitu rendah karena seringnya Shoukaku rusak dalam medan peperangan, walaupun sang adik biasanya lolos tanpa luka.

Shoukaku sebenarnya adalah seorang waifu material yang baik, salah satu yang terbaik dibandingkan para kanmusu di dalam KanColle-verse. Kenapa saya bisa berpendapat demikian? Mari kita bahas kenapa dia pantas untuk diangkat dalam spotlight Waifu Wednesday minggu ini.

+ Caring Onee-san

JOI - waifu wednesday shoukaku (12)

Sebagai kapal pertama dari Shoukaku-class, Shoukaku sepertinya memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi supaya bisa menjadi panutan adiknya Zuikaku. Walaupun sepertinya sifat temperamental Zuikaku (apalagi kalau bertemu Kaga) sepertinya sudah susah untuk diperbaiki. Tapi Shoukaku sangat peduli terhadap adik semata wayangnya tersebut. Banyak karya penggemar yang menggambarkan dia berani menerima tembakan demi melindungi sang adik.

Hal itu juga mungkin dapat berlaku kepadamu, sebagai seorang admiral yang ingin mengambil hati dari carrier berambut perak ini. Banyak karya penggemar yang menggambarkan kehidupan yang bahagia antara Shoukaku dan para admiralnya. Memperlihatkan Shoukaku sebagai onee-san yang peduli terhadap pasangannya.

JOI - waifu wednesday shoukaku (9)

At least sampai ada admiral lain dari pangkalan sebelah muncul.

+ Her well mannered kindness

JOI - waifu wednesday shoukaku (11)

Mungkin memang sudah sifatnya yang sopan dan santun membuatnya juga memiliki sifat yang begitu manis dan baik. Bila adiknya selalu bermasalah dengan Kaga, terutama karena memang keduanya sepertinya tsundere antara satu sama lain, Shoukaku-lah yang biasanya menengahi mereka. Setidaknya dialah yang akan menasihati Zuikaku dan meminta maaf kepada Kaga.

Memiliki waifu yang dewasa dan santun juga adalah sebuah kelangkaan di pangkalan kanmusu, karena kebanyakan dari pangkalanmu pasti isinya destroyerkanmusu gila perang sampai lupa menikah seperti Ashigara, dan kanmusu yang sepertinya lebih peduli otot seperti Musashi dan NagatoAnd to think that I’ve had Nagato as waifu…

+ Her bad luck… might be a cute thing

JOI - waifu wednesday shoukaku (6)

Para pemain gamenya pasti sudah menyadari kalau luck Shokaku bukanlah yang terbaik, termasuk dalam kelompok yang haus akan Maruyu membuatnya sering terkena musibah, baik yang kecil maupun yang besar. Namun anggap kamu sekarang memiliki pasangan yang anggun dan santun, tapi juga dojikko atau ceroboh. I thought of that as a cute thing, as long as it’s not anything major.

+ She might have a different side deep down inside her personality

JOI - waifu wednesday shoukaku (5)

Ada beberapa diskusi yang mengatakan kalau sebenarnya Shoukaku adalah seorang pribadi yang passive-aggresive. Artinya dia tidak menunjukkan ketidaksukaannya, namun menyamarkannya dengan kata-kata yang halus. Terutama kalau kamu mendengar MVP line Shoukaku yang berbunyi, “Terima kasih kepada kapal-kapal pendukung…” di mana beberapa orang menganggap Shoukaku merendahkan kapal-kapal lain.

Dalam anime-nya pun dia sempat mengatakan Kaga adalah seorang supporting ship atau escort ship, menganggapnya tidak seperti senpai tapi kapal pengiring. Hal ini membuat teori kalau Shoukaku sebenarnya tidak ‘sesuci’ yang dibayangkan banyak orang.

JOI - waifu wednesday shoukaku (4)

Apakah kamu juga sudah melihat string pantsu Shoukaku di anime-nya? Mungkin Shoukaku juga sebenarnya adalah seorang gadis yang agak ‘nakal’.

+ Warna bajunya merah putih

Apakah kamu sudah sadar kalau baju Shoukaku sebenarnya berwarna merah putih? Sama seperti bendera Indonesia lho! Selamat hari kemerdekaan Indonesia!

JOI - waifu wednesday shoukaku (7)

Ini cuma bercandaan, harap dilupakan.

Dari banyaknya kelebihan Shoukaku yang sangat cocok untuk menjadi waifu, saya masih cukup ragu untuk menjadikan kanmusu yang satu ini menjadi waifu. Mungkin banyak dari kekhawatiran saya terkait kepada status luck-nya yang cukup kecil, membuatnya agak rentan terhadap dorongan dari ‘faktor eksternal‘ untuk ‘pindah haluan‘ dari hubungan yang sudah ada.

Kira-kira kenapa saya takut meminang waifu yang seemingly perfect ini? Mari kita bahas alasannya di bawah ini.

– Lucknya yang kecil mungkin berbahaya

Walaupun dojikko memang imut, tapi sepertinya akan mengkhawatirkan juga bila dia akan sering tertimpa kesialan yang cukup besar. Walaupun sepertinya penyakit bad luck Shoukaku tidak separah Fusou atau Yamashiro, namun sepertinya kamu harus menjaga waifu yang satu ini dengan usaha ekstra keras supaya tidak terjadi apa-apa yang buruk kepadanya.

JOI - waifu wednesday shoukaku (3)

Apakah kamu bisa meluangkan waktu, tenaga, dan segala macam sumber daya untuk melindungi Shoukaku dari marabahaya? Saya harap sih bisa, terutama bahaya yang akan dijabarkan di bawah ini.

– Target empuk admiral lain

Entah siapa yang memulai tren tersebut, namun Shoukaku sepertinya adalah target empuk NTR dari admiral-admiral lain di banyak karya penggemar. Walaupun memang tidak jarang kanmusu lain menjadi korban perlakuan yang sama, salah satu karya yang berjudul “Aku Tidak Bisa Kembali ke Pangkuan Laksamana” menjadi sebuah simbol yang begitu melekat kepada kapal malang yang satu ini. Ceritanya memang berakhir cukup manis, tapi tragisnya perjalanannya sampai bisa kembali ke pangkuan Laksamana mungkin kurang baik untuk dinikmati kamu yang berhati kaca.

JOI - waifu wednesday shoukaku (8)

Sejak saat itu, Shokaku sepertinya mulai menjadi simbol kapal yang mudah untuk di-NTR, baik dalam doujin maupun fan artIt’s so bad that I felt sorry everytime I see her picture. Jadi itu adalah tugasmu untuk mengusir admiral-admiral nakal yang mungkin sudah memasukkan Shoukaku milikmu dalam daftar mesumnya.

Sedia payung sebelum hujan, hajar dulu sebelum kejadian.

Jadi, Shoukaku mungkin adalah kanmusu yang cukup unik, memiliki banyak kelebihan sebagai seorang waifu, santun dan pastinya devoted kepadamu, tapi rentan terhadap faktor luar. Apalagi bila kamu meninggalkannya sendirian. Jadi, salah satu solusi saya supaya Shoukaku tidak ‘direbut’ oleh orang lain termasuk selalu bersamanya selama 24 jam, 7 hari seminggu, 365 hari setahun.

JOI - waifu wednesday shoukaku (10)

Karena tidak ada yang bisa mengetahui apa yang akan terjadi saat kamu melepaskan pandanganmu dari waifu idamanmu tersebut. You see that admiral over there? Yea the old one right there, teach him a lesson not to go near your waifu. Shoukaku mungkin akan membuatmu sedikit kasar terhadap admiral lain, terutama atasan yang suka dekat-dekat dengan kanmusu milikmu. Tapi apapun untuk cinta, ya nggak?

Apakah ada kanmusu lain yang ingin kamu lihat dibahas oleh JOI? Enaknya siapa ya?