[First Impression] Super Robot Wars OG: The Moon Dwellers

August 22, 2016 6:00 pm
[First Impression] Super Robot Wars OG: The Moon Dwellers

Seri Super Robot Wars adalah seri yang disukai oleh para penggemar mecha karena mengumpulkan berbagai mecha favorit mereka dalam 1 game. Meski begitu, SRW juga menghadirkan berbagai mecha orisinal di masing-masing game-nya. Karena itu, Bandai Namco membuat subseri Super Robot Wars Original Generation yang hanya mengumpulkan mecha-mecha orisinal dari berbagai game sebelumnya. Sekarang, entri terbarunya yang berjudul “Super Robot Wars OG: The Moon Dwellers” telah dirilis.

Rilis kali ini cukup spesial karena SRW OG: The Moon Dwellers mendapatkan versi Inggris khusus untuk wilayah Asia. Seri SRW sangat jarang mendapatkan versi Inggris karena terdapat masalah lisensi untuk mecha-mecha yang berasal dari anime. Selama ini, hanya ada 3 game saja yang mendapatkan versi Inggris dan semuanya adalah bagian dari subseri Original Generation: Super Robot Wars: Original Generation (GBA, 2006), Super Robot Wars: Original Generation 2 (GBA, 2006), Super Robot Wars OG Saga: Endless Frontier (DS, 2009).

first-impression-srw-og-md-6

Game ini merupakan perayaan 25 tahun dari seri Super Robot Wars dan menceritakan kisah orisinal dari Super Robot Wars J, Super Robot Wars GC/XO, awal dari 3rd Super Robot Wars Alpha: To the End of the Galaxy, dan Great Battle 2. Ceritanya dimulai ketika sebuah institut pembuatan mecha di bulan bernama Ashuari Kreuzel dihancurkan oleh pasukan yang tidak dikenal. Pada saat diserang, Calvina dan Tenia yang merupakan test pilot dari Bellzelute sedang melakukan uji coba penerbangan. Mereka berhasil selamat dari serangannya dan ingin melakukan balas dendam kepada pasukan yang menghancurkan tempat mereka tinggal.

first-impression-srw-og-md-2

Gameplay yang Tidak Berubah

Kalau kalian sudah lama bermain game SRW, pastinya gameplay dari The Moon Dwellers sudah tidak asing lagi bagi kalian. Gameplay masih serupa yaitu berupa tactical RPG dan kalian harus menyusun strategi agar bisa membasmi musuh dengan efektif. Beberapa fitur khas SRW pun masih tetap ada seperti Twin Unit, Chain Attack, Maximum Break, dan masih banyak lainnya. Secara garis besar, The Moon Dwellers tidak menghadirkan banyak perubahan dari gameplay-nya.

first-impression-srw-og-md-3

Jika kalian baru pertama kali bermain Super Robot Wars karena seri SRW akhirnya hadir dalam bahasa Inggris lagi, kalian tidak perlu khawatir akan kebingungan karena terlalu banyak fitur yang tidak kalian kenali. Bandai Namco menghadirkan fitur berupa tutorial yang menjelaskan masing-masing fitur dengan detil. Tidak hanya itu, kalian juga bisa bermain dalam Beginner Mode yang membuat gameplay menjadi lebih mudah.

first-impression-srw-og-md-8

Animasi Pertarungan yang Indah

Kalau kita berbicara soal SRW, tentu yang paling ingin dilihat adalah animasi serangan. The Moon Dwellers menghadirkan animasi pertarunganyang sangat smooth dan membuat kalian hype karena serangan yang dilakukan mecha sangat keren. Kalau kalian ingin bertarung dengan cepat, animasi ini bisa kalian percepat atau skip.

first-impression-srw-og-md-9

Yang sedikit membuat saya kecewa adalah aset animasi dan sprite masih menggunakan aset dari game-game sebelumnya. Jadi beberapa animasi, terutama pada saat melakukan close-up dengan mecha-nya, kalian bisa melihat gambarnya sedikit pecah, apalagi bermain di PS4 (versi Inggris hanya ada di PS4) dan menggunakan TV dengan layar yang besar.

Penerjemahan yang Berantakan

Meski SRW akhirnya hadir dalam versi Inggris lagi setelah sekian lama, The Moon Dwellers menghadirkan terjemahan yang sedikit mengecewakan. Kemungkinan besar masalah ini muncul karena yang menangani translasinya adalah Bandai Namco Entertainment Asia. Karena itu, kemungkinan besar yang menangani translasi bukanlah orang yang menggunakan bahasa Inggris sebagai native language ataupun kurangnya editor yang kompeten. The Moon Dwellers memiliki banyak tatabahasa yang kurang bagus sehingga membuat kalimat jadi lebih sulit untuk dipahami dan sering tidak konsisten.

first-impression-srw-og-md-1

Aspek terjemahan lainnya yang cukup mengecewakan adalah dihapusnya rangkuman cerita dari Super Robot Wars Original Generation dan Super Robot Wars Original Generation 2. Hal ini akan membuat kalian bingung dengan ceritanya apabila belum pernah main game-game sebelumnya. Apalagi banyak istilah-istilah yang khusus untuk seri game ini. Di satu sisi, saya mengerti Bandai Namco Asia memutuskan untuk menghapus rangkuman ceritanya. Jumlah teks dalam game ini sangat banyak. Selain teks dialog, kalian bisa menekan tombol kotak pada saat dialog untuk melihat informasi mengenai kata kunci yang ditandai dan jumlahnya sangat banyak. Tetapi di sisi lainnya, saya jadi kebingungan main game ini karena para karakter selalu membicarakan kejadian di game-game sebelumnya.

Verdict: Membuka Jalan Baru untuk seri Super Robot Wars

Meski ada banyak kekuarangan dari segi penerjemahan, Super Robot Wars: The Moon Dwellers masih memberi kepuasan kepada para penggemarnya karena akhirnya seri Super Robot Wars hadir kembali dalam bahasa Inggris. Tidak hanya itu, game ini juga membuka jalan baru bagi Bandai Namco untuk menghadirkan game-game mereka yang tadinya hanya tersedia dalam bahasa Jepang saja.

first-impression-srw-og-md-4

Super Robot Wars V yang merupakan entri terbaru awalnya dikira tidak akan mendapatkan versi Inggris karena banyak mecha dari anime. Tetapi Bandai Namco Asia mengumumkan kejutan bahwa mereka siap menghadirkan versi Inggrisnya karena mereka tidak perlu repot menghadapi pemegang lisensi anime di Amerika. Tidak hanya itu, SD Gundam G Generation Genesis yang dikerjakan oleh Bandai Namco juga dan memiliki gameplay yang sedikit mirip dengan seri SRW akan mendapatkan versi Inggris juga, khusus untuk wilayah Asia.

first-impression-srw-og-md-5

Untuk ke depannya, saya berharap Bandai Namco Asia sudah belajar dari Sword Art Online: Hollow Fragment (yang bahasa Inggrisnya cukup kacau hingga harus rilis ulang lagi dengan translasi baru) dan Super Robot Wars OG: The Moon Dwellers. Saya ingin hal ini terjadi agar Super Robot Wars V dan SD Gundam G Generation Genesis tidak mengalami nasib yang sama dengan 2 game tersebut, memiliki terjemahan yang berantakan.