[Monday Music] MONACA

August 22, 2016 5:30 pm
[Monday Music] MONACA

Untuk Monday Music kali ini, saya akan membahas tentang MONACA. Mungkin kalian tidak pernah mendengar nama grup musik ini, tetapi saya bisa jamin pasti kalian sudah pernah mendengar lagu-lagu karangan mereka.

MONACA bisa dibilang adalah pisahan dari Namco (sekarang bernama Bandai Namco). Pada tahun 2001, Keiichi Okabe yang kini terkenal menggubah musik seri NieR, Tekken, dan lainnya keluar dari Namco. Di tahun 2004, dia mendirikan MONACA dan berfokus mengerjakan musik untuk game dan film CG. Di tahun 2004, Satoru Kousaki yang berasal dari Namco juga ikut bergabung dengan grup ini dengan alasan ingin mengerjakan musik untuk berbagai media. Setelah Kousaki bergabung, mereka pun mulai banyak mengerjakan musik untuk anime.

Alasan Okabe memilih nama MONACA karena apabila ditulis dengan kanji, ditulis 最中 yang berarti tepat ditengah-tengah. Jadi, dia ingin MONACA menjadi pusat di industri hiburan dan bisa menghibur kapan pun. Selain itu, MONACA juga bisa berarti wafer yang berisikan selai kacang. Jadi grup ini juga ingin seperti kacang merah di dalam wafernya, membuat rasa yang kental.

Kenapa sebelumnya saya mengatakan berani menjamin bahwa kalian pasti pernah mendengar lagu karangan MONACA? Sesuai dengan target mereka, MONACA mengerjakan musik untuk berbagai anime dan game, mulai dari judul yang tidak kalian tidak kenal hingga yang sangat terkenal. Tidak hanya itu, biasanya lagu-lagu karangan mereka biasanya disukai oleh banyak orang, mulai dari sekedar lagu latar hingga tema. Serial Suzumiya Haruhi no Yuuutsu dan Lucky Star musiknya digubah olah mereka, baik musik latar dan lagu tema. Setelah mengerjakan 2 anime ini, nama mereka mulai terkenal.

Di sisi game, grup ini juga sering mengerjakan untuk game-game yang terkenal contohnya The Idolm@ster, Tekken, Taiko no Tatsujin, dan masih banyak lainnya. Kalau kalian lihat portofolionya, mereka sering mengerjakan musik untuk Bandai Namco. Hal ini tidak aneh karena banyak staff-nya adalah mantan staf dari Bandai Namco, jadi mereka cukup dekat.

Untuk menyebutkan seluruh daftar lagu MONACA cukup sulit karena seri yang dikerjakan oleh mereka ada banyak. Tetapi salah satu hal yang menarik bagi saya adalah mereka mengerjakan lagu untuk 3 seri yang bertemakan idol yaitu The Idolm@ster, Aikatsu!, dan Wake Up, Girls!.

Saat ini staff komposer dari MONACA terdiri dari:

  • Keiichi Okabe
  • Yuri Misumi
  • Satoru Kousaki
  • Ryuichi Takada
  • Kakeru Ishihama
  • Keigo Hoashi
  • Hidekazu Tanaka
  • Keiichi Hirokawa
  • Kuniyuki Takahashi
  • Shotarou Seo

Kalian bisa mengikuti MONACA lewat Twitter.