[Pre-AFA 2016 Exclusive Interview] Aimer

August 23, 2016 17:00
[Pre-AFA 2016 Exclusive Interview] Aimer

Dalam wawancara kali ini, JOI akan bertanya kepada salah satu penyanyi dengan suara paling powerful yang pernah saya dengar. Aimer, adalah penyanyi yang pertama kali merebut hati saya saat mendengarkan lagunya dinyanyikan di akhir seri Gundam Unicorn memang memiliki suara yang tidak ada duanya.

Tidak cukup dengan itu saja, tapi Aimer juga sering bekerja sama dengan komposer jenius Sawano Hiroyuki, dan lagu Ninelie yang dinyanyikannya dalam seri Kotetsujou no Kabaneri mungkin salah satu lagunya yang terbaik. Aimer juga pernah berkolaborasi bersama salah satu band favorit saya, ONE OK ROCK di konser mereka tahun 2015 lalu.

JOI - aimer exclusive pre afa 2016 interview (2)

Penasaran dengan wawancara kami dengan Aimer? Mari kita lihat di bawah ini:

 

インドネシアでのライブは今回が初めてですか?どのような準備をしていますか?

Is this your first live in Indonesia? How are you preparing for it?

Apakah ini kesempatan live pertamamu di Indonesia? Bagaimana caramu mempersiapkan dirimu?

 

今回が初めてで、とても楽しみにしています。

言語が違っても音楽で素敵な時間を共有できるように、心地よい声の響きを研究しています。

インドネシアという場所について個人的に調べ、行きたい気持ちを膨らませています。

This will be my first live performance in Indonesia and I’m looking forward to it. Although we have a language barrier, I want to share special moments with fans through music, so I’m studying how I can make my voice sound good.

Also I`m studying about Indonesia and my heart is getting filled with full of expectations!

Ini akan menjadi pengalaman live pertamaku di Indonesia dan aku sangat menantikannya. Walaupun ada kendala bahasa, aku ingin membagi momen spesial kepada para penggemar lewat musik, jadi aku sedang belajar bagaimana membuat suaraku terdengar merdu.

Aku juga mempelajari banyak tentang Indonesia, hatiku makin penuh dengan ekspektasi!

 

澤野弘之さんとのコラボレーションの経験がおありかと思いますが、それはどのようなものでしたか?

You have collaborated with Hiroyuki Sawano several times. How is it like to work with him?

Kamu sudah berkolaborasi beberapa kali dengan Hiroyuki Sawano. Bagaimana rasanya bekerja dengannya?

 

澤野弘之さんとは「RE: I AM」という曲で初めて楽曲提供をしていただいて、それから何度もご一緒させていただいています。それまでのわたしは比較的静かな曲を歌うことが多かったのですが、澤野さんと出会ってからは力強い曲も歌うようになりました。“静と動”のコントラストが大きくなり、Aimerとしての世界観を広げていただきました。

First collaboration with Mr. Hiroyuki Sawano was at my single 「RE:I AM」 and after that we have collaborated many times. I used to sing quiet songs a lot before, but after I started to work with Mr. Sawano, I started to sing powerful songs, too. By working with him, I feel the contrast between stillness and movement became large in me and also he has expanded my interpretation of the world as Aimer.

Kolaborasi pertamaku dengan Hiroyuki Sawano adalah lewat single 「RE:I AM」dan setelah itu kami berkolaborasi berkali-kali. Aku biasanya menyanyikan lagu yang santai sebelum, namun sejak aku bekerja dengan Sawano-san, aku mulai bernyanyi lagu-lagu yang kuat. Bekerja dengannya membuatku merasakan kontras antara diam dan bergeraknya diriku menjadi besar, hal itu mengubah interpretasiku terhadap dunia sebagai Aimer.

 

Aimerさんは音楽に関して幼い頃から、バンドをなさっていたお父様の影響を受けていらっしゃると思います。デビュー以降はアニメの主題曲を歌うことも多いと思いますが、個人的にはアニメはお好きですか?また最も好きなアニメは何ですか?

You’re already close with music since little because you’re father has a band. But since your debut, you have sung many anisong. Do you personally like anime and what is your favorite anime?

Kamu sudah dekat dengan musik sejak kecil karena ayahmu berada dalam sebuah band. Tapi sejak debutmu, kamu menyanyikan banyak anisong. Apakah kamu secara pribadi suka dengan anime dan anime apakah yang menjadi favoritmu.

 

アニメーションは芸術として大好きです。小さい頃から宮崎駿監督作品はよく観ていて、ジブリ作品はすべて好きですが、特に好きなのは「天空の城ラピュタ」。また、今敏(こんさとし)監督作品も好きです。

「東京ゴッドファーザーズ」など。フランスのアニメーター、シルヴァン・ショメの「ベルヴィルランデブー」というアニメーション映画もお気に入りです。

I like animation as an Art. I`ve been watching Hayao Miyazaki`s films since I was little, and I like all films of STUDIO GHIBLI. 「LAPUTA: Castle in the Sky」is one of my favorite. I also like Satoshi Kon`s film such as 「Tokyo Godfathers」  and I like French animator Sylvain Chomet`s animation movie 「The Triplets of Belleville」.

Aku suka animasi sebagai sebuah bentuk seni. Aku sudah menonton film Hayao Miyazaki sejak aku kecil dan aku suka semua film buatan STUDIO GHIBLI. LAPUTA: Castle in the Sky adalah salah satu favoritku. Aku juga suka film Satoshi Kon seperti Tokyo Godfathers, dan aku juga suka karya animator Prancis Sylvain Chomet, The Triplets of Belleville.

 

どんなアーティストから音楽的な影響を受けていますか?

Who are your musical inspirations?

Siapakah inspirasi musikmu?

 

日本の音楽では、「スピッツ」というバンドに多大なる影響を受けました。
メロディーも歌詞もとても好きで、特にスピッツの歌詞は、日本語での音楽の美しさを教えてくれました。今でも大好きです。

I got massive musical inspiration from Japanese band「SPITZ」. I love their melody and lyric. Especially I learned the beauty of music in Japanese from their lyrics. I’m still a big fan of them.

Aku mendapatkan banyak inspirasi dari band Jepang, SPITZ. Aku senang melodi dan lirik mereka. Terutama aku belajar mengenai indahnya musik dalam Jepang dari mereka. Aku masih menjadi penggemar mereka sampai sekarang.

 

最も公演してみたい、特別な場所はありますか?

Do you have any special place, where you would like to perform the most?

Apakah kamu punya sebuah tempat yang spesial, dimana kamu paling ingin tampil?

 

インドネシアで公演したい場所については、まだ詳しくなくこれから学びたいと思っています。不可能だと思いますが、イスティクラル・モスクの中で歌うことができたら素敵だろうなと想像したりしています。日本では、特別な場所をひとつ選ぶのは難しいですが、次のツアーのファイナルの会場・国際フォーラムホールAは、荘厳な佇まいと音の響きが大好きなお気に入りのホールです

I`m still learning about Indonesia, so I can`t choose one specific place, but I imagine myself that it would be great performing inside of Masjid Istiqlal, it would be impossible though. In Japan, it’s difficult to choose one place, but 「TOKYO INTERNATIONAL FORUM A」where I`m going to perform the final show on my next tour is one of my favorite venue. I like its magnificent appearance and beautiful sound.

Aku masih mempelajari tentang Indonesia, jadi aku tidak bisa memilih tempat yang spesifik, tapi aku rasa sepertinya akan sangat hebat bila aku bisa pentas di dalam Masjid Istiqlal, rasanya tidak akan mungkin sih. Di Jepang, sulit rasanya untuk memilih 1 tempat, tapi Tokyo International Forum A adalah dimana aku akan tampil dalam acara final tur berikutnya dan merupakan venue favoritku. Aku suka penampilannya yang  luar biasa dan suaranya yang indah.

 

澤野弘之さん、EGOISTのchellyさんとのコラボ作業はどうでしたか?

How is it working with Sawano Hiroyuki and chelly from EGOIST?

Bagaimana rasanya bekerja bersama Sawano Hiroyuki dan Chelly dari EGOIST?

 

今回は「ninelie」でそのお二人とご一緒しました。

澤野さんとはAimerとしての楽曲では詞曲を書いていただくのは3作目ですが、今回の曲は静けさの中に力強さが見え隠れした、今までとも一味違う曲で、嬉しかったです。

chellyさんは個人的に好きなボーカリストの一人で、今回このような形でコラボレーションが実現できて光栄でした。同じレコーディングスタジオで交互にボーカルを入れていく作業はとても新鮮で、いつも以上に刺激的な時間になりました。

I worked with both of them on my single「ninelie」. This is the 3rd time Mr.Sawano writes a song for me. This time, it’s a quiet song, but you can feel massive power hidden inside of the song. It was quite different from other songs he wrote before, so I was happy with it.

chelly is one of my favorite vocalists and it was honor to collaborate with her this time. It was fresh and new experience, having our vocals recorded alternately at the recording studio and I had an exciting time ever.

Aku bekerja bersama keduanya dalam single ninelie. Ini adalah kali ketiga Sawano-san menulis lagu untukku. Kali ini, lagunya santai, tapi kamu bisa merasakan sebuah kekuatan yang besar tersembunyi dalam lagu tersebut. Rasanya berbeda dengan lagu-lagu lain yang ditulisnya sebelumnya jadi aku cukup bahagia karenanya.

Chelly adalah salah satu vokalis favoritku dan adalah sebuah kebanggaan dapat bekerja sama dengannya kali ini. Rasanya segar dan baru, mendengar vokal kami direkam bersamaan dalam studio rekaman dan aku merasakan waktu yang menyenangkan bersamanya.

Sampai disini saja wawancara kami bersama Aimer, jangan lupa untuk membaca wawancara kami bersama artis-artis lainnya ya. AFA ID 2016 semakin dekat, jadi hanya tinggal masalah waktu sampai kamu bisa bertemu dengan artis idolamu masing-masing.