[Waifu Wednesday] Haru Onodera

August 31, 2016 6:30 pm
[Waifu Wednesday] Haru Onodera

Rasanya waktu berjalan begitu cepat, ternyata hari ini sudah menginjak hari Rabu artinya kita sudah harus membahas waifu lagi. Mumpung serinya juga sudah habis dan saya juga sempat berjanji akan membahas gadis yang satu ini, adik dari salah satu heroine yang paling dicintai dari serinya, siapa lagi kalau bukan Haru Onodera dari seri Nisekoi.

Adik dari Onodera Kosaki yang satu ini mungkin memang bukan seorang pemeran utama, dia juga tidak memiliki waktu tampil sebanyak heroine yang lainnya. Namun karena satu dan hal lain, kemunculannya di seri ini menyita cukup banyak perhatian saya. Jauh lebih banyak dari kakaknya yang jelas. Sama seperti Ruri, Haru memang tidak ditakdirkan bersama Raku, karena itu mungkin lebih mudah untuk mendapatkannya.

JOI - waifu wednesday haru onodera (5)

Haru adalah seorang gadis yang energetik dan imut, dia manis dan memiliki sebuah sense of duty yang tinggi apalagi terhadap kakaknya. Sering kali dia berani mengorbankan perasaannya sendiri terhadap Raku untuk melihat kakaknya bisa bersanding dengan sang pangeran impian, namun sayang akhirnya dia menyerah juga. Truthfully, she’s far too much for the likes of Raku.

Lalu apakah sang adik merupakan seorang waifu yang lebih baik dari sang kakak? Mari kita bahas kelebihan seorang Haru sebagai pasangan hidup kamu di bawah ini:

+ Her delusional side

JOI - waifu wednesday haru onodera (9)

Saat bertemu dengan Raku pertama kalinya, Haru tidak sengaja menganggapnya sebagai seorang pangeran ganteng yang menyelamatkannya. When in fact, the prince itself is Raku. Namun lucunya, Raku menghargai sisi kekanakan dari sang adik imut dan tidak ingin supaya impiannya hancur berantakan. Sebuah langkah yang pintar karena dengan itu, saat Haru sadar akan perbuatan Raku maka dia malah jatuh hati lebih dalam lagi kepadanya.

Bila boleh jujur, sisi delusional ini memang tidak bisa dibilang sebuah advantage bagi kamu, karena dia akan memiliki standar yang terlalu tinggi di awal pertemuanmu. Kalau mukamu standar-standar saja, ya saya minta maaf tapi mungkin kesempatanmu sedikit kecil untuk jadian sama Haru. Tapi siapa yang bisa menentukan cinta, lihat saja berapa orang yang jatuh cinta sama Raku?

+ She’s a good cook

JOI - waifu wednesday haru onodera

Berbanding terbalik dengan kakaknya yang tidak bisa memasak, Haru memiliki satu karakteristik paling diperlukan sebagai seorang istri. Dia bisa memasak, dan tentu masakannya pun enak. Sebagai anak dari pemilik toko pun dia berbakat dalam membuat pastry dan cake, tentu kamu tidak perlu bingung lagi soal makanan. Setidaknya tidak akan bingung bagaimana caranya minta maaf sama istri kalau makanannya tidak enak.

+ Tsundere salah kaprah

JOI - waifu wednesday haru onodera (1)

Sifat yang satu ini mungkin overused, karena tidak terhitung ada berapa tsundere di dunia baik 2D maupun 3D, dan Haru termasuk salah satunya. Bahkan dalam Nisekoi sendiri ada setidaknya 3 karakter tsundere but let’s not go there just yet. Kita sering melihat bagaimana Haru salah kaprah bila berada di dekat Raku karena dia bingung sendiri antara perasaannya sendiri dengan kakaknya yang juga menyukai Raku.

Kalau kamu menemukan Haru yang sedang galau seperti itu, tidak usah takut, langsung tepuk kepalanya dan tembaklah dia supaya tidak bingung lagi. Karena kemudian dia tahu kalau ternyata kamu juga suka padanya. Kalau kamu suka Onodera… apakah kamu yakin bisa meninggalkan Haru untuk wanita yang hanya punya mata untuk Raku tersebut?

+ She’s a mature one

Dibandingkan banyak karakter dari seri ini, Haru mungkin adalah yang paling drastis perubahan dari anak-anak ke kedewasaan. Apalagi saat dia memutuskan untuk mengejar karirnya sebagai juru masak dan meninggalkan perasaannya terhadap Raku. It took a lot of courage, even for her. Pengorbanan-pengorbanan yang dilakukan oleh Haru supaya kakaknya lebih dekat kepada Raku juga dapat dibilang sangat besar.

JOI - waifu wednesday haru onodera (8)

Dia juga sangat peduli kepada orang-orang yang dicintainya, walaupun dia adalah seorang adik, sering sekali rasanya saya merasa kalau Onodera adalah orang yang ditolong oleh Haru dan bukan sebaliknya. Sudah harus ditolong Ruri, masih harus didorong oleh Haru.

Memang sepertinya adik kita yang satu ini memang sangat dewasa, pengorbanannya cukup besar karena dia tahu dia bukan pemeran utama kalau Raku tidak menyimpan perasaan untuknya. Apakah kamu bisa membuatnya bahagia bila jadi bersanding dengannya? Mungkin kamu juga harus menunggu beberapa saat sebelum kamu bisa meminangnya, karena secara legalitas, dia itu:

– Masih terlalu muda

JOI - waifu wednesday haru onodera (3)

Ya, Haru baru saja naik ke SMA, dia masih duduk di bangku kelas 1 dan kamu butuh beberapa waktu lagi sebelum dia bisa dipinang. Masa-masa SMA juga adalah masa-masa labil dimana kamu masih merasa kalau dunia itu milikmu dan tidak ada orang yang bisa menghentikannya. Dark yet fun times, really. Kamu harus membiarkannya sedikit demi sedikit mengenal rasanya jatuh cinta dan sakit hati, rasa sakitnya ditinggal persahabatan sampai akhirnya dia bisa menghargai nilai suatu hubungan.

In a wayI think she is mature enough to know all about that now.

– Susah didekati

JOI - waifu wednesday haru onodera (2)

Bahkan kepada Raku saja yang sudah cukup dekat dengan status protagonis sebuah seri, Haru adalah seseorang yang susah untuk dilumerkan. Butuh waktu dan usaha yang cukup banyak dari Raku supaya akhirnya Haru mau mengeluarkan sisi dere-nya. I’d say it’s all worth the wait. Hanya saja pertanyaannya apakah dia mau dilumerkan sama kamu?

Walaupun tidak banyak, ada orang-orang yang menyebutkan Haru sebagai the better Onodera, mungkin karena mereka berada di tim Chitoge atau tim lain yang tidak mendukung. Saya pun merasa kalau saya harus setuju, walaupun Onodera juga memiliki kualitas yang tidak kalah dengan Haru, tapi bila saya harus memilih maka saya akan memilih Haru sebagai waifu.

JOI - waifu wednesday haru onodera (7)

Selain masakan Haru yang pastinya lebih ‘aman’ dimakan dibanding makanan Onodera, banyak sifat Onodera sendiri yang turun ke Haru. Mulai dari kebaikannya sampai ke sisi selfless-nya. Untungnya Haru masih bisa ‘melawan’ orang lain karena sifat ibunya pun mengalir dalam tubuhnya. Dia bisa melawan kalau diperlukan, hati-hati saja kalau dia sudah marah kepadamu.

Masih ada berapa lagi heroine dari seri Nisekoi yang masih kurang? Sepertinya saya juga harus membahas Yui-nee kalau tidak mau dibakar sama #TeamYui. Namun kapan saya membahas waifu yang satu itu? Saya juga tidak tahu kapan harus membahasnya.

JOI - waifu wednesday haru onodera (4)

This is a smile that’s worth protecting.