[Celebrity Sunday] Haruka Tomatsu

September 4, 2016 3:30 pm
[Celebrity Sunday] Haruka Tomatsu

Celebrity Sunday kali ini akan membahas tentang Haruka Tomatsu, seiyuu yang namanya tidak terlalu terdengar tetapi sebenarnya sudah sering mengisi suara berbagai anime yang sukses. Selain aktif sebagai seiyuu, Tomatsu juga sebenarnya aktif menjadi penyanyi.

Tomatsu mulai tertarik menjadi seiyuu pada saat kelas 3 SMP. Pada saat ini, Tomatsu sangat tertarik dengan drama panggung dan ingin ikut berpartisipasi dalam anime buatan Studio Ghibli. Meski sudah berpikir seperti ini, Tomatsu masih belum yakin dengan karirnya. Tetapi temannya menyarankan untuk ikut audisi. Meski masih belum yakin, Tomatsu memutuskan untuk mengikuti audisinya.

celeb-sunday-tomatsu-haruka-3

Ternyata audisi yang diikutinnya adalah Music Ray’n Super Seiyuu Audition yang diadakan pada tahun 2005 hingga tahun 2006. Tomatsu berhasil lulus dari audisi dan mulai aktif sebagai seiyuu. Di tahun berikutnya, Tomatsu mengikuti Cinderella Audition yang diadakan oleh Toho Entertainment. Dari 37.443 orang yang ikut audisi ini, Tomatsu berhasil masuk tahap terakhir yang hanya menyisakan 15 orang. Tomatsu pertama kali mengisi suara dalam anime Gakuen Utopia Manabi Straight, sebagai murid Sweet, yang tayang pada tahun 2007. Di tahun yang sama, Tomatsu akhirnya mengisi karakter heroine yaitu Corticarte dalam anime Shinkyoku Soukai Polyphonica.

celeb-sunday-tomatsu-haruka-2

Tomatsu lulus SMA pada tahun 2008 dan kemudian pindah ke Tokyo (Tomatsu berasal dari prefektur Aichi) untuk melanjutkan studinya. Dia aktif sebagai seiyuu sambil belajar di universitas. Di tahun 2008 ini, nama Tomatsu mulai terkenal. Dia mengisi suara di banyak anime, contohnya Shiho dari Zettai Karen Children, Lala dari To Love-Ru, dan juga Nagi dari Kannagi. Selain itu, dia juga sempat ikut dorama Koko wa Greenwood memerankan karakter Mieko Nitta. Tidak hanya memerankan karakter saja, Tomatsu juga debut sebagai penyanyi dalam dorama ini, menyanyikan lagu ending-nya yang berjudul naissance.

Dalam karirnya sebagai penyanyi, Tomatsu tidak hanya beraktivitas sebagai penyanyi solo saja, tetapi juga ikut bergabung dalam grup musik Sphere. Bagi kalian yang tidak tahu, Sphere adalah grup musik yang seluruh anggotanya adalah seiyuu. Grup ini terdiri dari Haruka Tomatsu, Aki Toyosaki, Minako Kotobuki, dan Ayahi Takagaki. Sphere dibentuk pada tahun 2009. Di tahun yang sama, Tomatsu mendapatkan penghargaan Best New Actress Award dalam Seiyuu Award ke-3. Beberapa tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2013, Tomatsu kembali mendapatkan penghargaan di Seiyuu Award ke-7. Kali ini dia memenangkan penghargaan Best Co-Star Actress Award.

Hobi dan keahlian Tomatsu adalah memasak, bermain bass, segala yang berhubungan dengan ikan hiu, melatih tubuh, menghafal dialog, dan mengaku bahwa bibirnya empuk. Makaan kesukaannya adalah daging, terutama yakiniku. Meski tidak terlalu jago bermain game, Tomatsu suka dengan seri Pokemon dan Professor Layton.

celeb-sunday-tomatsu-haruka-4

Kalian bisa mengikuti Haruka Tomatsu melalui situs resminya, blog, dan juga LINE.