[Monday Music] Sphere

September 5, 2016 6:30 pm
[Monday Music] Sphere

Monday Music pekan ini membahas tentang Sphere, salah satu seiyuu unit yang masih terus bertahan hingga saat ini dan namanya cukup terkenal.

Sphere beranggotakan Haruka Tomatsu, Ayahi Takagaki, Minako Kotobuki, dan Aki Toyosaki. Keunikan dari grup musik ini adalah keempatnya berhasil lulus dari Music Ray’n Super Seiyuu Audition yang diadakan pada tahun 2005 hingga 2006. Takagaki dan Tomatsu berasal dari grup yang sama, sedangkan Kotobuki dan Toyosaki berasal dari grup yang sama. Setelah lulus audisi, keempatnya aktif sebagai Music Ray’n Girls sejak tahun 2007. Mereka berempat aktif tampil di event dan juga mengadakan konser. Pada saat ini, mereka sering meng-cover berbagai lagu.

Tetapi dalam acara Music Ray’n Girls Haru no Choco Matsuri yang diadakan pada tahun 2009, diumumkan bahwa keempat gadis ini membentuk unit baru yang bernama Sphere. Nama itu dipilih karena bisa bermakna sebuah celestial sphere dan juga lingkaran. Mereka berharap suara keempat gadis ini menjadi harmoni yang seperti satu lingkaran. Karena itu, logo grup ini memiliki motif planet Saturnus. Logonya dilengkapi dengan 4 cahaya yang mewakilkan keempat anggotanya. Untuk warna khusus grupnya, mereka memilih warna biru.

Sphere memiliki pose khusus ketika memperkenalkan diri. Tangannya membentuk lingkaran dengan jempol dan jari tengah, sedangkan sisa jari lainnya terbuka. Sama seperti grup musik lainnya, Sphere memiliki posisi khusus dan juga warna khusus untuk masing-masing anggotanya. Ketika berpose bersama, Kotobuki berada di antara Tomatsu dan Takagaki. Takagaki berada di antara Kotobuki dan Toyosaki. Tomatsu berada di paling kiri panggung, dan Toyosaki berada di paling kanan panggung. Posisi ini dipilih berdasarkan tinggi masing-masing anggota dan biar terlihat seimbang. Sedangkan untuk warna khusus, Kotobuki berwarna ungu, Takagaki berwarna pink, Tomatsu berwarna orange, dan Toyosaki berwarna hijau. Warna ini ditentukan ketika keempatnya sedang pergi ke tempat karaoke dan memilih warna favorit mereka.

Sphere debut dengan single Future Stream yang menjadi lagu opening dari serial anime Hatsukoi Limited. Meski baru debut, mereka langsung mengadakan konser solo perdana dan juga album perdana di tahun 2009. Tidak lama kemudian, di tahun 2010 mereka ikut tampil dalam Animelo Summer Live 2010 -evolution-, konser tahunan yang menampilkan banyak penyanyi anisong ternama. Sejak saat itu, nama Sphere pun makin terkenal.

Di tahun 2012, serial anime yang berjudul Natsuiro Kiseki tayang di Jepang. Anime ini dibuat sesuai dengan image keempat anggotanya. Tentu keempatnya mengisi suara di serial tersebut dan juga menyanyikan lagu temanya. Pertama kali mereka tampil di luar negeri adalah di Anime Festival Asia 2012 di Singapura. Di tahun 2016, tepatnya pada bulan Juli, mereka juga tampil pertama kali di Amerika dalam konser Anisong World Matsuri ~Japan Super Live~.

Sphere memiliki 2 situs resmi. Situs pertama berisikan informasi mengenai grupnya bernama Pl@net Sphere. Sedangkan situs kedua bernama Sphere Portal Square yang menyoroti kegiatan masing-masing anggotanya, karena seluruh anggotanya aktif sebagai seiyuu dan juga penyanyi solo.