[Waifu Wednesday] Yukari Yakumo

September 7, 2016 6:00 pm
[Waifu Wednesday] Yukari Yakumo

Pada awalnya, minggu ini saya ingin membahas salah satu waifu dari seri School Rumble karena sepertinya sudah banyak yang memasukkan request untuknya, namun tiba-tiba saya ingat kalau waifu Touhou masih kurang. Saya juga berjanji akan membahas dia setelah membahas Kazami Yuuka di bulan April lalu. Karena itu, mari kita bahas youkai menarik yang satu ini, Yukari Yakumo.

Youkai yang satu ini terbukti memiliki sebuah sejarah yang cukup panjang di dunia Gensokyou sendiri, dia pertama kali muncul sebagai boss phantasm stage di game ketujuh seri ini, Perfect Cherry Blossom; yang menjadikannya karakter yang sangat kuat presence-nya di antara para penggemar. Saya juga yakin banyak yang tertarik dengan penampilan tante 17 tahun yang satu ini on top of her personality.

JOI - waifu wednesday yukari yakumo (2)

Kenapa saya ingin membahas youkai yang satu ini untuk menjadi waifu? Apakah benar kamu cukup pantas untuk disandingkan dengan Yukarin? Mari kita bahas kekuatannya sebagai waifu di bawah ini.

+ One of the strongest Youkai

Walaupun Yuuka pernah diklaim sebagai youkai terkuat di Gensokyou, Yukarin pun bisa dianggap salah satu yang paling kuat. Yang jelas, dia juga adalah salah satu youkai paling tua, namun juga paling bijak yang bisa kamu temukan di dunia tersebut. Dia juga adalah youkai yang mengusulkan dibentuknya Great Hakurei Barrier di sekitar Gensokyou, dinding pelindung yang tidak bisa ditembus youkai lain namun dia sendiri karena kekuatannya memanipulasi ruang dan waktu.

JOI - waifu wednesday yukari yakumo (4)

Yukarin juga memiliki kepandaian yang luar biasa, sebuah kepandaian yang Ran Yakumo pun tidak bisa mengerti. Mungkin karena umurnya yang begitu panjang dan dia menerima banyak ilmu di masa hidupnya. Dia juga tahu apa yang terjadi di sekitar Gensokyou dengan mudah, dan walaupun terlihat seperti orang yang malas, bila keamanan Gensokyou terlibat maka tanpa ragu Yukarin akan mengerahkan segenap kemampuannya untuk menyelamatkan dunia tersebut, walaupun harus menggunakan orang lain untuk mewujudkannya.

Dia juga memiliki kekuatan fisik yang luar biasa, di balik lengannya yang kurus dan badannya yang langsing itu sepertinya tersimpan otot yang kuat. Bahkan Hong Meiling pun mengatakan kalau saat memukulnya, dia merasakan sesuatu yang keras seperti ada lempengan sesuatu di balik bajunya.

JOI - waifu wednesday yukari yakumo (8)Basically what I’m saying is you don’t mess with her.

+ Punya pintu gap kemana saja

Salah satu kemampuan Yukarin yang paling sering digunakan dan pastinya, paling memudahkan apa saja adalah gap atau sukima yang digunakannya untuk menciptakan sebuah portal antara 2 tempat. Hal ini membuatnya dapat berpindah tempat kemanapun sesuka dirinya. Kekuatan ini juga yang membuatnya dianggap mager dan dicap sebagai indoor youkai.

JOI - waifu wednesday yukari yakumo (6)

Tapi bila dengan kekuatan ini bisa membuat saya melalui macet Jakarta dengan mudah, I’ll marry her, kalau dia tidak meratakan saya dengan tanah atau melempar saya ke dalam gap-nya untuk mati entah dimana.

+ Master Manipulatior

Selain memanipulasi youkai lain untuk mencapai tujuannya, Yukarin juga dikatakan dapat memanipulasi apa saja. Apa saja disini termasuk dunia asli dan Gensokyou, manusia dan youkai, dunia makhluk hidup dan makhluk mati, bahkan siang dan malam. Saya heran belum ada yang mengangkat statusnya jadi penguasa alam semesta at this point.

Dalam salah satu gamenya, Yukarin pernah memanipulasi batas angkasa antara siang dan malam untuk menyatukan keduanya. Marisa Kirisame pun mengatakan kalau Yukarin dapat mengatur mana danmaku untuk bermain-main, dan mana danmaku untuk bertarung serius. Sebagai youkai yang punya tendensi untuk bermain-main dengan musuhnya, saya tidak heran bila Yukarin punya sedikit sisi sadis dalam dirinya.

JOI - waifu wednesday yukari yakumo (7)Siksa saya tante.

Yukarin bahkan bisa menembus dan memanipulasi antara dunia asli dengan dunia mimpi. Hal ini membuatnya dapat masuk ke dalam mimpi orang lain dan memanipulasinya sesuka hati. Mungkin dengan kekuatan ini Yukarin juga bisa membuat Haoge jadi wanita, supaya mimpi kamu semua akhirnya bisa terwujud.

Akyuu juga menulis kalau kekuatan Yukari yang satu ini “godlike” karena bahkan mampu menghancurkan atau menciptakan apa saja. Namun semua itu sayangnya adalah teori yang belum bisa dibuktikan. Melihat Yukarin yang juga sepertinya lebih senang tidur, teori tersebut tidak bisa dibuktikan dalam waktu dekat.

+ Tante awet muda

Berbicara mengenai umur, Yukarin dikabarkan berumur 1200 tahun lebih namun untungnya dia tetap memiliki penampilan yang muda dan menawan. Yukarin bahkan lebih tua dari umur Gensokyou itu sendiri, mungkin karena kebiasaannya yang tidur sepanjang hari membuatnya lebih awet muda dibanding kebanyakan orang. Oh ya, dia bukan manusia.

JOI - waifu wednesday yukari yakumo (5)

Kebanyakan poin plus dari Yukarin memang lebih banyak membahas dari kekuatan youkai yang satu itu, karena lebih banyak waktunya yang habis untuk tidur dibandingkan bersosialisasi dengan orang lain. Namun dia sebenarnya memiliki hubungan yang baik dengan youkai-youkai lain dalam Gensokyou, pasti karena dia bisa bergerak kemana saja hanya dengan menjentikkan jari.

Sayangnya, sifat Yukarin yang susah diketahui itu juga bisa menjadi kelemahan terbesarnya sebagai seorang waifu, mari kita bahas di bawah ini:

– Susah dimengerti

JOI - waifu wednesday yukari yakumo (10)

Yukarin memiliki sisi altruistic, artinya dia mau mengorbankan dirinya sendiri tanpa harus dipuji orang lain. Hal ini terlihat di banyak kasus Yukarin dimana dia tidak memberi tahu orang lain mengenai tujuan dari aksi-aksinya. Dia juga dikenal sebagai seorang pribadi yang spontan dan sering berbohong, karena itu banyak penghuni Gensokyou lain yang tidak suka dengannya. Namun saya cukup yakin di dalam hatinya, dia tetap melakukannya demi para penghuni Gensokyou lain juga.

Sekarang, apakah kamu bisa mengerti Yukarin di balik semua manipulasi dan kata-katanya? Apakah kamu bisa mengerti apa yang youkai ini ingin katakan adalah kunci bagi kamu untuk mendapatkan hatinya. Itu juga kalau dia tidak mempermainkan dirimu. Yukarin memiliki kekuatan yang cukup untuk menghancurkan Gensokyou kalau dia mau, so what’s stopping her from destroying you?

JOI - waifu wednesday yukari yakumo (9)

Saya tidak tahu apakah ada kelemahan fatal lain yang dimiliki Yukarin, karena susah dimengerti bagi saya adalah satu-satunya faktor yang bisa membuat Yukarin susah menjadi waifu. Yukarin pemalas dan sukanya tidur saja? Sama dong saya juga, apalagi bersama dia kita punya gap yang dapat membuat kita bisa pergi kemana saja tanpa harus repot-repot berjalan.

Gap juga sangat berguna untuk membuang husbando yang tidak penting lagi.

Memang susah rasanya bersanding dengan youkai yang satu ini, pertanyaannya bukan “apakah kamu bisa” tapi lebih kepada “apakah dia mau” tanpa mempermainkanmu. Who knows? Dengan pengalaman hidup 1.200 tahun Yukarin tentu punya jauh lebih banyak cerita dan pengalaman dibanding dirimu. Butuh usaha yang banyak dan tentu keberuntungan yang besar saat kamu ingin meminang youkai yang satu ini.

JOI - waifu wednesday yukari yakumo (3)

Apakah kamu punya saran siapa waifu Touhou yang ingin dibahas berikutnya? Secara pribadi sih saya ingin membahas antara Kamishirasawa Keine atau tante Hijiri, namun sepertinya tidak dalam waktu dekat, sayangnya.

Gambar: 12, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10