Hyde Dari L’arc en Ciel Kecewa Tangga Lagu Jepang Penuh Idol dan Anisong

September 8, 2016 5:00 pm
Hyde Dari L’arc en Ciel Kecewa Tangga Lagu Jepang Penuh Idol dan Anisong

Kepopuleran para idol dan genre tersebut memang sepertinya tidak bisa ditepis lagi, dengan bermunculannya grup-grup baru baik di dunia 2D maupun 3D. Sebut saja grup idol baru Walkure dari Macross Delta yang sejak awal sudah banyak dipuja penggemar, dan perilisannya membuat tangga lagu Oricon hampir takluk di kakinya.

Kita juga tidak bisa mengacuhkan pemain besar seri idol seperti Idolm@ster dan Love Live! karena keduanya telah menjadi pilar yang kuat bagi genre tersebut.

joi-hyde-menyayangkan-tangga-lagu-modern-2

Namun di tengah naiknya pamor idol dan anisong, sepertinya seorang musisi terkenal seperti Hyde dari L’arc en Ciel kurang sreg dengan kondisi tersebut. Sebuah wawancara yang dilangsungkan di Nico nico bersama Vamps, band miliknya; Hyde mengungkapkan pendapatnya mengenai dunia musik modern. Dia ditanyakan, Apa sih yang paling mengecewakan di dunia musik Jepang saat ini?” dan berikut adalah jawaban sang vokalis tersebut:

joi-hyde-menyayangkan-tangga-lagu-modern-4

“Rasanya mengecewakan, karena di dalam chart hanya ada lagu anisong dan idol saja. Bukannya artinya itu adalah hal yang buruk, tapi ada banyak orang lain yang juga berusaha keras. Orang asing yang melihatnya juga pasti berpikir yang aneh-aneh.”

Memang berbeda sekali keadaannya bila dibandingkan dengan era 90-an di saat Laruku mulai meniti tangga menuju kesuksesan, genre J-Rock memang sedang naik daun. Saat itu selain L’arc en Ciel, saya masih ingat sering mendengarkan band-band lawas seperti Pierrot, Dir en Grey, Glay, Jeanne D’arc, Malice Mizer dan masih banyak lagi saat dandanan visual kei masih merajalela.

Sayangnya tidak banyak netizen yang memiliki pandangan sama seperti sang vokalis veteran tersebut, bahkan ada yang mencibirnya balik karena Laruku pun pernah menyanyikan lagu untuk anime. Berikut adalah komentar mereka:

  • “Kamu kan juga pernah menyanyikan lagu anime.”
  • “Kenapa bisa kecewa kalau anisong dan idol naik tangga lagu? Aku tidak mengerti.”
  • “Berat ya melihat anisong dan idol bisa tampil di Budoukan?”
  • “Dari dulu kan idol sudah ada di Oricon.”
  • “Anime sekarang seiyuunya sudah bisa nyanyi, jaman sekarang juga band yang bisa mendekati level Laruku sudah hampir tidak ada.”
  • “Kalau anisong oke deh, pasti ada yang nyanyi ulang kan. Ada juga yang tujuannya hanya mengincar tiket jabat tangan saja itu bukan musik harusnya.”

joi-hyde-menyayangkan-tangga-lagu-modern-3

Memang, tidak banyak band yang bisa mencapai kesuksesan seperti Laruku di masanya, saat ini hanya sedikit band yang bisa sampai ke kuping pendengar bila mereka tidak riset sendiri. Secara pribadi saya masih menikmati beberapa band Jepang seperti One Ok Rock tentunya, Knock Out Monkey, SIM, Spyair, Rottengraffty, dan masih banyak lagi. Namun memang, tidak semua dari band-band tersebut bisa menjadi lebih terkenal daripada para idol.

Saya juga merasakan sentimen yang sama dengan Hyde, saya masih menunggu hari bangkitnya para band J-rock ini untuk menguasai pasar. Walaupun mungkin kemungkinannya cukup kecil melihat pasar yang ada. Bagaimana menurutmu?

Sumber: Yaraon!