Sutradara Yutaka Yamamoto Iri Dengan Film Kimi no Na wa Buatan Makoto Shinkai

September 8, 2016 4:00 pm
Sutradara Yutaka Yamamoto Iri Dengan Film Kimi no Na wa Buatan Makoto Shinkai

Nama Yutaka Yamamoto atau yang lebih akrab disebut dengan panggilan “Yamakan” tentunya sudah dikenal oleh banyak orang di dunia anime. Sutradara seri KannagiWake Up Girls!, dan masih banyak lagi ini juga adalah pendiri dari studio Ordet. Lewat blog pribadinya, dia baru saja menumpahkan isi hatinya setelah menonton film terbaru Makoto Shinkai, Kimi no Na wa.

JOI - kimi no na wa 85 negara (2)

Dalam uraiannya dalam blog pribadi tersebut, Yamakan merasa iri, sekaligus kagum terhadap karya terbaru sang sutradara. Berikut ini adalah isi dari curahan hati Yamakan tersebut:

“Mari kita mulai – judul penuh ranjau sudah kutuliskan. Apapun yang orang-orang katakan mengenainya, sepertinya mereka mengatakan filmnya buruk. Jadi aku pergi menontonnya. Pertama-tama, itu adalah karya yang membuatku iri setelah beberapa lama. Sebuah karya yang membuatku berpikir ‘Ah aku ingin mencoba ini!’ Dan setidaknya sekarang, aku tidak punya kepercayaan diri kalau aku bahkan bisa membuat satu saja adegan dari film itu.

Hal ini membuatku tidak senang dan marah. Aku sedang menjadi pecundang. Saat aku melihat karya Shinkai, Hoshi no Koe untuk pertama kalinya (saat itu aku masih seorang sutradara muda), aku berpikir ‘Wah luar biasa sekali orang yang membuatnya! Apakah suatu hari aku bisa jadi sepertinya?’ pikirku sambil ngiler.

Sekarang sudah 15 tahun sejak aku melihatnya, dan perbedaan kami bukannya mengecil, tapi malah membesar. Sudah tidak bisa dielakkan lagi. Perbedaannya adalah mengenai keahlian. Aku hanya punya pilihan untuk membuat karya sesuai denganku. Itulah yang sudah kuputuskan; itulah yang akan kukerjakan sekarang.”

Rasanya aneh juga melihat seorang sutradara anime merasa “I’m not worthy” di hadapan Shinkai. Hal ini membuat saya semakin gatal ingin menonton film tersebut.

Sumber: ANN