‘Pokemon Sun & Moon’ Kenalkan Aether Foundation, Ultra Beast, Perbedaan Versi

September 9, 2016 7:00 pm
‘Pokemon Sun & Moon’ Kenalkan Aether Foundation, Ultra Beast, Perbedaan Versi

Nintendo dan The Pokemon Company telah mengungkapkan banyak informasi baru mengenai “Pokemon Sun” dan “Pokemon Moon.” Informasi yang dirilis kali ini adalah mengenai 3 Pokemon baru, Aether Foundation, Ultra Beast, Zygarde Cube, Poke Finder, dan perbedaan antara kedua versi. Tidak hanya itu, mereka juga merilis banyak trailer baru, mulai dari trailer yang memperkenalkan informasi baru ini, trailer yang berfokus pada Pokemon legendaris, hingga episode terbaru dari mini-seri “Train on.”

Pokemon

Type: Null

pokemon-sun-moon-beda-1

Null adalah Pokemon sintetis bertipe Normal dengan kemampuan Battle Armor. Dia dibuat untuk menggabungkan kekuatan dari berbagai Pokemon, karena itu kemampuannya setara dengan Pokemon mistis. Topeng yang dipasang ke Pokemon ini adalah alat yang digunakan untuk mengendalikan kekuatannya. Type: Null adalah rekan dari karakter baru yang diperkenalkan yaitu Gladion, enforcer dari Team Skull

Jangmo-o

pokemon-sun-moon-beda-2

Jangmo-o adalah Pokemon bertipe Dragon dan memiliki kemampuan Bulletproof dan Soundproof. Dia memiliki jiwa ksatria dan tidak pernah meninggalkan latihan demi menjadi lebih kuat. Pokemon ini menggunakan sisik di kepalanya untuk menyerang dan bertahan. Dia hidup di tempat yang keras seperti tebing agar bisa berlatih.

Raticate (Alola Form)

pokemon-sun-moon-beda-3

Pokemon ini bertipe Dark dan Normal serta memiliki kemampuan Gluttony dan Hustle. Raticate tinggal di perkotaan higga terlihat lebih gemuk tetapi tubuhnya lebih kuat jika dibandingkan dengan Raticate di wilayah lainnya. Raticate menyimpan makanan di kandangnya dan lebih suka buah yang segar dan bahan makanan yang bagus. Alolan Raticate adalah Totem Pokemon yang menjaga tempat ujian di Verdant Cavern yang berada di Melemele Island dalam Pokemon Moon.

Aether Foundation

Organisasi yang bekerja di wilayah Alola dan mengadakan berbagai macam proyek penelitian. Mereka bermarkas di Aether Paradise, pulau buatan yang mereka dirikan. Tujuan mereka adalah merawat dan memberi perlindungan bagi Pokemon yang terluka. Anggota dari Aether Foundation adalah:

Lusamine

pokemon-sun-moon-beda-4

Lusamine adalah pemimpin yang cantik dari Aether Foundation.

Faba

pokemon-sun-moon-beda-5

Faba mudah dikenali dengan aksesorisnya yang unik, kacamata berwarna hijau. Dia adalah wakil pemimpin di Aether Foundation.

Wicke

pokemon-sun-moon-beda-6

Sebagai wakil pemimpin cabang di Aether Paradise, Wicke memiliki kepribadian yang sangat penyayang dan mendukung usaha Faba. Dia dicintai oleh seluruh karyawan Aether Foundation.

Karyawan Aether Foundation

pokemon-sun-moon-beda-7

Staff Aether Foundation memiliki seragam yang bervariasi, bergantung pada divisi tempat mereka bekerja.

Ultra Beast

Di seluruh Alola beredar rumor mengenai makhluk yang memiliki kemampuan luar biasa yang mengancam umat manusia dan Pokemon. Mereka dikenal sebagai Ultra Beast dan dikatakan jumlahnya ada beberapa. Aether Foundation sepertinya meneliti keberadaan Ultra Beast dan memanggil mereka dengan kode nama. UB-01 adalah Ultra Beast dengan tubuh yang tersusun dari bahan seperti kaca. Makhluk ini terus berubah bentuk dan gerakannya menyerupai seperti gadis. Meski bukti seperti naluri bertahan hidup bisa ditemukan dalam UB-01, tidak ada yang tahu apakah makhluk ini memiliki kemauan dan emosi atau tidak.

Zygarde Cube

Ketika kalian menjelajahi Alola, kalian bisa bertemu dengan Dexio dan Sina. Kedua orang ini pertama kali muncul di Pokemon X dan Pokemon Y sebagai asisten profesor. Mereka akan memberi kalian item bernama Zygarde Cube dan meminta kalian untuk mengumpulkan Zygarde Core dan Zygarde Cell yang tersebar di seluruh wilayah Alola. Jika kalian bisa mengumpulkan secukupnya, jalan untuk menemukan Zygarde akan semakin jelas.

Poke Finder

pokemon-sun-moon-beda-8

Fitur baru yang bernama Poke Finder hadir dalam Pokemon Sun dan Pokemon Moon. Kalian bisa menggunakan fitur ini untuk mengambil foto Pokemon yang kalian temukan. Fitur ini berada di dalam Rotom Dex dan digunakan di berbagai tempat tertentu yang berada di wilayah Alola. Kalian bisa mengambil foto yang nantinya akan dinilai. Semakin bagus foto yang kalian ambil, maka akan semakin banyak fitur yang bisa kalian gunakan, contohnya melakukan zoom.

Perbedaan antara Pokemon Sun dan Pokemon Moon

Ada perbedaan besar antara Pokemon Sun dan Pokemon Moon. Di game-game sebelumnya, perbedaan antara 2 versi hanyalah ada beberapa Pokemon yang hanya hadir di salah satu versinya. Sekarang, ada perbedaan lainnya yaitu perbedaan waktu. Dunia Pokemon Sun dan Pokemon Moon memiliki perbedaan waktu 12 jam dan waktunya terhubung dengan waktu dunia nyata. Pokemon Sun berjalan sesuai dengan waktu di 3DS kalian, tetapi waktu di Pokemon Moon berbeda 12 jam. Beberapa Totem Pokemon yang tampil di tempat ujian juga berbeda di masing-masing game. Kalian bisa bertemu dengan Pokemon yang berbeda di rute yang sama tergantung pada waktunya. Karena ini, pemain akan mendapatkan pengalaman yang berbeda sesuai dengan versi yang mereka pilih.

Pokemon Sun dan Pokemon Moon akan rilis pada tanggal 18 November untuk Nintendo 3DS.

Sumber: Gematsu (1, 2)