[Celebrity Sunday] Aki Toyosaki

September 11, 2016 3:00 pm
[Celebrity Sunday] Aki Toyosaki

Untuk Celebrity Sunday kali ini, saya akan membahas Aki Toyosaki, seiyuu yang juga aktif sebagai penyanyi dan menjadi bagian dari Sphere. Salah satu karakter yang paling terkenal yang pernah diperankannya adalah Yui Hirasawa dari K-ON!.

Toyosaki lahir pada tahun 1986 dan memiliki 1 kakak perempuan. Pada saat SMP, dia bergabung dengan klub basket, tetapi pada saat SMA bergabung dengan klub biologi. Ternyata pada saat SMA, Toyosaki pernah tampil di TV lokal JRT dalam acara Doyou wa Naisho!!. Setelah itu, di tahun 2008 dia tampil di acara 530 Focus Tokushima.

Toyosaki ikut Music Ray’n Super Audition yang diadakan pada tahun 2005 hingga 2006. Sama seperti Haruka Tomatsu, dia berhasil lolos audisi dan debut sebagai seiyuu. Alasan Toyosaki ingin menjadi seiyuu adalah karena dia mendapatkan surat dari penonton acara Doyou wa Naisho!!. Pada awalnya, Toyosaki membenci suaranya, tetapi kemudian dia menyadari ternyata suaranya bisa menyemangati orang berkat surat yang diterimanya. Oleh karena itu, dia mulai berpikir untuk mencari pekerjaan yang menggunakan suara.

celeb-sunday-aki-toyosaki-2

Toyosaki pertama kali mendapatkan peran regular adalah dalam serial anime Umisho yang tayang pada tahun 2007. Setelah itu, dia mengisi suara Suu di Shugo Chara! dan menjadi peran pertamanya dalam serial anime yang berjalan panjang. Di tahun 2009, Music Ray’n membentuk grup musik yang terdiri dari seiyuu yaitu Sphere. Anggotanya adalah Toyosaki, Minako Kotobuki, Ayahi Takagaki, dan Haruka Tomatsu.

celeb-sunday-aki-toyosaki-3

Nama Toyosaki mulai terkenal pada tahun 2009, ketika memerankan Yui di serial anime K-ON!. Di tahun yang sama, tepatnya pada ulang tahunnya yang ke-23 di tanggal 28 Oktober, Toyosaki debut sebagai penyanyi solo dengan singlelove your life.”

Tentu setelah itu Toyosaki langsung mendapatkan banyak penghargaan. Di tahun 2010, Toyosaki mendapatkan 2 buah penghargaan di Seiyuu Awards ke-4 yaitu Best New Actress dan Best Musical Performance (sebagai Houkago Tea Time bersama Yoko Hikasa, Satomi Sato, Minako Kotobuki, dan Ayana Taketatsu). Di tahun yang sama, Toyosaki mendapatkan penghargaan Grand Prix dalam kategori seiyuu di Anime Grand Prix ke-32 yang diadakan oleh Animage. Di tahun 2011, Toyosaki mendapatkan Best Seiyuu dalam divisi individu di Tokyo Anime Award ke-10 yang menjadi bagian dari Tokyo International Anime Fair 2011. Dalam Seiyuu Awards ke-5, Toyosaki memenangkan Best Actress in Leading Role dan Best Personality.

celeb-sunday-aki-toyosaki-4

Di tahun 2011, Toyosaki mulai aktif sebagai talenta di TV. Salah satu acara yang dia ikuti adalah “Kizuna Taikan TV Kidou Senshi Gundam Dai 07 Itakura Shoutai” sebagai anggota regular. Di tahun 2015, Toyosaki sempat aktif di acara berita pagi Charge 730!. Dia menjadi salah satu gadis yang melaporkan ramalan cuaca.

Orang tuanya memilih nama Aki dengan harapan “agar menjadi orang yang dicintai oleh banyak orang.” Hobi Toyosaki adalah menyeduh kopi, menggambar, dan bermain game dengan genre yang bervariasi. Sedangkan Toyosaki adalah bermain gitar akustik. Dia mulai tertarik dengan gitar karena mendengarkan musik sejak SD. Pada saat ulang tahunnya, Toyosaki meminta gitar kepada ayahnya. Toyosaki mengharapkan gitar listrik, tetapi ayahnya malah membelikan gitar akustik. Tetapi Toyosaki tetap menerima hadiah tersebut karena adalah pemberian dari ayahnya.

Aki Toyosaki akhirnya memiliki gitar listrik berkat K-ON!. Dalam serial anime tersebut, masing-masing seiyuu mempelajari alat musik yang dimainkan oleh karakter yang diperankan. Toyosaki berhasil punya gitar listrik karena Yui mengguankan alat musik tersebut. Keahlian Toyosaki lainnya adalah memasak.

Kalian bisa mengikuti Aki Toyosaki melalui blog dan LINE.