Bandai Namco Menolak Tuduhan Plagiarisme Game ‘Idolish 7’

September 13, 2016 4:00 pm
Bandai Namco Menolak Tuduhan Plagiarisme Game ‘Idolish 7’

Dunia idol memang luas, karena sekarang tidak hanya ada idol wanita tapi juga ada idol pria dan game-gamenya pun merebak layaknya kacang goreng. Mulai dari game Idolm@ster Side M sampai ke Idolish 7, semua menawarkan cowok-cowok manis yang sedap dipandang, tentunya bagi para wanita dan beberapa pria yang mungkin suka Haoge pria cantik lainnya.

Namun sebuah drama merebak bulan lalu mengenai game Idolish 7 milik Bandai Namco yang diduga melakukan tindakan plagiarisme terhadap beberapa game serupa lainnya. Beberapa karakter dari game tersebut memang memiliki pose-pose yang mirip dengan game idol lain, terutama The IDOLM@STER dan Uta no Prince-sama.

joi-bandai-menolak-tuduhan-plagiarisme-idolish-7joi-bandai-menolak-tuduhan-plagiarisme-idolish-2 joi-bandai-menolak-tuduhan-plagiarisme-idolish-11

Ada seorang pengguna Twitter yang juga mencoba membuktikan bahwa beberapa kartu dari game tersebut bahkan dilakukan dengan tindak tracing terhadap kartu game lain yang sudah ada.

joi-bandai-menolak-tuduhan-plagiarisme-idolish-10 joi-bandai-menolak-tuduhan-plagiarisme-idolish-9joi-bandai-menolak-tuduhan-plagiarisme-idolish-5 joi-bandai-menolak-tuduhan-plagiarisme-idolish-6joi-bandai-menolak-tuduhan-plagiarisme-idolish-4 joi-bandai-menolak-tuduhan-plagiarisme-idolish-3

Bandai Namco Entertainment kemudian merespon kepada kontroversi tersebut dengan beberapa pernyataan yang diunggah ke situs Idolish 7 terhitung tanggal 9 September lalu.

Mereka memeriksa karya-karya yang dianggap mencurigakan dengan pihak berwajib dan mengungkapkan kalau tuduhan tersebut tidak beralasan. Namun, mereka juga menyatakan kalau mereka melihat beberapa karya “mengundang kesalahpahaman” dan berjanji untuk “membuat karya-karya barunya dengan penuh orisinalitas.”

Bandai Namco Entertainment juga menepis komplain mengenai para staf mereka yang membocorkan informasi rahasia seperti judul dan nama karakter, namun mereka mengatakan beberapa staf agak “kurang hati-hati” dengan tweet mereka. Negishi, desainer karakter dari game ini juga mengunggah perminataan maaf untuk beberapa tweet miliknya sebelumnya.

joi-bandai-menolak-tuduhan-plagiarisme-idolish-8

Soukichi Shimooka, produser game ini juga meminta maaf kepada para penggemar mengenai kesalahpahaman ini dan berterima kasih karena terus membantu mereka selama ini.

Menurut saya sendiri, beberapa kartu memang terlihat mirip dan beberapa terlihat hampir seperti tracingBut let’s be fair here, dengan banyaknya idol di dunia 2D, saya yakin para ilustrator pun sudah mulai kehabisan pose. Bila mereka memang sudah kehabisan pose, mungkin sebentar lagi kita bisa melihat ada idol kayang di kartunya.

Sumber: ANN