Cosplayer Profesional Enako Berbicara Mengenai Pendapatan Bulanannya

September 17, 2016 11:00 am
Cosplayer Profesional Enako Berbicara Mengenai Pendapatan Bulanannya

Kira-kira berapa banyak ya pendapatan dari cosplayer profesional yang sudah menggeluti bidangnya selama bertahun-tahun? Bahkan tidak semua cosplayer profesional bisa menjadikan profesi tersebut sebagai profesi utamanya. Masih ada cosplayer yang harus bekerja pekerjaan lain supaya bisa menyokong hobinya tersebut.

Namun salah satu cosplayer profesional favorit saya, Enako baru-baru ini berbicara mengenai pendapatan bulanannya yang agaknya cukup mengejutkan. Dalam acara TV “Nakai no Mado T.V.” baru saja dibahas dalam segmen Otaku Report kalau Enako bisa mencukupi kebutuhan sehari-harinya hanya dengan ber-cosplay saja.

joi-enako-pendapatan-bulanan-3

Enako mengaku kalau dia bisa meraup sampai 10 juta Yen hanya dalam 2 hari selama berada di Comiket musim panas tahun ini. Walaupun memang pendapatan Enako sendiri tidak tentu per bulannya, namun dia juga mengungkap biaya dia naik panggung adalah sebesar 300.000-400.000 Yen atau sekitar 35-45 juta Rupiah untuk 1 kali datang. Dengan banyaknya event di Jepang, tidak heran bila dia bisa membuat sampai 1 juta Yen per bulannya.

Selain itu, kita pun tahu kalau Enako sendiri juga bekerja sebagai model untuk berbagai macam majalah sehingga sepertinya kesuksesannya tersebut sudah tidak perlu dipungkiri lagi.

joi-enako-pendapatan-bulanan-2

Aduh neng tolong dong itu senyumnya <3

Setelah acaranya selesai, dia juga mengunggah sebuah tweet mengenai diskusi tersebut serta berterima kasih kepada semua yang sudah mendengarkan.

“Dengan acara ini, aku sangat bahagia karena kalian sudah tertarik datang ke Comiket dan cosplay. Terima kasih kepada semua yang sudah menonton. Aku minta maaf kalau caraku berbicara atau pilihan kataku buruk atau membuatmu tidak nyaman. Aku ingin berbicara lebih mengenai anime dan cosplay, tapi… susah!”

Enako, kapan kamu datang ke Indonesia? Semoga saja ada yang kuat bayar.

Sumber: ANN