[Event Report] AFA ID 2016

September 20, 2016 12:40 pm
[Event Report] AFA ID 2016

Setiap tahunnya, para penggemar anime dan pop culture Jepang pastinya sudah menunggu datangnya acara yang satu ini. Acara yang digelar di Jakarta International Expo pada tanggal 16-18 September lalu ini adalah acara tahunan yang harus didatangi oleh para penggemarnya. Ya, saya berbicara mengenai Anime Festival Asia atau yang biasa disingkat dengan AFA.

AFA ID 2016 merupakan festival anime raksasa kelima yang diadakan di Indonesia. Festival tersebut membawa berbagai macam seri maupun perusahaan terkenal Jepang untuk memperkenalkan budaya tersebut lebih dalam lagi kepada penggemarnya di Indonesia. Mereka juga dilengkapi dengan konser I LOVE ANISONG mereka yang membawakan banyak artis-artis Jepang untuk tampil di Indonesia.

JOI-AFAID-Poster

Tahun ini, AFA datang dengan lebih besar lagi dibandingkan dengan tahun 2015 di gedung JI Expo yang sudah direnovasi, membuat venue lebih sedap dipandang dan tentunya lebih dingin. Namun mungkin hal tersebut tidak berlaku di hari Sabtu saat acara berada di puncaknya.

AFA membawakan banyak booth-booth yang baru dan menarik tahun ini, misalnya booth arcade dari KONAMI dimana kamu bisa mencoba arcade-arcade baru mereka. Bagi para penggemar film horor bisa datang ke booth Petak Umpet Minako. Ada juga booth Kawaiian Cafe yang membawa grup idol Shoujo Complex dan tidak lupa cemilan Jepang seperti Wata-ame dan mochi bakar. Tidak lupa ada Re:ON Comics yang juga memeriahkan suasana.

DSC02605DSC02606DSC02639DSC02635DSC02633

Creator’s Alley tahun ini juga tidak kalah seru, dengan banyaknya creators yang datang namun dengan jalan yang lebih lega membuat pengunjung dapat bergerak dengan lebih leluasa. Walaupun masih banyak juga yang merasa kesempitan saat sedang penuh dengan pengunjung.

Bagi penggemar maid-maid imut dan butler-butler ganteng juga ada Maid Cafe yang siap memanjakan perut dan hati sekaligus dengan layanan prima. Namun bagi kamu yang hanya peduli isi perut, deretan penjual makanan Jepang siap untuk memuaskan perutmu. Terutama ada 1 stand karaage yang sepertinya sangat diminati oleh pengunjung.

DSC02588

JOI juga tidak lupa tetap buka booth tahun ini lho, tidak lupa dengan merchandise-merchandise unik dan cosplayer Shimako Umigawa. Bagi kamu yang tidak sempat datang ke AFA namun ingin membeli merchandise JOI, silahkan kirimkan pesan kepada akun FB kami dan kami akan dengan senang hati melayani kamu.

Bagi yang senang berbelanja, booth Aniplex dan Ichiban Kuji menjadi pilihan yang tepat untuk membeli barang-barang bernuansa anime yang sedang naik daun. Bagi penggemar Gundam, ada stand Bandai yang membawa Gundam Barbatos. Namun yang baru tahun ini adalah sebuah stand Frame Arm Girls dari Kotobukiya yang membawakan banyak kit mecha musume bagi kamu yang senang memadu senjata.

DSC02642DSC02641DSC02648DSC02679DSC02707DSC02705

Konser-konser tahun ini pun membawakan banyak artis berkualitas seperti Aimer, Lia, Bless4, dan masih banyak lagi. Saya cukup beruntung masih punya suara setelah gila-gilaan di konser Bless4, terima kasih AFA.

Pada akhirnya, AFA ID 2016 mungkin bisa menjadi pengalaman yang lebih baik, atau lebih buruk bagi para pengunjungnya. Saya harap kamu semua memiliki pengalaman yang sangat berkesan di acara tahun ini dan terus menantikan acara AFA ID yang selanjutnya.

Foto AFA ID 2016 selengkapnya bisa dilihat lewat album Flickr staf kami di album berikut ini.