[Event] Konser Silent Siren S WORLD TOUR 2016

September 21, 2016 7:00 pm
[Event] Konser Silent Siren S WORLD TOUR 2016

Bisa dibilang artikel ini terlambat karena gelaran konser grup band Silent Siren asal Jepang yang beranggotakan empat orang wanita ini berlangsung pada tanggal 9 September, sekitar awal bulan. Sedangkan saya baru bisa menulis pada menjelang akhir bulan September akibat berbagai kesibukan kantor, namun lebih baik terlambat daripada tidak pernah sama sekali.

Intro

Jujur saja, sebelum menyaksikan gelaran konser Silent Siren S WORLD TOUR 2016, yang berlokasi di Upper Room Pullman Hotel Jakarta; saya tak begitu mengenal Silent Siren dibanding Stereopony yang telah bubar pada tahun 2012 silam, atau SCANDAL yang pernah membawakan salah satu lagu tema Bleach. Grup band yang terbentuk pada tahun 2010 ini beranggotakan Suu (Sumire Yoshida – Vokal & Gitar,) Hinanchu (Hinako Umemura – Drum & Leader,) Ainyan (Aina Yamauchi – Bass,) dan Yana (Ayana Sougawa – Synthesizer) dimana kemudian Yana digantikan oleh Yukarun (Yukako Kurosaka – Keyboard) pada tahun 2012.

Mereka memulai debutnya pada sebuah indie label bernama Brand-New Music kemudian direkrut oleh sebuah label besar bernama Dreamusic dengan mengeluarkan sebuah single, Sweet Pop!. Silent Siren tercatat telah merilis 4 album, 2 mini-album, 11 single, 3 digital single, dan 4 video serta melakukan sejumlah kolaborasi dengan musisi lain.

Atmosfer

silentsiren43silentsiren39
Saya tak menyangka Silent Siren memiliki fanbase yang cukup besar, bahkan ada beberapa orang Jepang yang datang untuk bisa menyaksikan penampilan mereka di Jakarta seperti yang bisa kalian lihat pada foto-foto diatas.

silentsiren34silentsiren37
Seluruh bangku yang disediakan tampak penuh tapi sayangnya saya tidak mendapatkan informasi mengenai jumlah pengunjung konser Silent Siren ini. Tiba-tiba lampu ruangan dimatikan sesaat setelah pengumuman mengenai dimulainya konser, para pengunjung konser pun menyalakan lampu pada gelang yang mereka kenakan sebagai pengganti light stick. Teriakan para pengunjung menggema di ruang konser saat melihat kehadiran anggota Silent Siren diatas panggung.

silentsiren32silentsiren33silentsiren30silentsiren31
Silent Siren membuka konser dengan lagu dari album “S” yang berjudul milk boy yang kemudian disusul dengan Hachigatsu no Yoru, Bang!Bang!Bang! Setelah memperkenalkan seluruh member Silent Siren, mereka membawakan lagu Bisan. Para pengunjung pun turut serta menyanyikan setiap lagu yang yang dibawakan oleh Silent Siren sambil mengayunkan kedua tangan mereka ke kiri dan ke kanan, sambil sesekali meneriakkan nama anggota Silent Siren.

silentsiren18silentsiren19silentsiren2silentsiren4
Para member Silent Siren tak lupa mengucapkan berterima kasih kepada seluruh pengunjung yang sudah datang ke konser mereka mengingat gelaran konser tersebut diadakan pada hari Jumat malam. Setelah mengucapkan ucapan terima kasih, Silent Siren membawakan lagu Joshiko Sensou yang merupakan salah satu lagu dari album terbaru mereka yang berjudul Love Install, dan diakhiri dengan hikari. Silent Siren juga melakukan interaksi dengan pengunjung konser tersebut, khususnya Yukarun sang keyboardist yang beberapa kali tertangkap kamera sedang berinteraksi dengan pengunjung disaat jeda lagu. Sama halnya seperti tahun lalu, Silent Siren kembali mengadakan Q&A Corner agar para fans dan antar member Silent Siren semakin dekat.

Para fans pun semakin bersemangat setelah mendengar jawaban dari para member Silent Siren, sehingga Silent Siren menghadiahi mereka dengan dengan lagu-lagu yang penuh semangat seperti LOVE FIGHTER!, Soukai Rock!, dan HapiMari (Happy Marriage). Secara mengejutkan Silent Siren memperlihatkan gerakan yang mereka sudah latih sejak lama, member-member Silent Siren memperagakan atarimae atau yang dikenal sebagai senam iya-iyalah yang pernah menjadi tren di Indonesia. Setelah sempat terkejut dan kagum dengan penampilan Silent Siren yang tak biasa tersebut, konser pun kembali dilanjutkan dengan salah satu lagu yang dikenal oleh para otaku yaitu secret base~kimi ga kureta mono~ kemudian dilanjutkan dengan Koiyuki dan stella☆.

Jelang akhir konser, para member Silent Siren terus meningkatkan semangat, dengan membawakan Yoshida-san yang baru saja dirilis video musiknya, disusul dengan C.A.F.E, dan kemudian terjadi kejutan kedua saat Yukarun menjadi DJ untuk lagu DanceMusiQ. Konser ditutup dengan lagu Guru Guru Wonderland dimana para pengunjung seperti diajak untuk memutar handuk mereka tinggi-tinggi seperti tahun lalu.

Berikut ini daftar lagu yang dibawakan oleh Silent Siren saat konser S World Tour 2016 di Jakarta.

1. milk boy
2. Hachigatsu no Yoru
3. Bang!Bang!Bang
4. Bisan
5. Joshiko Sensou
6. love install
7. hikari
8. LOVE FIGHTER!
9. Soukai Rock!
10. HapiMari (Happy Marriage)
11. secret base~kimi ga kureta mono~
12. Koiyuki
13. stella☆
14. Yoshida-san
15. C.A.F.E
16. DanceMusiQ
17. Guru Guru Wonderland

Encore

1. Sinbad
2. What show is it
3. Cherry Bomb

Semoga Silent Siren bisa mengadakan konser lagi di Jakarta dalam waktu dekat.