Apa Kata Mereka Tentang Konser I Love ANISONG Tahun Ini

September 23, 2016 5:00 pm
Apa Kata Mereka Tentang Konser I Love ANISONG Tahun Ini

Setelah berbicara mengenai acaranya sendiri, tentu gelaran AFA tidak pernah lengkap tanpa adanya konser I love ANISONG yang selalu diadakan bersamanya. Tahun ini AFA membawakan lineup yang cukup berbeda dari tahun sebelumnya. Mereka kembali membawa Nano yang tampil di tahun lalu dan Bless4 yang tampil tahun 2012, namun bukan artinya artis-artis baru yang datang tahun ini kurang baik.

Berikut ini adalah daftar artis-artis yang datang dalam gelaran AFA ID 2016.

joi-apa-kata-mereka-soal-i-love-anisong-2

Dari lineup tahun ini, saya sangat menantikan performa Aimer dan Bless4, dan keduanya tampil dengan luar biasa. Lagu-lagu mereka memenuhi hall konser dengan semangat, dan secara pribadi saya merasa audio konser tahun ini memang lebih baik dibandingkan tahun lalu. Setidaknya walaupun saya berada di paling belakang pun saya masih bisa mendengar lirik dan musiknya.

Namun apa kata mereka tentang konser tahun ini? Mari kita tanya beberapa orang mengenai kesan mereka kepada konser tahun ini, dan siapakah artis yang paling mereka harapkan kedatangannya di tahun depan.

joi-apa-kata-mereka-soal-i-love-anisong-5

Pertama-tama saya mewawancara Andre yang datang ke konser hari pertama. Dia duduk di kursi H24 di tengah-tengah panggung sehingga dia berada di tempat yang cukup strategis untuk mendengar nyanyian para artisnya.

“Kalau overall dari sound ya audionya agak crap ya. Kalau soal performa artisnya sih oke banget, salut sama orang Jepang yang selalu stabil, tapi sayang karena audionya agak pecah gitu beberapa vokal suka tenggelam sama BGMnya. Saya suka banget sama penampilan Alisa Takigawa, oke banget.

Kalau soal peningkatan mungkin sound tahun lalu rasanya seperti ini juga, kalau bisa ditingkatkan untuk tahun depan, kalau soal penurunan, sepertinya lineup tahun ini memang agak lemah ya haha. Tapi tidak tahu bagaimana penggemar anisong lain menanggapinya.

Untuk artis yang saya inginkan untuk datang tahun depan, it’s JAM Project.”

joi-apa-kata-mereka-soal-i-love-anisong-3

Kemudian saya bertemu dengan Johannes, yang sudah beberapa kali ikut konser di gelaran AFA ID tapi masih berharap Nana Mizuki akan datang suatu hari nanti.

“Jujur secara pribadi saya suka sih sama lineup yang kemarin. Apalagi hari pertama, banyak artis yang bawa lagu opening ngebeat gitu, ballad juga ada. Sampai hari kedua ada Lia juga, makin bahagia.

Tempat konsernya juga lebih asik, lebar gitu, jadi kalau beli tiket GA pun rasanya tetap seru menonton konsernya. Artis baru juga jadi suka Maaya Uchida.

Untuk tahun depan.. Saya berharap Nana Mizuki dari tahun pertama sih hahaha….”

joi-apa-kata-mereka-soal-i-love-anisong-4

Kemudian saya bertemu dengan Marcel yang ternyata juga ingin supaya AFA ID membawa JAM Project ke Indonesia.

“Menurut saya sound systemnya lebih baik dari tahun lalu, overall lineup cukup memuaskan dan hall-nya lebih luas dibandingkan dengan tahun lalu; setlistnya cukup seru, namun sedikit kecewa waktu artist yang juga seiyuu tidak membawakan lagu tertentu yang dinyanyikan karakternya di serinya (contohnya: iM@S) meski mungkin memang karena masalah copyright.

Untuk harapan tahun depan, AFAID lebih berani dalam mendatangkan artist yang lebih variatif, misalnya yang pernah mengisi theme song film animasi seperti Hata Motohiro. Kalau secara pribadi, semoga JAM Project bisa diundang ke AFAID tahun depan”

joi-apa-kata-mereka-soal-i-love-anisong-6

Sepertinya JAM Project memang menjadi favorit para penggemar lagu Anisong di Indonesia, karena Masatommi pun berharap supaya band penyemangat batin yang satu itu juga datang ke Indonesia.

“Pelaksanaan dan kualitas venue sudah ada peningkatan, terutama venue yang sekarang jauh lebih adem. Posisi panggungnya pun pas jadi viewing anglenya bagus walau dari belakang. Toilet di dalam venue yang memungkinkan quick access dan sound system yang jauh lebih bagus membuat experience menonton jadi lebih baik. Secara performa para artis pun sudah baik, efek lighting di stage bagus dan ambiencenya terasa.

Saat Lia, suaranya terasa pas, namun pas pindah ke artis yang lebih happy seperti Bless4 atau keras dan cepat seperti Nano pun tetap ok. Dengar-dengar saat hari pertama saat Aimer dan Elisa pun superb banget. Diharapkan dari segi pelaksanaan kondisi ini tetap bisa dipertahankan.

Kalau saran, tolong dipertimbangkan 1 hal yang sudah saya minta sejak dulu, boleh bawa minum saat konser. Karena kondisi overexcited bisa menjadi life-threatening, saya sudah mengalami sendiri saat konser TMR dulu.

Untuk harapan artis yang bisa didatangkan tahun depan, saya harap artis AFA SG bisa didatangkan ke Indonesia juga, terutama T.M Revolution dan Jam Project.”

joi-apa-kata-mereka-soal-i-love-anisong-7

Dengan ini sudah ada 3 orang yang ingin supaya JAM Project datang ke Indonesia, namun ternyata tidak berhenti di situ saja. Romel yang saya wawancarai pun ternyata menjadi orang keempat dari lima orang yang saya wawancarai untuk membawa JAM Project ke Indonesia.

“Untuk konser Anisong tahun ini lumayan bagus sih, untuk best performance sepertinya Aimer. Tapi Elisa sama Alisa Tokugawa juga cukup notable. Untuk yang selanjutnya sih jelas saya berharap JAM Project bisa datang. Kalau tidak ya T.M Revolution atau Aimer lagi. Gak benar-benar berharap tapi kalau ada Kalafina atau Linhora saya sih pasti autobuy.”

Nama JAM Project sepertinya sudah sangat diinginkan oleh para penggemar anisong, walaupun saya lebih banyak mengetahui band tersebut dari seri Super Robot Taisen, namun banyak juga anisong yang menggunakan lagu mereka. Saya masih ingat betapa meriahnya suasana saat DJ Kazu memainkan lagu-lagu mereka beberapa tahun lalu. Mungkin memang sudah saatnya kita membawa JAM Project asli ke Indonesia.

Kalau kamu, apakah kamu punya saran untuk konser I Love Anisong di tahun depan? Juga siapakah artis yang paling kamu harapkan untuk datang di AFA ID 2017?