[Waifu Wednesday] Tsukamoto Yakumo

October 5, 2016 5:00 pm
[Waifu Wednesday] Tsukamoto Yakumo

Jadi siapa yang sedari dulu sudah ingin sekali waifu yang satu ini dibahas? Kalau boleh berkata jujur, memang saya sedikit skeptis mengenai waifu dari seri yang satu ini. Karena serinya sendiri juga sudah cukup lama dan mungkin tidak banyak diketahui oleh generasi baru. Namun saya melihat ada beberapa orang yang terus request di kolom komentar dan mungkin tidak ada salahnya untuk dibahas hari ini. Sambut Tsukamoto Yakumo dari seri komedi School Rumble.

joi-waifu-wednesday-tsukamoto-yakumo-2

Yakumo adalah adik dari Tsukamoto Tenma, dia adalah siswi SMA kelas 1 yang cantik, anggun dan kalem, she’s everything her sister is not. Pembawaannya yang tenang dan parasnya yang menawan membuatnya menjadi incaran banyak orang di sekolah, namun sayang dia tidak tertarik sama sekali kepada mereka. Well, mungkin ada satu orang yang membuatnya tertarik, yaitu Harima Kenji.

Tidak perlu saya jelaskan pun semua pembaca seri School Rumble pasti sudah tahu kenapa Yakumo ini adalah kandidat terbaik untuk menjadi seorang waifu; namun bagi mereka yang belum membaca ada baiknya saya menjelaskan daya tarik gadis yang satu ini. She’s basically the perfect wife.

+ Cantik luar dan dalam

joi-waifu-wednesday-tsukamoto-yakumo-5

Yakumo mungkin adalah salah satu contoh terbaik untuk pribadi yang cantik luar dan dalam. Seringnya kita melihat dalam suatu anime bila ada seseorang yang terlampau cantik, maka hatinya pasti busuk; atau bisa saja hatinya sangat baik, tapi parasnya leave much to be desired. Namun untungnya, Yakumo memiliki kedua itu, paras yang cantik dan juga hati yang lembut. Saya rasa hati yang lembut itu berasal dari pengalamannya mengurus kakaknya yang slebor selama bertahun-tahun.

Yakumo juga sangat berhati-hati dalam berbicara, karena dia tidak ingin melukai perasaan orang lain. Namun bila dia ingin menolong orang lain, maka hal itu akan dilakukannya tanpa pamrih.

+ Pintar masak dan mengurus rumah

Apa jadinya kalau seorang waifu tidak bisa masak, mungkin pilihannya hanya ada antara makan masakan biohazard miliknya seperti yang dilakukan oleh Raku dari Nisekoi, atau pesan makanan dari luar terus seumur hidup. Hal itu akan membuat dompetmu bocor sebocor-bocornya. Untungnya Yakumo adalah seorang adik yang jago masak dan mengurus rumah, jadi kamu hanya perlu memikirkan bagaimana untuk mencari uang sebagai tulang punggung keuarga.

joi-waifu-wednesday-tsukamoto-yakumo-10

 

Yakumo juga pernah bekerja sambilan di sebuah kafe yang bernama Cafe Mercadodia adalah seorang waitress dalam kafe tersebut dan pengalamannya tentu dapat membantu mengerjakan pekerjaan di rumah. Dia juga adalah anggota klub teh tradisional bersama Akira, tentu ketenangan yang dimilikinya juga bisa menjadi andalan. Waifu yang tenang artinya kehidupan keluarga yang tentram, tapi saya sendiri juga belum pernah melihat Yakumo marah sih.

+ Bisa telepati

joi-waifu-wednesday-tsukamoto-yakumo-4

Salah satu kemampuan Yakumo yang paling menonjol adalah dia bisa membaca pikiran siapa saja, karena itu dia bisa membaca apa yang orang inginkan darinya. Hal ini memudahkan dirimu bila kamu sedang capek, Yakumo bisa mengerti apa yang harus dilakukan untuk menenangkanmu. Namun hal ini juga sekaligus membuatmu tidak bisa menyembunyikan rahasia apa-apa kepadanya.

Saran saya, bawa Yakumo saat kamu ada urusan bisnis dengan orang lain dan niscaya kamu akan terus sukses dalam bisnis tersebut.

+ Perhatian kepada orang lain

Dengan kemampuan telepati tersebut, Yakumo menjadi seseorang yang sangat perhatian juga pengertian kepada orang lain. Di luar kemampuan telepati tersebut pun sebenarnya Yakumo sendiri memang sudah baik dan tidak perlu diberikan kekuatan telepati lagi. Adik Harima, Shuuji pernah tersesat ke rumah keluarga Tsukamoto di tengah hujan, dan tanpa mengetahui siapa Shuuji sebenarnya, Yakumo mengundangnya masuk ke rumah untuk menghangatkan diri. Kebaikan inilah yang pasti membuat banyak orang jatuh cinta kepadanya.

joi-waifu-wednesday-tsukamoto-yakumo-7

Namun dia tidak hanya perhatian kepada manusia, dia juga memiliki affection yang besar kepada binatang, misalnya kucing mereka Iori. Yakumo selalu memberikannya makan dan khawatir saat Iori terluka, pada awalnya Iori memang tidak mau dekat-dekat kepada Yakumo, namun lambat laun akhirnya kucing tersebut mau duduk di pelukannya. Saya juga mau.

Sebenarnya sih sebagai waifu sendiri Yakumo tidak punya kelemahan apapun, selain menjadi karakter 2D yang sepertinya tidak akan terealisasi kapanpun juga. Tapi beberapa diskusi bersama teman saya juga akhirnya membuat kami memilih beberapa kelemahan Yakumo. It’s not technically hers though.

– Ekspresinya susah untuk dibaca

joi-waifu-wednesday-tsukamoto-yakumo-3

 

Yakumo jarang sekali memperlihatkan ekspresinya di depan umum, dia terlihat memiliki ekspresi yang selalu tenang. Mungkin hanya beberapa kali saya melihat dia tersenyum di seri ini dan itu masih bisa dihitung dengan jari. Jadi mungkin agak sulit untuk membaca ekspresi Yakumo saat dia senang, sedih, atau marah.

Tapi kasus cool beauty seperti ini memang sering terjadi di dunia anime, sebut saja Ayanami Rei dan Yuuki Nagato dari seri-seri lawas. Keduanya merupakan karakter yang pendiam dan tidak banyak berbicara ataupun berekspresi. Namun bila saya disuruh pilih salah satu dari mereka untuk jadi waifu, saya tidak akan ragu untuk memilih Yakumo.

– Sainganmu sekampung

Ya, yang ngejer Yakumo tidak hanya 1-2 orang saja, tapi hampir seluruh sekolah dan semua orang tidak sungkan-sungkan untuk mengekspresikannya. Untungnya, Yakumo hampir tidak pernah menerima perasaan mereka, bahkan Hanai yang juga adalah teman sekelas kakaknya. Hal ini membuat saya berpikir, kriteria pacar seperti apakah yang diinginkan oleh Yakumo, standar apa yang dimilikinya dan apa yang harus dimiliki olehmu untuk menjadi pasangannya?

joi-waifu-wednesday-tsukamoto-yakumo-6

 

Satu-satunya orang yang mungkin menjadi love interest dari Yakumo adalah Harima. Harima adalah satu-satunya orang yang pikirannya tidak bisa dibaca oleh Yakumo, dan Yakumo sering menjadi asisten manga dari Harima saat dia sedang kepepet deadline. Waktu yang dihabiskan mereka berdua bersama ditambah dengan rasa ingin tahu Yakumo kenapa dia tidak bisa membaca pikiran Harima pasti membuatnya penasaran dan sedikit demi sedikit menumbuhkan perasaan.

Sayang saya shipping Harima dengan Sawachika Eri, karena tidak ada yang lebih baik dari pasangan ojou-sama tsundere dengan yankee liar yang baik hati.

joi-waifu-wednesday-tsukamoto-yakumo-8

 

Yakumo mungkin adalah sebuah buah yang sedikit jauh dari jangkauanmu. Kamu harus berusaha keras untuk mendekatinya tanpa memikirkan hal yang aneh-aneh karena sudah pasti terbongkar dengan kemampuan telepati miliknya. Namun saya rasa bila niatmu tulus dan baik maka Yakumo tidak akan terlalu memikirkannya. Bila kamu beruntung mungkin juga kamu bisa meminangnya.