‘Pokemon Sun & Moon’ Kenalkan Evolusi Starter, Siapkan Demo

October 6, 2016 10:00 am
‘Pokemon Sun & Moon’ Kenalkan Evolusi Starter, Siapkan Demo

The Pokemon Company telah merilis informasi terbaru mengenai “Pokemon Sun” dan “Pokemon Moon” yang memperkenalkan evolusi ketiga starter Pokemon, tanggal rilis demo, dan juga berbagai fitur baru.

Pokemon Baru

Dartric (evolusi dari Rowlet)

pokemon-sun-moon-demo-2

  • Kategori: Blade Quill Pokemon
  • Tipe: Grass/Flying
  • Tinggi: 2’04”
  • Berat: 35,3 lbs
  • Ability: Overgrow

Torracat (evolusi dari Litten)

pokemon-sun-moon-demo-3

  • Kategori: Fire Cat Pokemon
  • Tipe: Fire
  • Tinggi: 2’04”
  • Berat: 55,1 lbs
  • Ability: Blaze

Brionne (evolusi dari Popplio)

pokemon-sun-moon-demo-4

  • Kategori: Pop Star Pokemon
  • Tipe: Water
  • Tinggi: 2’00”
  • Berat: 38,6 lbs
  • Ability: Torrent

Ash-Greninja

pokemon-sun-moon-demo-5

  • Kategori: Ninja Pokemon
  • Tipe: Water/Dark
  • Tinggi: 4’11”
  • Berat: 88,2 lbs
  • Ability: Battle Bond

Versi Baru dari Pokemon Global Link

pokemon-sun-moon-demo-6

Pokemon Global Link, situs yang terhubung ke Pokemon Sun dan Moon, akan diperbaharui dan dibuka kembali pada tanggal 18 November, bersamaan dengan rilisnya Pokemon Sun dan Moon. Versi barunya akan mengakhiri layanan dengan Pokemon Omega Ruby, Pokemon Alpha Sapphire, Pokemon X, dan Pokemon Y dan akan terhubung dengan Pokemon Sun dan Pokemon Moon. Ada banyak fitur baru yang bisa kalian nikmati.

Rating Battle Melawan Trainer di Seluruh Dunia

Rating Battle adalah tempat Trainer di seluruh dunia bertarung menggunakan Pokemon favoritnya untuk menentukan siapa yang terkuat. Setelah menjadi anggota Pokemon Global Link dan mendaftarkan game Pokemon Sun atau Pokemon Moon, kalian akan bisa menggunakan situsnya. Ada beberapa perubahan mengenai format petarungan dan cara bertarung. Berikut adalah detilnya.

Aturan Pertarungan

Tiga macam aturan pertarungan untuk Rating Battle yang sudah ada (Single, Double, Special), kini menjadi 4 macam dengan tambahan aturan untuk format Championships Battle:

  • Single: Trainer mengirim Pokemon ke pertarungan satu per satu.
  • Double: Trainer mengirim dua Pokemon sekaligus ke pertarungan.
  • Special: Setiap season, ada peraturan khusus yang membuat Trainer bisa merasakan pertarungan yang berbeda. Dalam Season 1 yang dimulai per 18 November, peraturan khususnya adalah pertarungan Single dengan menggunakan Pokemon yang tidak bisa digunakan dalam peraturan lainnya: Pokemon legendaris Solgaleo dan Lunala, Magearna yang bisa didapatkan melalui QR Scanner, Ash-Grenninja yang didapatkan dari demo, dan masih banyak lainnya.

Aturan Baru untuk Championship Battle

Set peraturan keempat memungkinkan Trainer untuk bertarung sepanjang tahun menggunakan peraturan resmi yang digunakan dalam Pokemon World Championships, kompetisi yang diadakan setiap tahun untuk menentukan Pokemon Trainer terkuat di dunia. Kalian akan bisa merasakan peraturan WCS2017 pada saat situsnya dirilis.

Poin utama dari peraturan Pokemon WCS 2017 adalah:

  • Format Double Battle terbatas untuk Pokemon yang muncul di Pokedex wilayah Alola (kecuali beberapa Pokemon legendaris dan mistis).
  • Penggunaan Mega Stone dilarang
  • Hanya Pokemon yang didapatkan dalam Pokemon Sun dan Pokemon Moon yang bisa digunakan.

Sistem “Your Time” untuk Rating Battle

Sistem baru diperkenalkan dalam battle time setting yaitu “Your Time.” Ketika menggunakan metode ini, pemain akan memiliki waktu maksimal 60 detik untuk memilih serangan atau Pokemon, dan masing-masing memiliki 10 menit “Your Time.” Dengan aturan ini, jika pemain kehabisan waktu 10 menit sebelum pertarungan berakhir, pemain tersebut akan kalah. Ini berarti pertarungan akan menjadi lebih cepat berakhir.

Pengecualian untuk beberapa Pokemon legendaris dan mistis tertentu dari Single dan Double Battle masih tetap sama. Selain Pokemon yang didapatkan dari Pokemon Sun dan Pokemon Moon, Pokemon yang didapat dari Pokemon X, Pokemon Y, Pokemon Omega Ruby, Pokemon Alpha Sapphire akan bisa digunakan dalam Single dan Double Rating Battle beberapa waktu setelah update untuk Pokemon Bank di Januari 2017.

Di waktu yang akan datang, aturan khusus untuk Rating Battle dan Live Competition yang memungkinkan menggunakan Pokemon dari game Virtual Console seperti Pokemon Red, Pokemon Blue, dan Pokemon Yellow: Special Pikachu Edition akan bisa diguankan dalam Pokemon Sun dan Pokemon Moon.

Bertarung Menggunakan Pokemon Pemain Lain

pokemon-sun-moon-demo-7

Dalam Pokemon Sun dan Moon, kalian bisa mendaftarkan Pokemon yang sering kalian gunakan dalam Battle Team, yang berisikan dari 1 hingga 6 Pokemon. Kalian bisa menyetel hingga 6 Battle Team dan Pokemon yang sama bisa didaftarkan ke beberapa Battle Team sekaligus.

Ketika Pokemon Global Link diperbaharui, fitur baru akan tersedia yaitu QR Rental Team. Pemain akan bisa berbagi tim mereka dan menggunakan Battle Team dari pemain lain. Public Battle Team bisa di-scan menggunakan QR Code di dalam Pokemon Global Link. Kalian bisa berpartisipasi dalam Link Battle dan beberapa Rating Battle dengan menggunakan Battle Team sewaan. Kalian bahkan bisa bertarung menggunakan Pokemon dari pemain yang jago, contohnya adalah pemenang World Championships.

Global Mission Dimulai

Global Mission adalah event terbatas yang memungkinkan Trainer di seluruh dunia untuk menjalankan misi dari Festival Plaza dalam Pokemon Sun dan Moon. Global Mission akan diadakan secara rutin. Tema Global Mission pertama adalah “Tangkap Pokemon sebanyak mungkin!” Event ini direncanakan berjalan pada akhir November. Sesuai dengan namanya, dalam misi ini tugas kalian adalah menangkap Pokemon sebanyak mungkin tanpa batasan spesiesnya. Jumlah Pokemon yang diperlukan, dan juga target-target lainnya, akan diumumkan dalam Pokemon Global Link sebelum misi dimulai.

Tentunya kalian harus mendaftarkan game ke Pokemon Global Link untuk bisa melihat Global Mission. Untuk merayakan dibukanya Pokemon Global Link, The Pokemon Company akan membagikan hadiah khusus  untuk seluruh anggota Pokemon Global Link setelah misi pertama sukses.

Dirikan Kompetisi Pribadi

Dalam Pokemon Global Link baru, kalian tentu bisa berkompetisi dalam Online Competition, sama seperti dulu. Tetapi sekarang terdapat Friendly Competition yang memungkinkan kalian mengadakan kompetisi pribadi dengan aturan yang kalian tentukan. Friendly Competition akan menghadirkan kompetisi dengan 2 gaya yang berbeda.

Online Competition

Dalam kompetisi internet, kalian bisa bertarung melawan pemain di seluruh dunia atau diatur untuk Trainer yang sudah disetujui saja. Ketika jumlah kontestan sudah mencapai jumlah yang ditentukan, Pokemon Ranking juga akan dihitung, sama seperti Online Competition resmi.

Live Competition

Live Competition akan memungkinkan kalian mengadakan kompetisi bersama pemain lain di ruang yang sama. Digital Player ID yang berisikan regulasi akan dibuat menjadi QR Code dan dengan memindainya, kontestan akan bisa bertarung sesuai dengan aturannya.

Mega Evolution

pokemon-sun-moon-demo-8

Beberapa Pokemon akan bisa melakukan Mega Evolve di Pokemon Omega Ruby, Alpha Sapphire, X, dan Y. Selama kalian memiliki Mega Stone yang sesuai, Pokemon-Pokemon ini bisa melakukan Mega Evolve. Tentu Pokemon tersebut yang kalian tangkap di Pokemon Sun dan Moon pun tentu akan bisa melakukan Mega Evolve. Kalian bisa mendapatkan Mega Stone dari karakter NPC atau dari toko khusus.

Mainkan Demo-nya

Pada tanggal 18 Oktober, Pokemon Sun dan Moon Special Demo Version akan tersedia di Nintendo eShop. Yang spesial dari demo ini adalah Ash-Greninja yang merupakan Pokemon yang menjadi rekan Ash di serial anime Pokemon the Series: XYZ akan hadir di demo-nya dan menjadi rekan kalian.

Bawa Ash-Greninja ke Pokemon Sun atau Moon

pokemon-sun-moon-demo-9

Kalian bisa membawa Greninja unik ini, yang bisa berubah menjadi Ash-Greninja, ke Pokemon Sun atau Moon versi penuh. Untuk mendapatkannya, kalian harus menyelesaikan petualangan di Pokemon Sun dan Moon Special Demo Version.

Poke Pelago

pokemon-sun-moon-demo-10

Dalam Pokemon Sun dan Moon, terdapat fitur bernama Poke Pelago. Di sini, Pokemon yang kalian taruh di Box akan bisa menikmati berbagai hal. Poke Pelago terdiri dari berbagai pulau yang bisa dijelajahi, menggunakan peralatan latihan, dan aktivitas lainnya oleh Pokemon. Jika kalian mengirim banyak Pokemon ke Poke Pelago, kalian akan bisa membangun fasilitas di pulau-pulaunya, bahkan pulau baru. Karena pulaunya berkembang dan bertambah sesuai dengan jumlah Pokemon, kalian akan bisa melakukan banyak hal seperti mencari item atau melatih Pokemon.

Pokemon yang mengunjungi Isel Abeens, yang bisa diakses dari awal, mungkin akan bisa bergabung dengan party kalian. Pokemon yang dilengkapi dengan icon hati di atas kepalanya berarti menyukai kalian.

pokemon-sun-moon-demo-11

Dalam Isle Aphun, yang bisa diakses setelah dibangun, kalian bisa mendapatkan berbagai item penting.

pokemon-sun-moon-demo-12

Festival Plaza

Dalam Pokemon Sun dan Moon, fitur komunikasi seperti bertarung dan bertukar dikumpulkan dalam Festival Plaza. Ini adalah tempat dengan festival yang tidak pernah berakhir karena Pokemon Trainer dari seluruh dunia berkumpul.

pokemon-sun-moon-demo-13

Seiring petualangan, kalian akan bisa mengakses Festival Plaza. Kalian akan bisa menyambut pemain lain dan mengerjakan permintaan. Bicara dengan pengunjung untuk membuat suasana menjadi ramai.

Ajak pengunjung jalan-jalan agar mereka bisa menikmati festival!

Captain Sophocles adalah pemilik Festival Plaza.

Terhubung dengan Pemain Lain

pokemon-sun-moon-demo-14

Pemain Pokemon Sun dan Moon di sekitar kalian atau dari seluruh dunia yang terhubung melalui internet akan mengunjungi Festival Plaza. Kalian akan bisa berinteraksi dengan mereka melalui berbagai fitur, contohnya bertarung dan bertukar.

Belanja dengan Festival Coin

pokemon-sun-moon-demo-15

Dengan berbicara dengan orang lain dan mendengarkan permintaan mereka, kalian bisa mendapatkan Festival Coin yang dapat digunakan dalam Festival Plaza. Ada banyak toko unik di Festival Plaza, contohnya toko yang selalu diskon, tempat berlatih Pokemon, hingga tempat mengecat pakaian.

Rank Festival Plaza kalian bergantung pada jumlah Festival Coin. Semakin tinggi rank, maka semakin banyak hadiah yang kalian dapatkan dan jumlah kegiatan di Festival Plaza pun akan bertambah.

Selesaikan Misi Sebagai Tim

pokemon-sun-moon-demo-16

Seiring rank Festival Plaza naik, kalian akan bisa mengadakan berbagai misi. Misi ini akan bisa dikerjakan oleh banyak pemain utnuk menyelesaikan suatu target secara bersama-sama. Misi bisa dibagikan ke pemain lain yang terhubung melalui koneksi lokal atau internet.

Pokemon Sun dan Pokemon Moon akan rilis pada tanggal 18 November untuk Nintendo 3DS.

Sumber: Gematsu