‘Summer Lesson’ Ungkap Alur Gameplay

October 7, 2016 8:00 pm
‘Summer Lesson’ Ungkap Alur Gameplay

Menyambut rilisnya pada pekan depan, Bandai Namco telah mengungkapkan informasi terbaru mengenai “Summer Lesson: Hikari Miyamoto Seven Days Room” (Basic Game Pack). Informasi yang dirilis kali ini adalah mengenai alur gameplay dan juga detil mengenai rilis game-nya.

Game eksklusif untuk PlayStation VR ini akan dirilis dalam bentuk digital saja dengan harga 2.980 Yen. Setelah dirilis, Bandai Namco berencana untuk merilis berbagai skenario dalam bentuk DLC, contohnya adalah jalan-jalan atau melihat kembang api bersama Hikari. Bandai Namco juga menyiapkan bonus cetakan perdana berupa kostum DLC. Apabila kalian membeli game ini sebelum tanggal 31 Oktober, kalian akan mendapatkan kostum “Scarlet” dan “Off-White” untuk Hikari.

summer-lesson-alur-gameplay-13

summer-lesson-alur-gameplay-14

Berikut adalah detil mengenai alur gameplay:

Pemain

summer-lesson-alur-gameplay-1

Sebagai guru les, kalian bertugas untuk mengajari Hikari Miyamoto, seorang siswi yang memiliki nilai yang mengecewakan. Demi mempersiapkan Hikari untuk ujian yang akan diadakan pada akhir liburan musim panas, kalian akan menghabiskan pekan terakhir di musim panas berkunjung ke rumahnya.

Hikari Miyamoto

Hikari Miyamoto adalah gadis penuh semangat dan ceria yang tidak pernah memikirkan berbagai hal terlalu dalam. Tetapi sekarang dia berada dalam kondisi darurat! Dia adalah gadis manis yang selalu bekerja keras bersama teman-temannya dalam aktivitas ekskul, tetapi sering mendapatkan remedial untuk berbagai mata pelajaran. Merasa kesal, kedua orang tuanya memanggil guru les dan mengatakan kepada Hikari, “Jika ujian di akhir liburan musim panas hasilnya mengecewakan, kamu harus menghentikan aktivitas ekskul!!” Apakah kalian bisa membantu Hikari agar mendapatkan nilai bagus?

Tujuh Hari

summer-lesson-alur-gameplay-2

Selama tujuh hari, kalian akan mengunjungi rumah Hikari dan mengajarinya. Jika usaha kalian berhasil, maka hasil ujian Hikari pun akan bagus. Karena itu, ending dari game ini bergantung pada sebarapa jauh Hikari bisa berkembang dalam periode tersebut.

Kegiatan Harian

Setiap hari, kalian sebagai guru les akan memulai hari dengan duduk di kafe. Kalian adalah pelanggan kafe yang tidak terlalu ramai ini. Tempat ini adalah ruangan baru yang sebelumnya tidak ada di berbagai demo Summer Lesson.

summer-lesson-alur-gameplay-3

Di meja terdapat berbagai peralatan yang kalian miliki. Peralatan ini berfungsi seperti main menu. Kalian bisa memilih controller layout yang paling cocok dengan diri kalian dan kemudian akan bisa memilih menu yang ingin dibuka.

summer-lesson-alur-gameplay-4

Pagi Hari

Persiapkan materi sambil memikirkan kemampuan apa yang ingin kalian tingkatkan seiring menuju hari terakhir. Kaliann harus mempertimbangkan materinya karena kemampuan yang meningkat akan bergantung pada materi yang kalian berikan. Sebagai guru lesnya, tugas kalian adalah meningkatkan 5 kemampuan Hikari: “niat,” “inspirasi,” “wawasan,” “kebahagiaan batin,” dan “berpikir cepat.”

summer-lesson-alur-gameplay-5

Pada awalnya, hanya akan ada 3 materi yang tersedia (“membaca sambil memahami,” “pemikiran logis,” dan “menghafal”) tetapi jumlah materi akan terus bertambah seiring kalian bermain.

10:00 – Pelajaran Dimulai

Pada jam 10:00, waktu mengajari Hikari dimulai.

Konten pelajaran akan bergantung pada materi yang kalian pilih pada saat mempersiapkan diri di kafe. Pada saat belajar, kalian bisa bebas memilih ingin mengawasi Hikari seperti apa. Kalian bisa memperhatikannya dengan tenang, mendukunganya, dan juga memberi berbagai pertanyaan. Jika kalian memberi panduan sesuai dengan materi, kemampuan Hikari bisa meningkat dengan drastis.

summer-lesson-alur-gameplay-6

Pastikan untuk mengawasi Hikari yang sedang belajar dengan berbagai cara untuk masing-masing materi. Jika kalian memilih “menghafal,” maka Hikari akan berusaha untuk menghafal dengan flash card.

summer-lesson-alur-gameplay-7

15:00 – Waktu Istirahat

Setelah 5 jam belajar, Hikari perlu waktu istirahat. Pada saat ini, kalian bisa memperhatikan Hikari yang menghabiskan waktu, atau juga mengajaknya mengobrol. Mungkin saja ada event spesial yang bisa kalian nikmati.

Hikari mungkin akan menghabiskan waktu dengan mengulik smartphone-nya. Apakah kalian bisa mendekati Hikari untuk mengintip layar HP-nya?

summer-lesson-alur-gameplay-8

Kalian juga bisa melihat laporan hasil pelajaran yang ditampilkan dalam bentuk papan laporan, bukan layar 2D. Hasil laporan akan bergantung pada sebarapa cocok antara materi dan metode pelajaran yang dipilih.

summer-lesson-alur-gameplay-9

Jika kalian memilih ngobrol bersama Hikari, kalian bisa memilih berbagai topik seperti teman-temannya, pelajaran, atau aktivitasnya.

summer-lesson-alur-gameplay-10

17:00 – Periksa Hasil Pelajaran

Setelah pelajaran selesai, kalian akan pulang dari rumah Hikari dan kembali ke kafe untuk memeriksa seberapa jauh perkembangan Hikari di hari tersebut.

summer-lesson-alur-gameplay-11

Alur untuk hari berikutnya akan sama. Pertumbuhan Hikari akan bergantung pada kalian, sang guru les!

Summer Lesson akan rilis di Jepang pada tanggal 13 Oktober, bersamaan dengan rilisnya PlayStation VR. Kalian sudah bisa memesan game ini di PlayStation Store Jepang.

Sumber: Gematsu (1, 2)