[Celebrity Sunday] Koji Mori

Celebrity Sunday kali ini akan membahas tentang mangaka yang bernama Koji Mori. Mungkin kalian tidak pernah mendengar namanya, tetapi salah satu karya telah mendapatkan adaptasi drama.

Mori adalah seorang mangaka pria yang lahir pada tahun 1966. Karena sejak kecil kondisi fisiknya sangat baik, orang tuanya menyarankan Mori untuk ikut klub baseball little league. Ternyata klub yang dia ikuti berhasil kompetisi tingkat nasional. Tetapi sebenarnya Mori tidak menikmati baseball. Mori mengatakan kepada orang tuanya bahwa dia sebenarnya lebih menikmati menggambar di rumah. Mori ingin menjadi mangaka setelah membaca manga Ganbare Genki, manga tentang tinju.

celebrity-sunday-koji-mori-4

Pada saat masuk SMA, dia berteman dengan Kentaro Miura, pengarang Berserk. Mori sering bermain ke rumah Miura untuk menggambar manga karena kedua orang tua Miura adalah desainer. Mori juga sebenarnya cukup dekat dengan kedua orang tuanya. Tetapi pada saat jalan-jalan ke daerah Shimokitazawa dan sekitarnya, dia jadi bertarung dengan kedua orang tuanya.

celebrity-sunday-koji-mori-5

Setelah lulus SMA, dia dan Miura masuk ke Nihon University College of Art. Pada saat kuliah, Mori bergabung dengan organisasi glove karate. Tetapi dia masih terus membuat manga. Dia sudah pernah mengirim karyanya untuk ikut lomba penghargaan, tetapi tidak pernah menang. Dia juga pernah mendapatkan kritik dari editor manga bahwa dia lebih baik memperbagus gambarnya dan menyerahkan cerita manga kepada editornya. Kritik ini membuat Mori mengalami slump. Mori hingga menjalani hidup liar dengan bermain ke berbagai tempat, contohnya Roppongi. Pada tahun keempat pada saat kuliah, Miura berhasil debut menjadi mangaka. Dikatakan bahwa hal ini bisa terjadi berkat saran dari Mori, tetapi sebenarnya dia sendiri mengalami perasaan kompleks karena dirinya masih hidup dengan liar.

celebrity-sunday-koji-mori-1

Setelah lulus kuliah, Mori bekerja sebagai desainer, mengerjakan gambar dan storyboard untuk iklan. Pada saat umur 25 tahun, dia pergi ke Suzuka Circuit untuk melihat balapan F1 dan mengumpulkan materi. Mori pulang menggunakan motor dan di tengah perjalanan mengalami kecelakaan. Karena pengalaman ini, dia kembali mengejar karir sebagai mangaka. Mori berhasil debut sebagai mangaka pada tahun 2000. Manga debutnya adalah Holy Land, manga tentang bela diri dan street fight yang dibuat berdasarkan pengalamannya. Manga ini ternyata sukses dan diadaptasi menjadi drama di Jepang dan Korea. Mori juga sudah menikah dengan mangaka bernama Akkiu.

celebrity-sunday-koji-mori-3

Mori adalah penggemar ilmu bela diri, bahkan hingga kini dia masih terus berlatih dengan atlit profesional. Bahkan pada saat syuting drama Holy Land, Mori selalu memberi pengarahan adegan aksi sebelum syuting dimulai. Hal ini membuat dia lebih dihormati oleh para aktor dan staff, tidak hanya sekedar dihormati sebagai pengarang asli karyanya.

Saat ini Mori masih sibuk mengerjakan seri Jisastsutou (Suicide Island) dan Destroy and Revolution.