[Updated] Anime ‘Getsuyoubi no Tawawa’ Dihapus YouTube Karena Melanggar Aturan

October 10, 2016 5:23 pm
[Updated] Anime ‘Getsuyoubi no Tawawa’ Dihapus YouTube Karena Melanggar Aturan

Hari ini tentu sudah banyak yang melihat kalau seri Getsuyoubi no Tawawa” buatan ilustrator favorit kita semua, Himura Kiseki diunggah ke berbagai media video di internet. Seri yang pada awalnya dibuat untuk mencerahkan hari Senin semua orang ini diangkat menjadi anime dengan suara Sayaka Harada yang menjadi Ai-chan seperti yang sudah diumumkan sebelumnya.

ss2016-10-10at06-41-57

Namun belum genap 1 hari kita semua merayakan munculnya anime tersebut, situs raksasa hosting video YouTube tiba-tiba menghapus video tersebut. Menurut informasi yang dipaparkan dalam alamat yang sebelumnya menjadi alamat video tersebut, Getsuyoubi no Tawawa dianggap melanggar aturan komunitas yang berlaku di situs tersebut. Padahal menurut testimoni Dedemit, anime tersebut tidak memuat sesuatu yang ‘berbahaya’.



Well, on some cases Himura likes to make it suggestive though.

Beberapa hal yang bisa dilanggar oleh seri ini dalam aturan YouTube menurut saya sendiri adalah,

  1. Adanya konten seksual dalam seri tersebut: Saya cukup yakin selain ukuran dada Ai-chan yang besar, tidak ada lagi unsur seksual atau nudity dalam episode tersebut.
  2. Kontennya berbahaya: Aturan ini berlaku bila kontennya berbahaya bila menyangkut tindak terorisme atau menggiring opini ke arah yang salah. Satu-satunya yang saya anggap bisa digiring oleh Getsuyoubi no Tawawa mungkin cuma kadar kebahagiaan para pria.
  3. CopyrightHimura Kiseki sendirilah yang mempromosikan video YouTube tersebut lewat channel milik NBC Universal Anime/Music, jadi saya rasa aturan copyright tidak berlaku karena video tersebut resmi.

Saya tidak melihat ada alasan yang cukup untuk menghapus Getsuyoubi no Tawawa dari ranah YouTube, namun kita tahu sendiri sistem dalam situs YouTube sendiri pun memang sedikit rusak. Komplain orang-orang diterima oleh bot dan video yang bermasalah akan diturunkan tanpa pemberitahuan. Saya rasa ada beberapa orang yang kemudian melaporkan video ini dengan tuduhan yang beragam.

Ini baru episode pertama, bagaimana dengan nasib episode-episode berikutnya dari anime ini? Apakah kelanjutannya juga akan dihapus seperti episode pertama? Atau apakah pihak NBC Universal dan Himura bisa menyelesaikan kesalahpahaman ini? Bahkan saya pun masih belum menonton episode pertamanya. Tolong jangan rusak hari Senin saya YouTube.

joi-getsuyobi-no-tawawa-signums

Tapi ya, setidaknya bisa baca sendiri di rumah.

Update:

Anime Getsuyoubi no Tawawa kini bisa juga dinikmati lewat akun YouTube yang diyakini oleh banyak orang sebagai akun milik Himura Kiseki. Akun tersebut mengunggah ulang episode pertamanya yang bisa kamu lihat di bawah ini.

ss2016-10-11at03-02-46

Bila ada yang menarik dari pengunggahan ulang video ini adalah, sekarang video tersebut diberikan batasan umur, artinya hanya penonton yang umurnya lebih dari yang diperbolehkan saja yang bisa menonton video ini. Mungkin karena video sebelumnya tidak diberikan batasan umur oleh channel milik NBC Universal.

Netizen yang berkomentar dalam video tersebut juga menyalahkan para YouTube Heroes, sistem baru pemberian kekuatan moderasi bagi para penonton untuk membantu membuat YouTube menjadi tempat yang lebih baik. Namun mereka curiga para Hero malah menyalahgunakan kekuasaan mereka untuk melakukan hal-hal yang tidak seharusnya.

Jadi apakah ini artinya pelipur lara hari Senin kita ini sebuah anime yang tidak pantas ditonton oleh anak-anak di bawah umur? Kayanya banyak yang lebih parah deh.