[Monday Music] KOTOKO

October 10, 2016 5:00 pm
[Monday Music] KOTOKO

Untuk Monday Music kali ini, saya akan membahas tentang KOTOKO, salah satu penyanyi anisong legendaris yang sudah menyanyikan banyak lagu. Tidak hanya sekedar menyanyi, dia juga aktif menulis lirik dan menggubah lagu.

Sejak kecil, KOTOKO sudah tertarik untuk menulis lirik dan lainnya. Setelah lulus SMA, KOTOKO masuk sekolah musik Haura di Sapporo untuk belajar musik. Di sekolah ini, dia bertemu dengan penyanyi dan penulis lagu Eiko Shimamiya yang juga mengajar di sekolah tersebut. Dia kemudian menyerahkan demo tape yang berisikan lagu orisinal buatannya kepada Shimamiya. Setelah mendengar lagunya, Shimamiya mengajaknya untuk bergabung dengan grup musik I’ve.

KOTOKO memulai karirnya pada tahun 2000. Awalnya, dia debut sebagai penulis lirik, setelah itu debut sebagai vokalis. Di akhir tahun 2000, dia akhirnya debut sebagai penyanyi solo. Di tahun berikutnya, dia juga debut sebagai komposer lagu. KOTOKO pertama kali menyanyikan lagu anime pada tahun 2002 dengan lagu “Shooting Star” untuk Onegai Teacher.

Tahun 2004 adalah tahun pada saat karirnya mulai naik. Pertama-tama dia berhasil major debut dengan album Hane yang dirilis oleh Geneon Entertainment. Setelah itu, dia langsung melakukan tur konser di seluruh Jepang. Di bulan November, single “Re-sublimity” yang menjadi lagu tema untuk Kannazuki no Miko membuat karir KOTOKO melejit. Single tersebut berhasil menduduki peringkat ke-8 di Oricon Chart pada saat baru rilis.

Di tahun 2005, KOTOKO mendirikan fan club Mutant Dwarf, membuka situs resmi, dan juga pertama kali tampil di luar Jepang dalam Anime Expo 2005. Karir KOTOKO terus menanjak setelah ini. Selain mulai sering tampil di luar Jepang, KOTOKO tetap banyak melakukan kegiatan di dalam Jepang. Beberapa contohnya adalah tampil di festival kampus untuk pertama kali, kerjasama dengan sebuah film live-action yaitu Real Onigokko, dan juga mengadakan konser di Budokan. Pada tahun 2010, KOTOKO berhasil memenangkan kategori artis dalam negeri dalam Amazon.co.jp 10th Year Anniversary Author & Artist Hall of Fame.

Di tahun 2011, KOTOKO berpisah dengan I’ve dan label Geneon Entertainment. Ini karena sekarang dia mendirikan kantor baru yang bernama Orpheeco. Dia juga sekarang bekerjasama dengan label musik Warner Bros. Home Entertainment. Di tahun 2012, dia sempat tampil konser di Indonesia, tepatnya dalam Anime Festival Asia Indonesia 2012. KOTOKO juga akan tampil di Anime Festival Asia Singapura 2016 yang berlangsung pada bulan November.

KOTOKO memang akhir-akhir ini jarang terdengar, tetapi ternyata dia sibuk dengan hal lainnya. Dia kembali berfokus mengejar hal yang disukainya yaitu menulis lirik lagu. Meski aktif sebagai penyanyi solo, dia sering membuat lirik untuk berbagai artis lainnya. Beberapa contohnya adalah Mami Kawada, Maon Kurosaki, Yoshino Nanjo, Ray (yang jadi penyanyi karena penggemar KOTOKO), dan masih banyak lainnya.

Kalian bisa mengikuti KOTOKO lewat situs resmi, blog, dan Twitter.