[Review] MegaTagmension Blanc + Neptune VS Zombies

October 10, 2016 4:00 pm
[Review] MegaTagmension Blanc + Neptune VS Zombies

Baru saja pada bulan Mei kemarin versi Inggris untuk game ini dirilis untuk PS Vita. Selang sekitar 4 bulan, tiba-tiba game ini sudah dirilis di Steam dengan diskon 40% untuk minggu pertama. Kira-kira bagaimana dengan gameplay-nya ya? Berikut ulasan kami untuk game ini.

MegaTagmension Blanc + Neptune VS Zombies menceritakan tentang para CPU yang sudah kita kenal sebelumnya di seri-seri Neptunia lainnya bersekolah di Gamicademi, yang tiba-tiba akan ditutup karena kekurangan murid.

20161004203712_1

Mengetahui hal tersebut, akhirnya Neptune yang merupakan ketua klub film memutuskan untuk membuat film yang nantinya akan disertakan dalam perlombaan, sehingga apabila film tersebut mendapat penghargaan, diharapkan banyak murid-murid yang akan masuk ke sekolah mereka tersebut dan sekolah mereka tidak jadi ditutup. Ya, plot ini sangat mirip dengan plot cerita anime school idol yang berjuang untuk menyelamatkan sekolah yang mereka cintai dari kehancuran dengan mengikuti suatu kontes.

20161004204501_1

Di saat yang bersamaan, terjadi zombie outbreak di sekolah tersebut. Oleh karenanya, Neptune dengan bantuan Blanc yang bertugas untuk menulis scenario film serta teman-teman mereka membuat film bertemakan perjuangan anak-anak sekolah melawan zombie. Siapakah yang menjadi dalang dari kemunculan zombie-zombie tersebut?

Cerita yang penuh parodi dan 4th wall breaking, seperti seri Neptune pada umumnya

Untuk story-nya, game ini bisa dibilang cukup menghibur karena banyaknya referensi dan kekonyolan dari para CPU yang seringkali menyinggung seri-seri film lain dan juga tentang apa saja yang biasanya terjadi di film zombie.
Contohnya adalah apa adegan-adegan klise yang sering dipergunakan di cerita zombie, atau adanya keberadaan organisasi-organisasi di belakang fenomena zombie outbreak (yang ternyata di baliknya terdapat organisasi jahat lainnya), pengkhianatan teman dekat dan lain sebagainya.

20161008070754_1

Err.. It’s definitely P*cific Rim, right?

20161008074124_1

Perusahaan payung yang sudah sering sekali muncul di seri game zombie yang sudah berlangsung sampai 7 seri (dan mungkin lebih!)

Salah satu kekurangannya adalah minimnya event CG, bahkan kalian tidak akan menemukan event CG apabila hanya asal memainkannya sampai tamat. Event CG baru bisa dibuka untuk event-event tertentu yang mengharuskan kalian menggunakan kombinasi karakter yang tepat untuk stage tertentu.

Gameplay yang cenderung repetitif dan terlalu singkat

Jujur saja, saya agak kecewa untuk gameplay game ini yang cenderung terlalu singkat. Untuk sekedar menamatkan saja, saya hanya membutuhkan waktu sekitar kurang lebih 4 jam, ditambah beberapa jam untuk mengulang beberapa stage demi mendapatkan event Backstage talk.
Dari segi gameplay dan grafisnya sendiri mirip dengan Neptunia U (menurut bukan_randy) tetapi tanpa fitur baju yang bisa dirobek. Musuh-musuhnya juga hampir serupa, seperti Dogoo dan berbagai musuh lainnya dalam versi zombie.

20161008190643_1

The Broken Uni

Salah satu alasan saya mengatakan sangat mudah untuk menamatkannya, karena ada karakter yang amat sangat broken menurut saya yaitu Uni, adik dari Noire. Dengan hanya menekan tombol Attack terus menerus sambil menghindar sesekali, saya bisa menyelesaikan game ini sampai tamat.
Selain karakter yang overpowered, musuh yang berulang-ulang, map yang hampir serupa dan durasi stage yang terlalu singkat merupakan salah satu faktor yang bisa menimbulkan kebosanan.

20161008190241_1

Conclusion : Never Use Uni!

Accessories Customization yang cukup baik

Salah satu fitur yang cukup baik adalah untuk aksesoris yang bisa dikenakan oleh para karakter yang bisa diatur ukurannya serta penempatannya dan adanya beberapa aksesori konyol seperti kumis palsu dan lain-lain.

20161008190014_1Tres Bien!

Untuk baju yang disediakan, sayangnya tidak terlalu banyak dan sebagian besar hanyalah versi warna lain dari baju seragam sekolah yang mereka kenakan.

Fitur Multiplayer yang belum sempurna

Salah satu daya tarik dari game ini adalah fitur multiplayer, yang sayangnya masih belum sempurna sampai saat artikel ini ditulis. Beberapa masalah yang dihadapi adalah sulitnya masuk ruangan co-op, crash pada saat co-op, atau bahkan terlempar ke ruangan orang lain.
Selain masalah di multiplayer, beberapa orang melaporkan adanya masalah seperti layar hitam saat memainkan game dalam mode full screen.

Verdict: Blanc + Neptune Combi/10

20161008191057_1

Sekali-kali tak ada salahnya Blanc menjadi fokus utama dari game ini, meski Neptune sendiri masih memiliki peran yang cukup banyak dalam game ini. Secara durasi game ini tergolong cukup singkat, tetapi masih banyak barang-barang yang harus dikumpulkan melalui mode multiplayer yang bisa digunakan untuk mendapatkan pakaian-pakaian baru, serta beberapa steam achievement seperti mengumpulkan semua senjata dan mencapai level 99. Akan tetapi, bagi kalian yang mencari gameplay yang dalam dan tingkat kesulitan yang menantang, rasanya game ini tidak cocok untuk kalian.