[JOI Travel] Menjelajahi Sumida Aquarium yang Trendy

October 12, 2016 7:00 pm
[JOI Travel] Menjelajahi Sumida Aquarium yang Trendy

Pada bulan September kemarin, saya dan teman saya pergi ke Jepang untuk jalan-jalan dan mengunjungi Tokyo Game Show 2016 serta konser Nana Mizuki Live Park 2016. Salah satu tempat yang saya kunjungi adalah Sumida Aquarium karena teman saya adalah penggemar ikan.

Sumida Aquarium berada di Tokyo Solamachi yang juga ada Tokyo Skytree. Awalnya saya mengira akuarium ini akan biasa saja, tidak begitu berbeda jauh dengan akuarium air tawar yang ada di TMII. Saya berpikir seperti ini karena ketika melakukan riset, saya kaget tempatnya berada di tengah mall. Jadi saya pikir ukuran Sumida Aquarium tidak terlalu besar karena hanya mengambil sebagian tempat mallnya saja dan hanya terdiri dari dua lantai saja. Tetapi ternyata Sumida Aquarium benar-benar tidak sesuai dengan bayangan.

joi-travel-sumida-aquarium-1

Baru saja masuk ke dalam akuarium dan kalian langsung disambut dengan suasana yang sangat trendy dan modern. Seperti akuarium pada umumnya, Sumida Aquarium dibagi menjadi berbagai zona. Ketika masuk, kalian akan langsung disambut dengan zona aquascape yang sangat indah. Tidak jauh dari sana, kalian kemudian akan bisa melihat berbagai macam ubur-ubur dan berbagai binatang air unik yang tampil dalam masing-masing tempat khusus, termasuk nautilus, isopod, gurita, dan masih banyak lainnya. Karena itu, tempat ini terasa spesial karena kalian bisa melihat binatang yang jarang bisa kalian lihat langsung.

joi-travel-sumida-aquarium-3

joi-travel-sumida-aquarium-4

joi-travel-sumida-aquarium-11

Bagi saya, tempat ini memiliki 3 zona yang sangat menarik. Yang pertama adalah zona Chain of Life ~Water’s Blessing Tokyo Tank~ yang berisikan berbagai binatang air seperti hiu dan ikan pari. Keunikan dari tangki ini adalah menggunakan air laut buatan. Yang kedua adalah lorong yang menghubungkan kedua lantai bernama Chain of Life ~Tokyo Bay and Tokyo Islands~. Lorong yang menurun ini dilengkapi dengan banyak tangki di sisi kanan dan kirinya. Dan yang terakhir adalah tangki terbuka yang berisikan penguin dan anjing laut.

joi-travel-sumida-aquarium-6

joi-travel-sumida-aquarium-7

joi-travel-sumida-aquarium-8

Mengunjungi Sumida Aquarium rasanya bukan seperti mengunjungi akuarium tempat belajar, tetapi seperti tempat jalan-jalan yang trendy. Harga tiketnya memang cukup mahal, yaitu 2.050 Yen (sekitar 257 ribu Rupiah), tetapi benar-benar memuaskan. Kalian bisa melihat berbagai binatang air yang berada di Tokyo dan sekitarnya.

joi-travel-sumida-aquarium-12

joi-travel-sumida-aquarium-13

Awalnya saya suka bingung kalau baca manga atau nonton anime kadang suka ada pasangan kekasih yang date ke akuarium. Setelah mengunjungi Sumida Aquarium, saya jadi mengerti. Ternyata akuarium di Jepang memang suasananya sangat cocok untuk nge-date.