Promosikan ‘World of Final Fantasy,’ Tetsuya Nomura Bahas Game yang Dikerjakannya

October 13, 2016 9:00 pm
Promosikan ‘World of Final Fantasy,’ Tetsuya Nomura Bahas Game yang Dikerjakannya

Belum lama ini, Tetsuya Nomura mengobrol bersama Dengeki PlayStation untuk mempromosikan “World of Final Fantasy” karena dia bertugas sebagai desainer karakter. Tetapi ternyata pembicaraan ini juga membahas tentang game-game yang dikerjakan oleh Nomura yaitu Kingdom Hearts HD 2.8: Final Chapter Prologue, Kingdom Hearts III, dan Final Fantasy VII Remake.

Wawancara ini diterjemahkan oleh KH13 dan mengungkapkan banyak informasi. Gematsu telah berbaik hati merangkum wawancaranya:

World of Final Fantasy

Nomura mengatakan bahwa sebelum World of Final Fantasy menjadi turn-based RPG sambil merawat monster yang bisa kalian lihat sekarang, Square Enix awalnya ingin membuat game yang sangat berbeda.

tetsuya-nomura-game-1

“Lebih seperti simulation game, benar-benar berbeda dengan World of Final Fantasy,” ujar Nomura. “Pada saat mengerjakan game itu, kami membuat karakter yang sekarang dikenal sebagai Primero dan Oobito, dan kami menghubungkan keduanya ke dalam setting game-nya, dan kemudian menyarankan sistem yang memungkinkan pemain bisa mengganti wujud secara bebas.”

Primero dan Oobito adalah nama untuk ukuran karakter di World of Final Fantasy. Primero adalah bentuk chibi sedangkan Oobito adalah ukuran normal. Menurut Nomura, simulation game-nya mengalami “banyak masalah” dan kemudian desain game-nya digunakan untuk game mobile Pictlogica Final Fantasy. Primero dan Oobito digunakan sebagai sistem untuk game baru, yaitu World of Final Fantasy, atas keputusan sutradara Hiroki Chiba.

Kingdom Hearts HD 2.8: Final Chapter Prologue dan Kingdom Hearts III

Sebelum membahas game-nya, Nomura pertama-tama meminta maaf karena memundurkan jadwal rilis Kingdom Hearts HD 2.8: Final Chapter Prologue jadi melewati Desember 2016 yang dijanjikan. Pemunduran jadwal rilis ini karena di sekitar bulan Desember terlalu banyak game lain yang rilis.

Sang sutradara kemudian menjelaskan bahwa gambar cover dari Kingdom Hearts HD 2.8: Final Chapter Prologue dilengkapi dengan berbagai rahasia, termasuk apabila dihubungkan dengan game-game remaster sebelumnya.

tetsuya-nomura-game-5

“Sebenarnya ada 2 rahasia dari gambar cover Kingdom Hearts HD 1.5 Remix hingga Kingdom Hearts HD 2.8: Final Chapter Prologue,” ujar Nomura. “Fans Kingdom Hearts yang sangat teliti mungkin sudah menemukannya, tetapi salah satunya adalah posisi Sora berubah dari duduk, berdiri, kemudian berjalan. Rahasia lainnya adalah jika kalian menderetkan ketiga cover-nya, kalian akan melihat suasana langit yang berubah. Kingdom Hearts HD 1.5 Remix mulai dari sore menjadi malam, Kingdom Hearts HD 2.5 Remix mulai dari tengah malam, dan Kingdom Hearts HD 2.8: Final Chapter Prologue dari malam menjadi pagi. Ketiga ilustrasi ini juga dilengkapi dengan pesan mengenai chapter terakhir, Kingdom Hearts III.

Nomura juga mengkonfirmasikan bahwa Kingdom Hearts HD 2.8: Final Chapter Prologue akan mendukung resolusi 4K di PlayStation 4 Pro.

Mengenai Kingdom Hearts III, meski Kingdom Hearts 0.2: Birthy by Sleep – A Fragmentary Passage, yang berada di dalam Kingdom Hearts HD 2.8: Final Chapter Prologue, akan memberi cuplikan dari aksi Kingdom Hearts III, game tersebut akan menampilkan peningkatan yang jauh lebih baik, menurut Nomura.

“Ini karena ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh Sora di Kingdom Hearts III, dibandingkan dengan Aqua,” ujar Nomura. “Aqua tidak bisa mengganti keyblade seiring cerita berjalan, tetapi Sora bisa, dan itu akan mempengaruhi aksi.”

Hikaru Utada bisa memberikan aransemen baru dari “Hikari” untuk Kingdom Hearts HD 2.8: Final Chapter Prologue, tetapi Nomura mengatakan mereka masih belum menentukan apa pun untuk lagu tema utama Kingdom Hearts III.

tetsuya-nomura-game-2

Untuk soal informasi mengenai Kingdom Hearts III, Nomura mengatakan bahwa mereka menunggu Kingdom Hearts HD 2.8: Final Chapter Prologue dirilis.

Terakhir, Nomura mengatakan bahwa mereka menyiapkan banyak rencana untuk perayaan ulang tahun Kingdom Hearts ke-15 di 2017.

“Tahun depan di bulan Januari, rilisnya Kingdom Hearts HD 2.8: Final Chapter Prologue akan menjadi pemulai, dan kemudian di bulan Maret akan ada tur konser orkestra di seluruh dunia akan dimulai,” ujar Nomura. “Tahun depan akan penuh informasi Kingdom Hearts, jadi tunggu informasinya.”

Final Fantasy VII Remake

Nomura sedikit membahas tentang Final Fantasy VII Remake, membahas tentang sistem pertarungan dan juga perayaan Final Fantasy VII ke-20 di tahun 2017.

“Jika sudah ada materi lama seperti Kingdom Hearts, basis game-nya akan mudah dimengerti, dan staff bisa mengerti tantangan yang harus dihadapi. Tetapi pertarungan di Final Fantasy VII berubah total dari sistem aslinya, karena sekarang menjadi lebih banyak aksi,” ujar Nomura. “Ketika saya akan merilis informasi Final Fantasy VII Remake ke depannya, saya rasa saya harus menjelaskan spesifik tentang perubahan sistem pertarungan kepada para pemain. Saya rasa saat ini belum ada yang bisa membayangkan sistem pertarungannya, jadi saat ini saya sedang mempersiapkan materi yang saya bisa diperlihatkan ke orang-orang utnuk menjelaskan, ‘seperti ini pertarungannya.'”

Nomura kemudian melanjutkan bahwa dia mengerti bahwa banyak fans yang ingin sistem pertarungannya tetap sama seperti versi asli, tetapi itu bukanlah gaya yang mereka pilih.

tetsuya-nomura-game-7

“Kami mendengar banyak fans Final Fantasy VII yang menginginkan bermain game-nya dengan sistem pertarungan ATB klasik, tetapi remake yang kami kerjakan akan berfokus pada aksi,” ujar Nomura. “Tentunya kami memasukan sistem agar pemain yang belum menjadi fans bisa menikmati, jadi pemain yang tidak jago pertarungan yang penuh aksi tidak perlu khawatir. Untuk yang ahli dalam pertarungan penuh aksi, kami bekerja keras untuk memastikan sistem ini berbeda dari biasanya dan bisa dinikmati oleh kalian. Kami baru saja melakukan pemeriksaan pertarungan dengan Guard Scorpion di awal game-nya, dan saya rasa kalian akan puas dengan realisme yang bisa kalian lihat di sana.”

Sedangkan untuk perayaan 20 tahun dari Final Fantasy VII, Nomura mengatakan, “Sama seperti perayaan 15 tahun dari Kingdom Hearts, saya sedang memikirkan rencana dan sejenisnya. Hanya saja, karena kami sibuk mengerjakan game-nya, termasuk game [World of Final Fantasy] yang saya pamerkan sekarang, saya rasa saya tidak bisa berbagi informasi baru hingga suasana mulai sedikit tenang.”

Kingdom Hearts HD 2.8: Final Chapter Prologue rilis untuk PlayStation 4 pada tanggal 24 Januari 2017. Kingdom Hearts III akan rilis untuk PlayStation 4 dan Xbox One, tetapi tanggal rilisnya masih belum diketahui. Sedangkan Final Fantasy VII Remake akan rilis untuk PlayStation 4.

Sumber: Gematsu