Eroge Buatan Illusion, ‘VR Kanojo’ Memasuki Steam Greenlight

October 14, 2016 8:00 pm
Eroge Buatan Illusion, ‘VR Kanojo’ Memasuki Steam Greenlight

Mungkin dari pengumuman sebuah game VR buatan studio game eroge ternama dengan tema yang mirip dengan Summer Lesson dan juga diumumkan tepat saat gamenya dirilis sendiri sudah cukup mengejutkan, tetapi VR Kanojo memiliki satu kejutan lagi: Saat ini gamenya masuk ke Steam Greenlight!

vrkanojosteam-1

Menurut halamannya di Steam, versi trial dari game VR Kanojo direncanakan dirilis pada Januari 2017, dan juga akan menyediakan bahasa Inggris dan Jepang. Bahkan, video demo VR Kanojo yang sebelumnya diupload di Youtube kini juga sudah dilengkapi dengan caption bahasa Inggris. Jadi jika game ini lulus Steam Greenlight, maka ini akan menjadi game pertama buatan Illusion yang dirilis resmi ke pasar Barat dengan bahasa Inggris.

Sebenarnya, eroge yang tampil di Steam bukanlah hal yang baru. Beberapa game seperti seri Aselia dan juga berbagai visual novel yang aslinya memiliki unsur dewasa sudah banyak diterjemahkan ke bahasa Inggris dan resmi dirilis di Steam, meski sebagian besar game-game tersebut menghilangkan bagian mesumnya (dengan beberapa game yang menjadi pengecualian). Terlebih lagi, judul halaman Steam Greenlight-nya adalah “VRKanojo Trial”, jadi bisa saja versi penuh gamenya sendiri tidak direncanakan untuk dirilis di Steam.

Tapi perlu diingat juga kalau di tahun 2009, game buatan Illusion, Rapelay sempat menjadi kontroversi dan banyak disorot oleh media barat. Saya pribadi merasa tidak lama lagi akan ada beberapa orang yang meributkan tentang masuknya game buatan Illusion ke Steam, meskipun hingga saat ini belum ada kabar apakah VR Kanojo akan memiliki unsur dewasa atau tidak.