Masinis Osaka Meminta Maaf Karena ‘Terlalu Banyak Gaijin’ di Kereta

October 17, 2016 4:00 pm
Masinis Osaka Meminta Maaf Karena ‘Terlalu Banyak Gaijin’ di Kereta

Perusahaan kereta di Osaka sedang berada dalam masalah setelah salah satu masinisnya mengeluarkan pengumuman yang terkesan diskriminatif terhadap orang asing minggu lalu. Di hari Senin, 10 Oktober lalu, masinis meminta maaf kepada para pengguna jasa kereta karena “ketidaknyamanan” yang disebabkan oleh “terlalu banyaknya gaijin di dalam kereta.”

Pengumuman tersebut dikemukakan masinis dari Nankai Electric Railway dari kereta limited express yang menuju ke Kansai International Airport pada pukul 11.30 pagi menurut Sankei Shimbun.

joi-kereta-gaijin-kebanyakan-1

Kami punya banyak gaijin bersama kami hari ini. Kami minta maaf karena ketidaknyamanan ini.” adalah pengumuman sang masinis berusia 40 tahun.

Kasus ini merebak setelah salah satu penumpang wanita yang berada di atas kereta saat pengumuman tersebut dikumandangkan mengklarifikasi staf Nankai Electric Railways di airport. Dia bertanya apakah pengumuman tersebut selaras dengan prinsip dari perusahaan tersebut.

Menurut perwakilan dari Nankai Electric Railways, masinis tersebut berkata demikian bukan karena ingin membuat komentar yang mendiskriminasikan penumpang lain. Namun dia khawatir akan adanya masalah di atas kereta karena dia mendengar salah satu penumpang Jepang “merasa terganggu karena ada banyak gaijin di atas kereta.”

Perusahaan tersebut juga meminta maaf karena insiden ini dengan mengklarifikasi “tidak baik untuk membeda-bedakan penumpang (karena kebangsaannya.)” Diumumkan juga kalau mereka juga sudah memberikan peringatan verbal kepada sang masinis.

Baik Jepang ataupun warga asing, fakta bahwa mereka adalah penumpang kami tidak berubah,” menurut perwakilan Nankai Electric Railways. “Kami akan berusaha untuk mencegah insiden serupa di masa depan.”

Sumber: Japan Today
Gambar: 1, 2