‘Atelier Firis’ Detilkan Ujian Alchemist & Fitur Lainnya

October 18, 2016 12:00 pm
‘Atelier Firis’ Detilkan Ujian Alchemist & Fitur Lainnya

Gust telah merilis informasi terbaru mengenai “Atelier Firis: The Alchemist of the Mysterious Journey.” Karena tanggal rilisnya sudah kurang dari sebulan, informasi yang dirilis kali ini ada banyak dan mendetilkan banyak bagian dari gameplay-nya seperti proses menjadi alchemist resmi, pertarungan, dan lainnya.

Awal Perjalan Menjadi Alchemist Resmi

atelier-firis-gameplay-detil-2

Demi melanjutkan petualangan kalian di dunia luar, Firis harus lulus ujian menjadi Certified Alchemist yang akan diadakan tahun depan. Tetapi sebelum itu, kalian harus mengumpulkan surat rekomendasi agar bisa ikut ujian. Karena itu, Firis akan pergi ke berbagai tempat bersama kakaknya Liane demi mengumpulkan surat.

Mengerjakan Ujian Alchemist Resmi

Setelah mengumpulkan surat rekomendasi, Firis akhirnya akan bisa mengikuti ujian untuk menjadi Certified Alchemist. Ada 3 tes yang akan menguji kemampuan Firis: Ujian Tertulis, Ujian Synthesis, dan Ujian Praktik.

Ujian Tertulis akan menguji pengetahuan Firis. Kalian harus menjawab dengan benar dalam batas waktu yang diberikan.

atelier-firis-gameplay-detil-3

Untuk Ujian Synthesis, kalian akan diuji seberapa banyak item berkualitas tinggi yang bisa kalian buat dalam batas waktu yang diberikan.

atelier-firis-gameplay-detil-4

Untuk Ujian Praktik, kemampuan bertarung kalian sebagai alchemist akan diuji untuk melihat seberapa jauh Firis berkembang selama perjalanannya.

atelier-firis-gameplay-detil-5

Hal yang Bisa Dilakukan di Field

Kalian akan bisa melakukan banyak hal di field yang kalian lalui pada saat berpetualang, seperti menemukan penemuan baru dan lainnya.

Ada banyak “landmark” di field yang bisa kalian temukan dan nantinya akan dicatat di peta. Karena kalian bisa pindah antar landmark dengan instan, jadi disarankan kalian langsung mencari landmark ketika memasuki area baru.

atelier-firis-gameplay-detil-6

Field tidak hanya di atas tanah saja, kalian juga akan bisa menjelajahi berbagai field yang ada di bawah tanah dan bawah air.

atelier-firis-gameplay-detil-7

Kalian juga bisa memancing di area-area tertentu. Ada beberapa materi yang hanya bisa didapatkan dengan cara memancing.

atelier-firis-gameplay-detil-8

Kalian juga akan bisa bertemu dengan monster yang berbahaya. Monster-monster ini akan muncul di mini-map dengan icon khusus.

atelier-firis-gameplay-detil-9

Kalian bisa mengumpulkan materi menggunakan item yang kalian buat. Apabila kalian mengumpulkan materi dengan cara ini, ada kemungkinan kalian mendapatkan materi yang biasanya tidak kalian dapatkan.

atelier-firis-gameplay-detil-10

Chain Quest

Di field kalian akan bisa mendapatkan quest. Salah satu tipenya adalah Chain Quest yang akan memberi efek besar ke field-nya. Dalam contoh di bawah, hasil dari Chain Quest-nya adalah dibangunnya jembatan.

atelier-firis-gameplay-detil-11

Bawa Atelier Kalian ke Mana Saja

Di tempat yang ada api unggun, kalian akan bisa “memanggil” atelier milik kalian.

atelier-firis-gameplay-detil-12

Untuk melakukan synthesis, kalian harus menyusun materi sesuai panelnya. Apabila kalian menggunakan katalis, kalian akan bisa memberi efek baru ke item yang dibuat.

atelier-firis-gameplay-detil-13

Untuk Superdreadnought Synthesis, kalian akan menggunakan materi sebanyak mungkin untuk membuat 1 item. Item yang dibuat akan memberi pengaruh besar ke petualangan Firis.

atelier-firis-gameplay-detil-14

Atelier Make

Dengan Atelier Make, kalian bisa melakukan dekorasi ke atelier kalian dengan berbagai funitur. Bahkan beberapa furnitur memiliki efek khusus.

atelier-firis-gameplay-detil-15

Pertarungan

Pertarungan dilakukan secara turn-based yang berarti setiap karakter akan beraksi setelah gilirannya tiba. Kalian bisa menungguli pertarungan dengan menghentikan aksi lawan. Pada saat melawan musuh yang kuat, kalian harus mengincar “Break” untuk menghentikan urutan aksi lawan.

atelier-firis-gameplay-detil-16

Ada banyak item kuat yang bisa membunuh lawan dengan satu serangan. Karena penggunaan item sekarang tidak terbatas untuk alchemist saja, kalian harus selalu mengingat item apa saja yang kalian miliki.

Chain Burst

Dengan mengisi gauge, kalian bisa melakukan serangan kombinasi bernama “Chain Burst.” Pada saat Chain Burst Mode aktif, serangan terakhir akan berubah dan bergantung sesuai dengan seperti apa serangan kombinasi yang kalian lakukan.

atelier-firis-gameplay-detil-17

Di sisi kiri atas layar, kalian bisa melihat melihat status Linkage. Dalam contoh di bawah, Linkage berada di 130% yang artinya 3 karakter atau lebih bisa bekerjasama untuk mengaktifkan Chain Strike. Karakter pertama yang menyerang akan mengakhiri serangan kombinasi dengan serangan spesial.

Chain Finish

Ketika Linkage lebih dari 150%, kalian bisa bekerjasama dengna 3 karakter atau lebih dan mengaktifkan “Chain Finish.” Karakter petama yang menyerang akan mengakhiri serangan kombinasi dengan jurus spesial.

atelier-firis-gameplay-detil-18

Atelier Firis akan rilis di Jepang pada tanggal 2 November untuk PlayStation 4 dan PlayStation Vita. Versi Inggris sudah diumumkan tetapi tanggal rilisnya masih belum diketahui.

Sumber: Gematsu