[Waifu Wednesday] Mikumo Guynemer

October 19, 2016 6:00 pm
[Waifu Wednesday] Mikumo Guynemer

Selain Makina Nakajima, mungkin waifu kali ini adalah sedikit dari beberapa alasan kenapa saya masih terus menonton seri Macross Delta. Di lain pihak, saya juga merasa bersyukur menonton Delta, karena dengan bantuannya saya jadi punya niat dan untungnya terlaksana, untuk menonton semua seri Macross terdahulu. Namun itu bahasan untuk lain hari, hari ini kita akan membahas seorang diva yang bernama Mikumo Guynemer.

Sedikit mengenai Mikumo, dia adalah seorang anggota dari grup idol(?) kelas galaksi yang bernama Walkure. Grup tersebut mengarungi galaksi untuk menahan penyebaran virus Var yang dapat membuat seseorang menjadi gila dan seperti dikontrol orang lain. Mereka menahan virus tersebut dengan nyanyian karena fold receptor yang mereka miliki di dalam tubuhnya masing-masing.

joi-mikumo-guynemer-waifu-wednesday-11

Mikumo adalah seseorang yang misterius, tapi cantik buanget sampai teman-teman satu grup yang sudah lama bersama dengannya pun masih belum bisa menebak jalan pikiran diva yang satu ini. Apakah Mikumo adalah kandidat yang cocok bila ingin kamu jadikan seorang waifu? Mari kita bahas apa saja keuntungan memiliki diva ini sebagai seorang waifu.

+ Mysterious beauty

joi-mikumo-guynemer-waifu-wednesday-8

Pertama kali saya melihat Mikumo tampil di layar kaca, saya langsung merasa kalau gadis yang satu ini dapat dengan mudah merebut jutaan hati di luar sana. Penampilannya yang cantik dan misterius tersebut pastinya membuat banyak orang penasaran, dan rasa penasaran tersebut dapat dengan mudah berubah menjadi rasa cinta. Ujung-ujungnya jadi perusahaan figure juga yang akan memanen rasa cinta kamu masing-masing.

Mikumo memiliki julukan Mysterious Venus, bahkan teman-temannya sendiri menganggap Mikumo seorang pribadi yang misterius. Mereka tidak bisa mengetahui apa yang ada di dalam jalan pikirannya, mereka bahkan tidak mengetahui dimana Mikumo tinggal. Bila kamu adalah pria-pria yang senang dengan tantangan dan ingin memiliki waifu yang tidak gampang dikejar, pastinya Mikumo ini adalah pilihan yang baik buatmu.

joi-mikumo-guynemer-waifu-wednesday-10

Mikumo juga seorang pribadi yang kalem dan tenang, seperti saat dia berbicara dengan Hayate di beberapa episode terakhir. Dia terlihat nyaman berbicara dengan Hayate, Hayate pun terlihat nyaman berbicara dengan Mikumo, di saat itu saya langsung mendukung Hayate untuk jadian sama Mikumo bila dibandingkan dengan Freyja ataupun Mirage.

+ Her singing talent

joi-mikumo-guynemer-waifu-wednesday-3

Selain tidak perlu takut terkena sindrom Var karena dinyanyikan oleh Mikumo setiap hari, bakatnya dalam musik itupun juga bisa menjadi sebuah mata pencaharian tersendiri. Mungkin kamu bisa mengangkat dirimu sendiri menjadi produser dari Mikumo dan mempromosikan waifu-mu sebagai artis ke seluruh galaksi. Apalagi Mikumo punya bakat yang cukup untuk melangsungkan karir solo tanpa Walkure.

Mikumo juga sudah memiliki fanbase yang cukup kuat karena Walkure, jadi kamu tidak perlu susah-susah mencarikan klien untuknya, klienlah yang akan mencarinya.

+ Legal loli(?)

Seperti yang sudah dijelaskan dalam serinya, Mikumo merupakan kloning dari Star Singer/Hoshi no utaite yang merupakan seorang penyanyi brillian dari era Protoculture. Menjadi seorang kloning, tentu umur Mikumo masih cukup muda, dalam penampilannya saya yakin Mikumo terlihat berada di masa-masa prima, sekitar 18-25 tahun, namun ternyata umur Mikumo sendiri hanya berusia 3 tahun saja.

joi-mikumo-guynemer-waifu-wednesday-6

Artinya, Mikumo adalah seorang loli yang legal… gak sih? Secara dia technically masih balita, dan akan terkesan sangat aneh bila kamu mau menikahi wanita di bawah umur 5 tahun. Bahkan age of consent di Jepang saja 13 tahun, artinya kamu masih harus menunggu selama 10 tahun lagi sebelum akhirnya dia bisa menjadi ‘legal’. Kini apakah kamu mau menembus batas tersebut, itu adalah sepenuhnya pilihan kamu sendiri, namun melihat dari penampilan saja, Mikumo seharusnya sudah cukup dewasa. Mungkin.

+  Gap moe saat dia tersipu

joi-mikumo-guynemer-waifu-wednesday-2

Karena Mikumo sering terlihat dingin dan jarang menampakkan perasaannya sendiri, ada gap moe yang luar biasa saat melihat dia tersenyum dan tersipu. Karena seketika saya tidak melihat Mikumo yang begitu dewasa dan tenang, tapi tergantikan dengan Mikumo yang masih muda dan salah tingkah. Tentu, persona ini juga tidak akan diperlihatkan olehnya bila dia sedang berada di atas panggung, jadi cuma orang-orang terdekat Mikumo saja yang dapat melihatnya.

Sejujurnya, mencari kelebihan dari Mikumo terasa sangat sulit dan complicated, mungkin karena selain dia sendiri yang misterius tapi juga karena umurnya yang masih terhitung belia membuatnya susah untuk ditebak. Tapi sebagai gantinya, saya menemukan banyak kelemahan darinya, berikut adalah kelemahan Mikumo.

– Her complicated nature

joi-mikumo-guynemer-waifu-wednesday-13

Mikumo adalah seseorang yang sangat sulit untuk dijelaskan, maybe because she’s not a normal human to begin with. Tidak usah untuk membaca dirinya, untuk tahu dimana dia tinggal saja sudah sulit. Fakta bahwa dia adalah kloning Hoshi no Utaite dari Windermere saja sudah membuat semua prosesnya sulit. Bagaimana kamu akan menjelaskan kepada orang tuamu kalau dia adalah alien, kloning, dan yang paling penting adalah dia 2 dimensi.

– Susah ditemukan, susah diprediksi

joi-mikumo-guynemer-waifu-wednesday-12

Mikumo biasanya muncul saat dia hanya ingin muncul, atau saat dia diperlukan. Saat Walkure berlatih atau saat mereka harus memerangi Var. Selain itu normalnya kamu tidak akan bisa menemukan dia kecuali dia memang ingin muncul. Namun lambat laun memang dia mulai bersikap seperti manusia biasa, misalnya saat Freyja ulang tahun. Artinya, dengan kekuatan waktu mungkin Mikumo bisa akhirnya menjadi seperti manusia biasa dan bukan kloning.

– Kualitas waifu lain yang masih diragukan

joi-mikumo-guynemer-waifu-wednesday-14

Hal ini merupakan imbas langsung dari misteriusnya Mikumo sendiri, menjadi seseorang yang begitu misterius kita belum mengetahui kemampuan Mikumo sebagai seorang waifu. Mikumo belum pernah terlihat memiliki kemampuan untuk memasak atau mengurus kebutuhan rumah tangga. Dia bahkan tidak terlihat memiliki kemampuan untuk tertarik kepada lawan jenis. Bagaimana nantinya kamu bisa menarik hati Mikumo pun menjadi pertanyaan besar tersendiri.

Susahnya meminang Mikumo dan menembus barrier tidak terlihat di sekeliling dirinya memang bukan perihal mudah. Apalagi kamu juga tidak bisa selalu bertemu dirinya jadi susah untuk menemuinya dan mencoba untuk melakukan pdkt. Syukur-syukur dia duluan yang tertarik denganmu.

Delta's best girls

Delta’s best girls

Apakah menurutmu Mikumo merupakan kandidat waifu terbaik dari seri Macross Delta? Atau menurutmu masih banyak kandidat waifu lain yang masih lebih berkualitas dibandingkan dengannya? Saya sendiri sebenarnya ingin membahas lebih banyak mengenai Makina daripada Mikumo, karena jelas Makina lebih masuk ke preferensi saya dibandingkan sang Mysterious Venus.