[Celebrity Sunday] Kenjiro Hata

October 23, 2016 1:41 pm
[Celebrity Sunday] Kenjiro Hata

Celebrity Sunday edisi pekan ini akan membahas tentang Kenjiro Hata, mangaka yang terkenal dengan seri Hayate no Gotoku! (Hayate the Combat Butler).

Hata lahir pada tanggal 19 Oktober 1975 di prefektur Fukuoka, tetapi pada saat kelas 4 SD pindah ke kota Ashiya di prefektur Hyogo. Tepat pada masa SMA, Hata ingin menjadi animator. Karena itu, dia mengikuti ujian masuk untuk bekerja di Studio Ghibli. Hata sempat masuk ke tahap wawancara bersama Toshio Suzuki, produser di Studio Ghibli, tetapi sayangnya aplikasinya ditolak.

celebrity-sunday-kenjirou-hata-4

Karena itu, Hata pun melanjutkan studinya ke universitas. Pada saat menghadapi ujian masuk, Hata tidak banyak belajar dan malah sering membaca light novel. Tetapi ternyata hal tersebut membawa berkah. Dia masuk ke Osaka University of Arts fakultas seni yang ujian masuknya dilengkapi dengan pertanyaan mengenai novel. Selama kuliah, Hata coba mengikuti Fantasia Award dengan mengirim novel karyanya sebanyak 2 kali, tetapi gagal. Setelah kejadian ini, Hata mengurung diri selama setengah tahun, bahkan hingga tidak pergi kuliah, demi menyelesaikan manga yang dia kerjakan.

Di tengah kesibukannya mengerjakan manga, Hata dikontak oleh Shogakukan untuk menjadi asisten Kouji Kumeta yang baru akan meluncurkan manga Katte ni Kaizou. Kalau kalian tidak tahu, Kumeta adalah pengarang manga Sayonara Zetsubou Sensei. Pada saat itu, dia sempat juga menjadi asisten untuk Junko Takeuchi, pengarang Sailor Moon, tetapi pada saat itu masih belum terkenal.

celebrity-sunday-kenjirou-hata-2

Hata debut pada tahun 2002 dengan manga Kami-sama ni Rocket Punch!! yang terbit di majalah Shonen Sunday Special Edition R. Setelah membuat berbagai one-shot manga, nama Hata mulai terkenal pada tahun 2004 ketika Hayate no Gotoku versi one-shot terbit. Dalam komik tersebut, terdapat perkataan dialog yang berhubungan dengan Tokimemo Fund. Melihat hal ini, Konami protes karena berbeda dengan Game Fund Tokimeki Memorial yang sebenarnya. Game Fund Tokimemo adalah percobaan Konami menggunakan crowdfunding untuk mendanai Tokimemo 3 dan Girl’s Side, walaupun kedua game berhasil didanai dan dirilis, penjualan dan kualitas game yang buruk nyaris membunuh seri Tokimemo. 

Shogakukan pun akhirnya meminta maaf. Mengenai hal ini, Hata sempat berkata di Twitter bahwa sempat berpikir kehidupannya sebagai mangaka sudah berakhir sebelum dimulai. Meski masih menghadapi protes Konami, Hata dan Shogakukan pun tetap meneruskan manga tersebut dan kemudian terbit dalam bentuk serial.

celebrity-sunday-kenjirou-hata-3

Ternyata Hayate no Gotoku! sangat sukses, mendapatkan banyak adaptasi anime. Hayate no Gotoku! pertama kali menjadi anime pada tahun 2007. Di tahun 2009, season kedua anime-nya tayang. Hayate no Gotoku! juga menjadi film anime pada tahun 2011, tetapi dikerjakan oleh staff yang berbeda dengan dua anime sebelumnya. Adaptasi serial ke-3 tayang pada tahun 2012 dan dikerjakan oleh staff filmnya dan tidak berhubungan dengan 2 serial sebelumnya. Di tahun 2013, adaptasi serial anime ke-4 tayang.

Pada tahun 2011, Hata mengambil “langkah besar” dengan mendirikan doujin circle Hajimemashite bersama seiyuu Masumi Asano. Mereka membuat manga Sore ga Seiyuu! yang menceritakan berbagai hal yang sering dialami oleh seiyuu. Manga ini selalu terbit di setiap Comiket dan mendapatkan adaptasi anime di tahun 2015. Salah satu tujuan Hata membuat circle ini adalah ingin membuktikan bahwa seorang mangaka bisa merilis manga tanpa bantuan penerbit dan bisa sukses.

celebrity-sunday-kenjirou-hata-5

Di tahun 2015, Hata meluncurkan serial manga baru yang berjudul Ad Astra Per Aspera. Karena masih sibuk mengerjakan Hayate no Gotoku! dan juga sama-sama terbit di Weekly Shonen Sunday, serial baru ini hanya terbit sebulan sekali.

Kalian bisa mengikuti Kenjiro Hata melalui Twitter. Kalian bisa mengunjungi situs resmi untuk circle Hajimemashite.