[Monday Music] JAM Project

October 24, 2016 15:28
[Monday Music] JAM Project

Kalau kita berbicara soal anisong, tentunya kalian tidak bisa melupakan JAM Project. Karena itu, Monday Music pekan ini akan membahas tentang grup musik legendaris ini.

Sebelum JAM Project terbentuk, penyanyi Ichiro Mizuki menyatakan bahwa ia “ingin membawa ‘semangat anisong’ klasik yang telah berjalan lama ke abad 21.” Ternyata pernyataan ini membuat ramai industri anisong. Para artis-artis spesialis anisong mulai merasa pekerjaan mereka berkurang karena banyak anime dan game yang menggunakan lagu tie-up yang dinyanyikan oleh artis “biasa.”

Pada akhirnya JAM Project pun dibentuk. Nama ini adalah singkatan dari “Japan Animationsong Makers Project.” Pada awalnya, grup ini terdiri dari Ichiro Mizuki, Eizo Sakamoto dari Anthem dan Animetal, Hironobu Kageyama dari Lazy, Masaaki Endoh, dan Rica Matsumoto. Ternyata pengaruh Sakamoto dan Kageyama sangat kuat sehingga banyak lagu mereka yang bergaya heavy metal atau hard rock. Tidak hanya itu, anggota band-nya pun banyak yang aktif di scene metal, jadi lagu-lagu mereka cenderung penuh semangat.

JAM Project pertama kali dibentuk pada tahun 2000, dan pada tahun 2002 menambah anggota baru yaitu Hiroshi Kitadani. Tetapi sayangnya pada tahun yang sama, Mizuki mengatakan dirinya menjadi anggota “paruh waktu” dan tidak lagi aktif menjadi anggota reguler. Setahun kemudian, mereka mengadakan press conference yang mengumumkan anggota baru yaitu Masami Okui dan Yoshiki Fukuyama. Tetapi di saat yang sama, Eizo Sakamoto mengumumkan bahwa dirinya hiatus dan lulus dari grup ini.

Di akhir 2003, JAM Project mengadakan audisi untuk anggota baru, tetapi sayangnya tidak ada yang diterima menjadi anggota tetap. Tetapi ternyata Ricardo Cruz asal Brazil diangkat menjadi anggota semi reguler. Cruz sejak zaman SD suka menonton tokusatsu dan pada tahun 1999 belajar di Jepang. Pada saat ini, dia melihat konser anisong Anime Japan Fes dan merasa kagum. Pada saat pulang ke Brazil, Ricardo membuat event Anime Friends. Untuk event pertamanya, Cruz mengundang Akira Kushida dan Hironobu Kageyama. Ternyata pada saat audisi, Cruz dipuji oleh Kageyama dan pada ujungnya berakhir diangkat menjadi anggota semi reguler.

Pada tahun 2008, JAM Project pertama kalinya merilis single yang tidak menjadi lagu anime dan game berjudul “No Border.” Sayangnya di tahun tersebut, Rica Matsumoto menyatakan hiatus dari JAM Project. Tetapi hingga saat ini Matsumoto belum pernah tampil bersama JAM Project lagi. Meski begitu, JAM Project masih tetap sukses, bahkan hingga mengadakan tur konser dunia pertama yaitu JAM Project World Flight 2008 No Border.

Meski JAM Project belum pernah tampil di Indonesia, JAM Project sudah beberapa kali tampil di Singapura. Mereka pertama kali tampil di Singapura dalam Anime Festival Asia 2010. Di tahun 2016 ini, JAM Project akan kembali tampil di Anime Festival Asia yang berlangsung pada tanggal 25-27 November.

Kalian bisa mengikuti JAM Project melalui situs resmi, Facebook, dan Twitter.

Sorry. No data so far.